6 Persiapan yang Penting Anda Lakukan Sebelum Seks Oral

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika bosan dengan seks misionaris yang begitu-begitu saja, seks oral adalah “angin segar” yang lebih menggoda dan menggairahkan. Namun sama seperti seks pada umumnya, seks oral juga butuh persiapan matang agar jadi sebuah pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

Persiapan melakukan seks oral

Sebelum melakukan seks oral, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan supaya “pemainan” berjalan lebih aman dan menyenangkan.

1. Bicarakan dulu dengan pasangan Anda

Beberapa wanita mugkin tidak ingin melakukan seks oral, karena itu sebaiknya sebelum memulainya, ajak pasangan Anda untuk berkomunikasi. Pastikan bahwa Anda dan pasangan sama-sama ingin dan setuju untuk merasakan sensasi bercinta yang baru ini.

2. Mandi dan bersihkan alat kelamin

Mandi dan membersihkan alat kelamin adalah persiapan penting yang harus dilakukan sebelum Anda dan pasangan melakukan seks oral. Tentu ini dilakukan untuk memastikan alat kelamin tetap bersih, sehingga Anda dan pasangan nyaman untuk melakukan seks ini.

Mandi menggunakan sabun dan pastikan area genital Anda sudah bersih sebelum memulai seks oral dengan pasangan. Jangan lupa cukur rambut kemaluan Anda. Tidak perlu mencukur sampai habis, tapi usahakan agar tidak membiarkan rambut kemaluan Anda terlalu lebat di bawah sana.

3. Perhatikan luka atau kotoran sekecil apapun

Untuk pria dan wanita, sebelum melakukan seks oral ada baiknya lihat dan perhatikan dulu, apakah ada luka atau cairan lain, selain sperma dan cairan vagina, yang terdapat pada alat kelamin pasangan.

Jika ya, mungkin Anda berdua perlu menunda melakukan seks oral. Cek dulu ke dokter apakah cairan aneh tersebut wajar adanya, atau malah menandakan gejala penyakit kelamin tertentu.

4. Cari posisi nyaman

Sebelum melakukan seks oral, buatlah keadaan yang nyaman dan bangun suasana hati yang baik bagi pasangan Anda. Tanyakan posisi apa saja yang pasangan Anda inginkan.

Lakukan sensasi bercinta ini dengan posisi yang membuat pasangan Anda merasa nyaman dan rileks. Jika pasangan Anda tidak nyaman dan rileks, maka ia tidak akan menikmati jenis seks ini bersama Anda.

5. Pakai kondom

Tak perlu khawatir bahwa memakai kondom bisa mengurangi sensasi nikmatnya seks oral. Saat ini sudah banyak kondom yang didesain setipis mungkin, sehingga seks oral menggunakan kondom tak akan terlalu mengurangi sensasinya.

Apalagi saat ini juga sudah tersedia kondom dengan berbagai jenis rasa. Dengan kondom rasa, melakukan seks oral bisa lebih menyenangkan karena ada tambahan sensasi rasa manis pada mulut.

Selain untuk kenikmatan, pakai kondom saat seks oral merupakan salah satu cara sehat dan aman melakukan seks oral. Karena melindungi pasangan dari berbagai penyakit kelamin yang bisa ditularkan ke mulut.

6. Pakai pelumas

Sebaiknya untuk menghindari gesekan berlebih pada mulut dan gigi, pakai pelumas saat melakukan seks oral. Pilihlah pelumas berbasis air atau silikon yang sekiranya aman jika berkontak langsung dengan mulut dan alat kelamin.

Jangan memakai pelumas yang berbasis minyak, tapi yang berbasis air. Beberapa pelumas seks juga ada yang memiliki rasa, sehingga dapat membuat sesi seks oral Anda terasa lebih nikmat.

Anda juga dapat menggunakan pelumas untuk membuat dental dam lebih lentur dan tidak cepat rusak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Durasi Oral Seks Pria Agar Lebih Nikmat dan Memuaskan

Banyak dari Anda yang mungkin bertanya-tanya berapa lama durasi oral seks pria yang bisa dilakukan untuk mencapai kenikmatan. Temukan jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Seks BDSM Tidak Sama dengan Kekerasan Seksual

Meski identik dengan perilaku sadis dan rasa sakit, BDSM dan kekerasan seksual sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Apa saja perbedaannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19 Februari 2020 . Waktu baca 6 menit

Panduan Menjadwalkan Hubungan Seks dengan Pasangan Agar Lebih Mesra

Siapa bilang seks dilakukan secara spontan? Anda juga bisa membuat jadwal hubungan seks bersama pasangan untuk hubungan yang lebih mesra.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Melakukan Oral Seks Setelah Cabut Gigi?

Setelah cabut gigi, gusi Anda akan terasa nyeri. Bila dilihat dari sisi medis, bolehkah melakukan seks oral setelah cabut gigi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Oktober 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Bukan Hanya Terasa Nikmat, Ini 3 Manfaat Orgasme untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17 September 2020 . Waktu baca 3 menit
seks infeksi saluran kencing pasangan

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Kena Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
seks memperlambat menopause

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 3 April 2020 . Waktu baca 4 menit