Berbagai Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Pria, di Rumah dan dari Dokter

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Meski lebih sering menyerang wanita, bukan berarti pria tidak bisa mengalami infeksi saluran kencing. Jika tidak diobati, infeksi saluran kencing pada pria bisa menyebabkan prostat, epididimis, dan testis meradang yang bisa berisiko masalah kesuburan. Apa saja pilihan pengobatan infeksi saluran kencing untuk pria?

Beragam pilihan obat infeksi saluran kencing pada pria

Pengobatan di rumah

1. Perbanyak minum air

Perbanyaklah minum air untuk membantu mengeluarkan urin untuk membilas bakteri. Bisa juga dengan minum jus buah asli atau makan buah dan sayuran segar yang mengandung banyak air, seperti semangka dan timun, untuk membantu meningkatkan produksi urin.

Hal ini pun membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih yang dapat menimbulkan infeksi.

2. Minum vitamin C

Selain meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, suplemen vitamin C juga membantu meningkatkan keasaman urin yang akan mempercepat proses penyembuhan.

3. Perbanyak istirahat

Istirahat total dan hindari aktivitas tertentu yang dapat memperparah kondisi, seperti menghindari bersepeda atau aktivitas lainnya yang bisa memerangkap panas dan kelembapan di area selangkangan. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk berpuasa seks dulu sampai infeksinya sembuh total agar tidak menulari pasangan Anda.

4. Jaga kebersihan pribadi

Selalu perhatikan kebersihan diri sendiri, tak hanya saat sedang sakit tapi juga sebelum dan setelah pulih. Jagalah kebersihan penis untuk menghindari kuman dari kulit penis menyusup masuk ke saluran kencing. Ketika mandi, lebih baik menggunakan shower daripada berendam di bak mandi. Gunakan sabun yang tidak berpewangi.

Pengobatan di dokter

1. Antibiotik

Kebanyakan kasus infeksi saluran kencing pada pria dapat mudah diobati dengan minum antibiotik resep dokter selama 3-10 hari. Pilihan antibiotik yang mungkin diresepkan adalah:

Setiap obat di atas memiliki ketentuan dosis, cara pakai, dan risiko efek samping yang berbeda. Maka, konsultasikan dengan dokter tentang obat mana yang sesuai untuk kondisi Anda.

Obat antinyeri bebas seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri, tapi konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengombinasikan antibiotik resep Anda dengan obat bebas.

2. Operasi

Intervensi bedah mungkin diperlukan untuk mengatasi infeksi saluran kencing pada pria yang mengalami komplikasi:

  • Prostatitis yang menyumbat leher kandung kemih; batu prostat; atau prostatitis kambuhan.
  • Pielonefritis yang bersifat emfisema, yang membutuhkan nefrotomi segera.
  • Epididimitis yang menyebabkan torsi sarkoma spermatika (saluran sperma terbelit).

Diskusikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui pengobatan mana yang terbaik untuk Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca