6 Makanan dan Minuman yang Mujarab Cegah Kram Otot

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Apabila Anda sering merasa tiba-tiba kram otot betis saat tidur atau setelah olahraga, ini mungkin menandakan Anda kekurangan nutrisi tertentu. Meski rasa nyeri kramnya bisa sembuh sendiri, Anda sebetulnya bisa mencegah kram otot dengan makan makanan tertentu. Apa saja makanan yang bisa mencegah kram otot?

Apa penyebab kram otot?

Kebanyakan kram otot muncul di otot kaki, terutama pada betis. Selain muncul dengan tiba-tiba, Anda juga dapat merasakan benjolan keras pada jaringan otot di bawah kulit.

Penyebab kram otot bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan (dehidrasi), usia Anda yang tidak lagi muda, dan Anda sering berdiri lama. Umumnya kram otot bisa dicegah dengan cara melakukan peregangan sebelum olahraga.

Makanan yang bisa mencegah kram otot

1. Pisang

alergi pisang

Pisang adalah buah sumber kalium yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar atau di pasar swalayan. Selain tinggi kalium, pisang juga mengandung magnesium dan kalsium yang baik untuk tubuh Anda.

Kekurangan kalium bisa menjadi salah satu penyebab Anda terkena kram otot. Maka itu, makan pisang tiap hari bisa menjadi cara untuk mencegah kram otot.

2. Ubi jalar

kentang dan ubi jalar

Seperti pisang, ubi jalar juga mengandung banyak kalsium, kalium dan magnesium yang dibutuhkan tubuh Anda. Ubi jalar bahkan punya kandungan kalsium enam kali lebih banyak daripada pisang.

Selain itu, ubi jalar dikatakan layak menjadi sumber makanan untuk mencegah kram otot karena kandungan air di dalamnya. Pasalnya, tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi bisa memicu gejala kram otot.

3. Melon

rock melon australia

Melon adalah buah yang mengandung banyak kalium, magnesium, kalsium, sodium, dan kandungan air di dalam dagingnya. Dua potong melon baik dimakan setelah berolahraga karena kandungan natrium dan airnya bisa mengunci cairan di tubuh Anda agar tetap terjaga seimbang.

Jika Anda kehilangan terlalu banyak air sehabis olahraga, Anda berisiko mengalami dehidrasi dan kram otot.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti brokoli dan bayam bisa dimakan sehari-hari untuk mencegah kram otot di malam hari. Sayuran tersebut kaya akan kalsium dan magnesium yang dibutuhkan otot agar kondisi kram tidak terjadi.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa makan sayuran hijau sebelum menstruasi bisa mencegah kram perut saat haid berlangsung.

5. Air putih

terapi air putih

Lebih dari 50% dari tubuh kita terdiri dari air yang mudah hilang lewat keringat atau urin. Maka dari itu, kita perlu mengimbangi cairan yang hilang dengan rajin-rajin minum air putih.

Panduan umumnya adala 8 gelas air putih setiap hari (sekitar 2 liter), tapi yang paling baik adalah minum setiap kali Anda merasa haus.

Alternatifnya, Anda bisa mengisi ulang cairan tubuh dengan air kelapa muda tanpa gula yang juga diperkaya oleh mineral elektrolit.

6. Susu

minum susu setelah minum obat

Susu sapi adalah minuman yang mengandung mineral kalsium, kalium, dan natrium alami. Selain itu minum susu juga bagus untuk menghidrasi tubuh. Kandungan protein pada susu juga membantu memperbaiki jaringan otot yang cedera setelah olahraga.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca