11 Cara Terbaik untuk Mengobati Tukak Lambung di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tukak lambung adalah gangguan pencernaan yang umum dialami orang Indonesia. Tukak lambung itu sendiri sering memunculkan gejala mengganggu, seperti sakit perut, kembung, kerongkongan terasa panas, sering sendawa, hingga mual-mual dan muntah. Lantas, bagaimana cara mengobati dan mengatasi gejala tukak lambung yang kambuh agar tidak semakin parah?

Cara mengobati tukak lambung di rumah

Minum obat adalah cara mengobati gejala tukak lambung yang paling utama. Obat-obatan dari dokter dapat bekerja langsung menetralkan asam lambung dan melindungi dinding lambung agar kondisi tukak (luka) semakin parah. 

Namun, Anda juga disarankan menerapkan sejumlah perawatan ini untuk membantu meredakan gejala yang kambuh sekaligus mencegahnya datang lagi:

1. Makan makanan tinggi probiotik

Infeksi H. pylori yang menyerang lambung membuat jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan berkurang. Maka untuk mengatasinya, Anda bisa coba makan makanan tinggi probiotik, seperti yogurt, tempe, dan kefir. 

Makanan tinggi probiotik berisi bakteri baik untuk pencernaan. Tambahan “pasukan” ini dapat membantu bakteri baik yang tersisa dalam perut untuk melawan bakteri H. pylori yang jahat.

Beberapa ahli juga meyakini bahwa probiotik dapat merangsang produksi lendir yang melindungi dinding lambung dari efek cairan asam.

2. Makan makanan tinggi flavonoid 

Sebuah penelitian menyarankan makan makanan yang mengandung flavonoid sebagai cara mengobati tukak lambung di rumah.

Flavonoid adalah jenis antioksidan yang berfungsi melindungi pencernaan, khususnya lambung, dari infeksi dan kerusakan. Flavonoid juga diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka di lambung. 

Beberapa makanan mengandung flavonoid antara lain kacang kedelai, brokoli, apel, dan teh hijau. Namun kuncinya jangan sampai berlebihan. Pasalnya, menurut penelitian dari Linus Pauling Institute, berlebihan mengonsumsi flavonoid berisiko memicu penggumpalan darah.

Konsultasi ke dokter gizi untuk mengetahui berapa banyak asupan flavonoid yang tepat Anda konsumsi setiap hari.

3. Makan makanan berserat

Masih merangkum penelitian dari Linus Pauling Institute, makanan berserat juga yang baik untuk membantu penyembuhan tukak lambung. Serat diketahui juga dapat menurunkan jumlah asam di lambung, sehingga meredakan gejala kembung dan nyeri.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) makan serat sebanyak 20-30 gram per hari sangat disarankan sebagai cara alami mengatasi tukak lambung.

Selain itu, makanan berserat seperti apel, oatmeal, buah pir, dan biji-bijian dapat mengurangi lama waktu makanan mengendap di usus sehingga lebih lancar dikeluarkan dalam bentuk feses.

Nah, nyatanya makanan yang baik untuk usus juga baik dikonsumsi untuk mengatasi gejala tukak lambung. Sebab tukak (luka) tidak hanya dapat timbul di lambung, tapi juga pangkal awal usus halus yang paling dekat dengan bagian bawah lambung.

4. Batasi minum susu

Minum susu tidak disarankan bagi Anda yang memiliki tukak lambung.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu dapat memperparah kondisi luka di lambung. Susu juga diyakini dapat memperbanyak produksi asam yang dapat makin mengiritasi dinding lambung.

Maka, sebaiknya hindari minum susu sampai kondisi luka di lambung Anda membaik. 

5. Berhenti minum alkohol

Alkohol adalah salah satu faktor penyebab kambuhnya gejala tukak lambung.

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada dinding lambung dan memperparah kondisi boroknya.

Penelitian tahun 2009 menemukan, mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko lambung luka akibat infeksi H. Pylori pada pengidap maag.

Berhenti mengonsumsi alkohol adalah cara ampuh mengobati tukak lambung agar tidak kambuh lagi.

6. Kurangi minum kopi dan minuman ringan

Kopi dan minuman ringan harus dihindari sebagai cara mengatasi tukak lambung alami.

Kafein, gula tambahan, dan soda diketahui dapat meningkatkan produksi asam yang dapat mengiritasi lapisan dinding lambung.

7. Kurangi makanan pedas dan berlemak

Makanan yang sangat pedas atau berlemak dapat menyebabkan asam lambung naik. Asam lambung tinggi membuat perut terasa perih dan kembung yang semakin parah saat tukak lambung kambuh.

Maka hindari makan makanan tersebut sebagai cara mengobati tukak di lambung Anda.

8. Makan porsi kecil tapi sering

Selain memilah-milih mana makanan yang baik dan harus dihindari, Anda juga harus menerapkan cara makan yang tepat untuk mengobati tukak lambung.

Makanlah lebih sering, 4-6 kali sehari ketimbang 3 kali sehari, tapi dengan takaran porsi menu yang lebih kecil. Penting juga untuk mengunyah makanan pelan-pelan agar bisa lebih mudah dicerna lambung yang bermasalah.

Cara ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan proses penyembuhan luka di lambung.

9. Kurangi stress

Tidak banyak orang sadar bahwa stres yang dibiarkan berlarut dapat memicu asam lambung naik dan memperburuk gejala tukak lambung.

Menurut sebuah penelitian dari Psychology Health Well Being, stres dapat menstimulasi tubuh memproduksi cairan asam di lambung jadi lebih banyak.

Maka, menjaga suasana hati, emosi, dan pikiran agar selalu rileks adalah cara mengatasi tukak lambung yang sederhana.

Cobalah menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman terdekat, berolahraga yoga, hingga mendengarkan musik favorit untuk meghilangkan stres sehari-hari.

10. Berhenti merokok  

Berhenti merokok dapat membantu mengatasi gejala tukak lambung agar cepat sembuh.

Setiap kali Anda mengisap rokok, racunnya akan menipiskan lapisan lendir tebal yang seharusnya melindungi lambung Anda dari cairan asam. Merokok juga dapat menyebabkan produksi asam di lambung semakin banyak.

Ketika dinding lambung tidak terlindungi dengan baik, paparan asam dapat mengiritasinya sehingga rentan menimbulkan luka. 

Maka sebagai cara ampuh mengobati tukak lambung agar tidak kambuh lagi, berhentilah merokok mulai dari sekarang.

11. Istirahat dan tidur yang cukup

Istirahat cukup merupakan cara alami mengatasi tukak lambung yang murah meriah.

Menurut Journal of American Geriatrics Society, tidur memungkinkan tubuh untuk meregenerasi setiap sel dan jaringan yang rusak karena penyakit. 

Penelitian tersebut mengamati hampir dua ribu orang pengidap tukak lambung yang disebabkan oleh infeksi H. Pylori. Para peserta menerima resep antibiotik yang harus diminum selama minimal 10 hari sampai 4 minggu

Setelah penelitian, kondisi mereka terlihat membaik dan bahkan dikatakan sembuh dari tukak lambung. Ini karena para pasien tersebut juga diminta membiasakan cukup tidur setiap malam selama pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca