Waktu Terbaik untuk Makan Makanan Berprotein: Pagi, Siang, Atau Malam?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/06/2018
Bagikan sekarang

Makanan yang mengandung protein membantu membentuk otot dan mempertahankan kekuatannya, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai peran penting yang dilakukan protein dalam tubuh di antaranya adalah untuk menunjang pertumbuhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses metabolisme tubuh.

Namun, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya? Simak di sini jawabannya.

Waktu yang tepat untuk makan makanan yang mengandung protein

Protein banyak terkandung dalam makanan seperti daging, ikan, telur, produk susu, hingga kacang dan biji-bijian. Selain dari makanan yang mengandung protein, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan protein Anda dari suplemen atau susu protein.

Untuk masalah kapan tepatnya harus makan protein, baik dari sumber makanan dan suplemen, akan tergantung dari apa tujuan Anda sebenarnya.

Kapan harus makan makanan berprotein kalau ingin turunkan berat badan?

Makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak dan mengurangi nafsu makan dengan membuat Anda kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan selama diet tinggi protein, usahakan untuk makan makanan kaya protein sepanjang hari. Selingi waktu makan dengan camilan yang juga tinggi protein, seperti kacang-kacangan dan yogurt atau susu.

Makan makanan berprotein di setiap waktu makan, termasuk waktunya ngemil, akan membantu Anda mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Kapan waktu terbaik makan makanan berprotein kalau ingin membentuk otot?

Protein penting untuk membentuk dan menguatkan otot. Selain dari makanan yang mengandung protein, Anda juga bisa meraih tujuan ini dengan minum suplemen susu protein.

Jika otot yang kuat adalah tujuan Anda untuk mengonsumsi banyak protein, Anda harus mengimbanginya dengan berolahraga rutin. tentu bukan sekadar olahraga biasa, melainkan olahraga yang memang bertujuan khusus membentuk otot. Asupan protein juga bisa membantu Anda menghindari kerusakan organ tubuh selama latihan ketahanan atau angkat beban.

Jika Anda ingin membangun massa otot, Anda bisa mengonsumsi protein dalam dua jam setelah berolahraga. Dengan catatan, Anda harus makan dulu. Jika Anda terbiasa untuk olahraga saat perut kosong alias sebelum makan, sebaiknya protein harus langsung dikonsumsi setelah selesai olahraga.

Kapan waktu terbaik makan makanan berprotein kalau ingin mencegah kehilangan massa otot?

Semakin usia bertambah tua, tubuh secara alami akan mulai kehilangan massa ototnya. Setelah lewat usia 30 tahun, Anda akan kehilangan 3% massa otot tubuh setiap tahunnya. Kehilangan massa otot meningkatkan risiko Anda terhadap patah tulang dan masalah kesehatan lainnya di usia senja.

Untuk mencegah ini terejad, sebaiknya makan 25-30 gram protein dalam satu kali waktu makan, baik saat sarapan atau makan malam. Jika Anda meningkatkan asupan protein pada saat sarapan, hal ini akan membantu Anda untuk mendistribusikan kebutuhan protein secara merata sepanjang hari.

Kapan waktu terbaik makan makanan berprotein kalau ingin mempertahankan stamina tubuh?

Untuk menjaga kebugaran tubuh, makanan yang mengandung protein adalah andalan Anda. Makan makanan berprotein yang dipadukan dengan sumber karbohidrat kompleks setelah latihan ketahanan dapat meningkatkan stamina dan mengurangi nyeri otot. Pemulihan nyeri otot pun juga lebih cepat dengan kombinasi dua makanan ini.

Makan makanan tinggi protein dan karbohidrat sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Makan protein kasein sebelum tidur

Boleh saja. Makan makanan yang mengandung protein di malam hari akan sama manfaatnya seperti di waktu-waktu lain. Bahkan, konsumsi protein sebelum tidur dilaporkan lebih efektif untuk mempercepat pembentukan otot dan mempercepat waktu adaptasi tubuh setelah berolahraga.

Protein ternyata lebih cepat untuk dicerna dan lebih efektif diserap tubuh ketika dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini kemudian meningkatkan ketersediaan protein ke otot untuk pemulihan sepanjang malam.

Jika Anda ingin mengonsumsi protein sebelum tidur, Anda dapat memilih bentuk protein kasein. Makanan yang mengandung protein kasein yaitu produk susu seperti keju cottage dan yogurt, juga suplemen protein kasein.

Protein kasein dicerna secara perlahan, sehingga tubuh dapat menyediakan asupan protein yang stabil sepanjang malam. Penelitian menunjukkan mengonsumsi protein kasein sebelum tidur meningkatkan pertumbuhan otot, bahkan pada lansia yang kurang aktif.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memenuhi kebutuhan nutrisi balita sangat penting untuk tumbuh kembangnya, termasuk asupan protein. Berikut panduan seputar kebutuhan protein anak.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Memahami Kebutuhan Protein Bayi dan Pilihan Sumbernya

Sama halnya dengan asupan karbohidrat dan lemak, peran protein di dalam tubuh juga tidak kalah penting untuk bayi. Berapa kebutuhan protein bayi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Segudang Manfaat Ikan Mujair yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita

Siapa yang tak kenal ikan mujair? Ikan yang hidup di air tawar ini tentu digemari oleh masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat ikan mujair untuk kesehatan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 14/03/2020

Daftar Makanan Pencegah Osteoporosis yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Osteoporosis tak hanya bisa dicegah dengan tetap aktif berolahraga, tetapi juga dengan makanan. Berikut ragam makanan pencegah osteoporosis untuk Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

susu formula whey protein untuk anak

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020
protein rendah kalori

4 Sumber Protein Rendah Kalori yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
sumber protein saat sahur

Ini Berbagai Pilihan Sumber Protein yang Baik Dikonsumsi saat Sahur

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020