Seperti Apa Cara Masak Telur yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12 Mei 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Telur adalah bahan makanan yang sehat, mudah ditemukan, dan relatif murah dibandingkan sumber protein lainnya seperti daging. Ada banyak cara untuk menikmati telur. Mulai dari yang dimakan mentah hingga direbus, digoreng, atau dikukus. Penting untuk memerhatikan bagaimana cara memasak telur yang terbaik. Ini supaya Anda bisa menjaga kualitas telur tersebut. Kalau masaknya kurang tepat, maka manfaat telur pun akan tidak optimal dalam menjaga kesehatan tubuh.

Telur yang paling baik adalah telur yang dimasak

Telur yang dimasak tentu lebih aman untuk dimakan dan juga membuat beberapa zat gizi di dalamnya lebih mudah dicerna oleh tubuh. Salah satu zat gizinya adalah protein. Penelitian menunjukan bahwa pemanasan akan membuat protein telur lebih mudah dicerna dalam tubuh.

Hal ini diperkuat oleh penelitian dari laman Healthline yang menunjukkan bahwa tubuh manusia dapat menggunakan 91 persen protein dalam telur yang sudah dimasak. Sedangkan tubuh manusia hanya menggunakan 51 persen protein dalam telur mentah.

Pemanasan mendorong perubahan struktur protein dalam telur. Dalam telur mentah, senyawa protein masih berbentuk struktur yang rumit. Ketika dilakukan pemanasan, maka panas akan memecah ikatan rumit tersebut dan terbentuk ikatan baru yang lebih mudah dipecah dalam tubuh.

Telur pada dasarnya kaya akan vitamin B7. Vtamin B7 atau biotin berfungsi penting dalam mengatur pemecahan gula dan lemak.

Dalam telur mentah, biotin masih terikat strukturnya dengan avidin. Avidin adalah salah satu senyawa dalam protein. Terikatnya biotin dengan avidin ini membuat biotin tidak dapat digunakan oleh tubuh. Namun, ketika telur dimasak, maka panas dalam pengolahannya ini akan menimbulkan perubahan struktur pada avidin. Kekuatan avidin mengikat biotin menjadi berkurang, dan biotin pun mudah diserap oleh tubuh.

Maka dari itu, cara paling baik makan telur adalah dengan memasaknya terlebih dahulu.

Berbagai cara memasak telur yang sering dilakukan

Ada berbagai cara memasak telur yang sangat popular hingga sekarang, seperti:

  • Merebus. Ini adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan hingga mendidih 6-10 menit. Contohnya, memasukan telur mentah utuh ke dalam panci berisi air mendidih.
  • Poached. Ini adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan yang jumlahnya tidak terlalu banyakatau hanya sebatas menutupi bahan makanan yang direbus dengan api kecil (71-82 derajat Celsius) 2,5-3 menit. Contohnya, memasukkan telur mentah ke dalam air, tanpa cangkangnya.
  • Menggoreng. Telur goreng dipecahkan dan dipanaskan di atas wajan panas yang berisi lapisan tipis minyak. Contohnya seperti saat Anda membuat telur ceplok.
  • Memanggang. Telur dipecahkan dan dipanggang di dalam oven panas.

Lalu, cara memasak telur yang paling sehat harus seperti apa?

1. Pilih metode masak yang paling rendah kalori

Sumber: 101 Cookbook

Jika Anda sedang mengurangi kalori makan, pilihlah cara memasak telur dengan cara direbus. Cara direbus ini ada dua macam, direbus bersama kulitnya lalu dikupas. Atau direbus tanpa kulit, Anda pecahkan kulit telur dan cukup merebus isi telurnya saja di dalam air mendidih.

Cara memasak ini tidak menambahkan sedikitpun kalori dari minyak. Maka itu, pasti cara ini ada cara paling tepat jika Anda sedang mengurangi kalori daripada digoreng.

2. Campur telur dengan sayuran

omelet telur dadar

Cara memasak telur supaya sajian telur Anda semakin kaya zat gizi adalah dicampur dengan sayuran.

Misalnya jika Anda memang ingin masak telur dadar, tambahkan aneka sayuran kesukaan Anda yang dipotong-potong kecil dalam telur. Misalnya wortel yang sudah dicincang, potongan kecil tomat, potongan daun bawang, atau sayur bayam. Jika Anda tidak mau mencampurnya, Anda bisa menyajikan menu telur bersama dengan menu sayuran lain di sampingnya

Sayuran kaya akan vitamin dan mineral serta serat. Ini yang akan membuat sajian telur Anda di rumah akan semakin sehat.

3. Masak telur pada suhu tinggi yang stabil

mitos seputar makan telur

Kondisi minyak terbaik saat memasak telur adalah saat minyak berada pada suhu tinggi, seperti saat menggoreng. Suhu yang tinggi ini tidak mudah teroksidasi sehingga dapat menangkal terbentuknya radikal bebas berbahaya pada makanan Anda. Pastikan minyak sudah panas terlebih dahulu sebelum memasukan telur ke dalam wajan.

Selain suhunya yang tinggi Anda juga bisa menggunakan minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin yang baik untuk memasak dalam suhu tinggi.

4. Jangan dimasak sampai terlalu matang

putih telur ayam

Semakin lama dan panas Anda memasak telur, maka kemungkinannya akan semakin banyak nutrisi yang bisa hilang dari telur. Khususnya vitamin. Sekiranya telur sudah matang, maka angkatlah dan segera sajikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidak Usah Jajan di Luar! Yuk, Bikin Sendiri Telur Gulung Kekinian yang Pasti Sehat

daripada jajan sembarangan di pinggir jalan, kenapa tidak coba contek resep telur gulung ala Korea yang pastinya lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Resep Sehat, Hidup Sehat 14 Januari 2019 . Waktu baca 6 menit

Mana yang Lebih Sehat dan Bergizi, Telur Ayam Atau Telur Puyuh, Ya?

Baik telur ayam maupun telur puyuh adalah sumber protein hewani yang sama-sama lengkap gizinya. Tapi, kira-kira mana yang lebih sehat, ya? Disini jawabannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 5 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Banyak yang Mengira Sama, Ini 4 Perbedaan Protein Hewani dan Protein Nabati

Makanan protein pasti banyak ditemukan baik itu protein hewani dan nabati. Namun, apa bedanya kedua protein tersebut? Perhatikan perbedaannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Nutrisi, Hidup Sehat 5 Mei 2018 . Waktu baca 5 menit

Tak Cuma Lezat, Kuning Telur Ternyata Bermanfaat untuk Merawat Rambut

Sudahkah Anda tahu manfaat kuning telur ternyata bukan hanya didapat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk kesehatan rambut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 22 April 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kuning telur untuk jantung

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat telur omega 3

Apa Keunggulan Telur Omega 3 Dibanding Telur Biasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nita Azka Nadhira, S.Gz
Dipublikasikan tanggal: 29 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
telur setengah matang

Bolehkah Si Kecil Makan Telur Setengah Matang?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit
manfaat masker putih telur

3 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Plus Cara Buatnya di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2019 . Waktu baca 5 menit