home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Kisaran Biaya yang Dibutuhkan untuk Operasi Bypass Jantung?

Berapa Kisaran Biaya yang Dibutuhkan untuk Operasi Bypass Jantung?

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit ini termasuk dalam kondisi medis yang butuh pertolongan, mengingat jantung sebagai organ vital yang erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia. Salah satu cara untuk mengobati penyakit jantung adalah dengan menjalani operasi bypass jantung. Namun, tahukan Anda berapa biaya operasi bypass jantung?

Kapan operasi bypass jantung perlu dilakukan?

kardiomiopati

Sebelum membahas biaya operasi bypass jantung, alangkah baiknya jika Anda memahami lebih dahulu mengenai prosedur medis ini.

Operasi bypass jantung adalah prosedur medis yang dilakukan ketika pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke otot jantung mengalami kerusakan. Pembuluh arteri yang rusak akan dokter ganti dengan pembuluh darah dari area tubuh lainnya untuk menciptakan jalan pintas.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, operasi untuk jantung ini biasanya akan dokter rekomendasikan jika seorang pasien mengalami beberapa kondisi berikut ini.

  • Mengalami angina (nyeri dada) parah karena penyempitan beberapa arteri yang memasok darah ke otot jantung. Ketika penyempitan terjadi, otot akan kekurangan saat istirahat atau berolahraga sehingga menimbulkan rasa nyeri pada dada.
  • Ada lebih dari satu arteri koroner yang rusak/bermasalah dan ruang untuk memompa darah pada jantung, yakni ventrikel kiri tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Terjadi penyumbatan atau penyempitan pada arteri koroner sebelah kiri, sehingga sebagian besar darah tidak mengalir dengan lancar ke ventrikel jantung sebelah kiri.
  • Pernah menjalani angioplasti sebelumnya atau penempatan stent jantung untuk menahan pembuluh arteri agar tetap terbuka namun prosedur ini tidak cukup efektif. Bisa juga terjadi ketika angioplasti sudah terpasang, tetapi arteri menyempit lagi.
  • Penyakit jantung tidak bisa diobati dengan angioplasti atau mengalami serangan jantung dan tidak menanggapi pengobatan penyakit jantung lainnya.

Kisaran biaya operasi bypass jantung

operasi penanganan hipospadia

Pernah mendengar kalimat bahwa sehat itu mahal? Hal itu memang ada benarnya. Sebab, biaya untuk perawatan kesehatan itu tidaklah murah, salah satunya biaya operasi bypass jantung.

Jika Anda perlu menjalani tindakan tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 63-130 juta, menurut Pusat Jantung Nasional Harapan Kita. Besarnya biaya sesuai dengan fasilitas, seberapa banyak penggantian pembuluh arteri, biaya tenaga medis yang, serta penggunaan alat teknologi.

Biaya tersebut hanya mencakup tindakan operasinya saja, belum perawatan lainnya. Pasien juga harus menjalani rawat inap, baik itu sebelum operasi dan setelah operasi, setidaknya harus opname selama 5 hari.

Mahalnya biaya bypass jantung karena pengaruh berbagai faktor, seperti membutuhkan teknologi yang canggih serta ahli medis yang profesional.

Selain itu, ada beberapa tahapan atau pemeriksaan lanjutan. Setidaknya, pasien harus bolak-balik ke rumah sakit sekitar satu sampai dua kali dalam satu bulan. Selain itu, penting bagi Anda untuk menjalani pola hidup sehat setelah operasi bypass jantung.

Pembiayaan operasi bypass jantung melalui asuransi

rawat jalan

Mahalnya biaya operasi bypass jantung dan biaya perawatan medis lain, pasti cukup memberatkan pasien. Bahkan, bisa menyebabkan tertundanya tindakan medis karena masalah kekurangan biaya.

Meski demikian, sebenarnya ada cara untuk meringankan beban biaya ini yaitu melalui asuransi kesehatan. Inilah sebabnya kenapa asuransi kesehatan sangat penting Anda miliki.

Asuransi kesehatan dapat meringankan biaya operasi dan perawatan medis lainnya, sehingga pasien bisa mendapatkan penanganan secepatnya dan kualitas hidupnya juga meningkat.

Jika Anda memiliki asuransi JKN KIS dari BPJS, maka biaya kesehatan untuk operasi bypass jantung sekaligus perawatannya akan ditanggung oleh BPJS, seperti tercantum dalam pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014.

Sementara jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, pembayaran biaya medis akan sesuai dengan perjanjian antara Anda dengan pihak asuransi. Jika Anda sekarang belum memiliki asuransi, langkah terbaik adalah segera membuatnya.

Terlepas dari biaya operasi bypass jantung yang mahal, Anda yang sehat ataupun memang sudah memiliki penyakit jantung sangat perlu menjaga kesehatan jantung.

Cobalah untuk mengubah gaya hidup Anda jadi lebih sehat karena dengan ini tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh tetap dalam kondisi yang normal. Pasalnya, hipertensi dan kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Coronary bypass surgery. (2020, November 03). Retrieved June 07, 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/coronary-bypass-surgery/about/pac-20384589.

Pusat Jantung Nasional Harapan Kita. (n.d.). Retrieved June 07, 2021, from https://pjnhk.go.id/dokter/tanya-jawab/detail/biaya-bypass-dan-proses.

Situasi Kesehatan Jantung. Kemenkes RI. Retrivied June 07, 2021, from https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-jantung.pdf.

Permenkes No. 28 Tahun 2014 TENTANG Pedoman Pelaksanaan Program JAMINAN Kesehatan Nasional [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved June 07, 2021, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117565/permenkes-no-28-tahun-2014.

Raharjo, B. (2020, October 17). JKN-KIS Selamatkan JANTUNG Saya. Retrieved June 07, 2021, from https://www.republika.co.id/berita/qic29z415/jknkis-selamatkan-jantung-saya.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 26/08/2018
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x