5 Resolusi Sehat yang Perlu Anda Jalankan Tahun Ini

Oleh

Tahun baru, semangat baru; sebuah ungkapan yang sering kali diucapkan oleh banyak orang dalam menyambut tahun baru. Tidak hanya soal kehidupan pribadi, namun banyak orang yang juga berlomba-lomba membuat resolusi sehat di tahun baru dengan alasan sederhana, yaitu ingin memperoleh kesehatan yang lebih baik.

Namun, layaknya sebuah impian; terkadang resolusi hanya akan menjadi wacana. Alhasil, resolusi tahun lalu akan sama dengan resolusi di tahun berikutnya karena resolusi tersebut belum dilaksanakan. Membuat resolusi memang selalu menyenangkan, namun sangat sulit untuk mempertahankannya.

Berikut adalah beberapa resolusi sehat yang mungkin menjadi resolusi Anda di tahun ini namun sampai saat ini Anda masih kesulitan menjalankannya: 

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan bukan hanya menjadi resolusi tahun baru; tapi juga menjadi resolusi setiap hari terutama setelah Anda menyadari bahwa berat badan Anda naik. Alhasil, keinginan untuk menurunkan berat badan menjadi resolusi terpopuler setiap tahunnya karena menuliskannya didaftar resolusi lebih mudah dibandingkan untuk menerapkannya. Terlebih, jika Anda termasuk orang yang sulit menahan godaan makanan.

Dan jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan di tahun 2019 nanti, tips sederhana yang bisa Anda terapkan adalah:

  • Berdamailah dengan makanan yang paling Anda hindari; karena semakin Anda mencoba untuk menghindari makanan tersebut maka Anda akan semakin tergoda dan ingin memakannya! Jika Anda meyukai makanan tersebut, misalkan cokelat, Anda dapat memakannya seminggu sekali atau dua kali asal tetap dalam batasan wajar dan tidak berlebihan.
  • Buat tujuan yang lebih spesifik agar Anda dapat menyesuaikan bentuk diet yang akan Anda lakukan.
  • Ubah mindset Anda! Anda boleh saja bercita-cita untuk menurunkan berat badan asalkan Anda melakukannya untuk memperoleh kesehatan yang lebih baik.

Berhenti merokok

Semua orang bahkan perokok pun sudah mengetahui bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit bahkan kematian. Oleh karena itu, banyak perokok yang berusaha untuk berhenti merokok namun mengalami kegagalan. Jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok di tahun 2019, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu merealisasikan resolusi sehat Anda:

  • Beri tahu orang-orang yang Anda sayangi bahwa Anda ingin berhenti merokok. Ini adalah kabar baik untuk mereka, dan pastinya mereka akan mendukung Anda untuk benar-benar berhenti merokok.
  • Tulis alasan kenapa Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Jika Anda mulai menyerah untuk berhenti merokok, Anda harus membaca kembali apa yang telah Anda tuliskan.
  • Cari tahu penyebab Anda ingin kembali merokok, lalu alihkan! Misalkan Anda ingin merokok setelah makan karena jika tidak maka Anda mulut Anda terasa masam, cobalah ganti kebiasaan merokok tersebut dengan makan permen atau apapun yang Anda sukai selain kembali merokok.

Mengurangi stres

Tanpa disadari, seiring pertambahan usia maka tuntutan hidup akan semakin besar; alhasil, tingkat stres Anda mungkin juga akan mengalami pengingkatan. Padahal jika dibiarkan, stres kronis dapat meningkatkan risiko terjadinya insomnia, depresi, obesitas, penyakit jantung, dan lainnya. Oleh karena itu, mungkin Anda memiliki resolusi untuk hidup lebih bahagia dengan mengurangi stres di tahun 2019. Berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih bahagia, lebih sehat dan lebih santai di tahun 2019:

  • Tidur yang cukup
  • Lakukan hobi yang Anda senangi
  • Perbanyak teman dengan bersosialisasi
  • Dengarkan musik yang Anda senangi

Tidur yang cukup

Banyaknya aktivitas yang harus dijalani terkadang mungkin membuat tidur Anda menjadi kurang; alhasil, Anda mudah merasa kelelahan. Sehingga, mungkin tidur yang cukup merupakan salah satu resolusi Anda di tahun 2019. Dan salah satu cara untuk memperoleh tidur yang cukup adalah dengan tidur siang. Penelitian telah menemukan bahwa tidur siang secara teratur dapat mengurangi stres dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari tidur siang, berikut adalah tips sederhana yang dapat Anda lakukan:

  • Konsisten untuk menjaga jadwal tidur siang Anda
  • Atur waktu tidur siang Anda dengan menggunakan alarm
  • Tidur dengan ruangan yang gelap –keadaan lampu dimatikan atau menggunakan masker mata- agar membantu Anda tertidur lebih cepat.

Tetap menjaga silaturahmi

Yang seringkali kita lupa adalah, bahwa menjaga tali silaturahmi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan ikatan sosial yang kuat dapat hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak. Hal tersebut terjadi karena orang yang kurang memiliki ikatan sosial dapat menyebabkan orang merasa sendirian dan beralih ke penyalahgunaan narkoba, alkohol, atau merokok.

Jadi, manakah resolusi sehat tahun 2019 Anda? Sudah siap untuk mewujudkannya?

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca