Tidak Merasa Sebagai Pria Ataupun Wanita, Kenali Identitas Gender Bernama Genderqueer

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seorang pria punya alat kelamin khas berupa penis dan testis. Sedangkan seorang wanita lahir dengan payudara, vagina, dan rahim. Namun, bagaimana dengan seseorang yang merasa bahwa dirinya bukanlah pria ataupun wanita? Tidak peduli apa jenis kelamin yang dimilikinya, mereka merasa bahwa dirinya bukanlah kelompok gender wanita maupun pria. Secara medis, ini dikenal sebagai genderqueer atau non-binary. Genderqueer adalah satu dari beragam identitas gender yang ada. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Non-binary atau genderqueer adalah salah satu identitas gender

Umumnya, identitas gender yang dimiliki seseorang sesuai dengan jenis kelamin biologis atau anatomi seksual tubuhnya sejak lahir. Di sinilah, seseorang dapat dikatakan berjenis kelamin sebagai pria atau wanita. Hal ini jelas berbeda dengan istilah non-binary, atau yang disebut juga sebagai genderqueer.

Genderqueer adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang dengan identitas gender bukan sebagai pria ataupun wanita. Bila di dalam lingkungan mereka memang dianggap sebagai pria atau wanita, tapi mereka sendiri tidak mengakui secara terang-terangan sebagai pria atau wanita.

Dengan kata lain, terlepas dari apa pun penampilan fisiknya, kelompok non-binary atau genderqueer tidak mengakui jenis kelaminnya secara spesifik. Atau bahkan menganggap dirinya memiliki dua jenis kelamin sekaligus. Meskipun mereka sebenarnya punya satu jenis kelamin, atau dua sekalipun (interseks).

Itu sebabnya, kata ganti orang ketiga atau jamak untuk kelompok orang dengan identitas gender sebagai genderqueer atau non-binary adalah “mereka” atau “they/them“, dan bukan “dia”  atau “he/she” yang merujuk pada satu jenis kelamin khusus sebagai pria atau wanita saja.

masalah kesehatan transgender dan genderqueer

Identitas gender non-biner atau genderqueer punya berbagai jenis berbeda

Melansir dari berbagai sumber, beberapa jenis identitas gender non-biner atau genderqueer yaitu:

  • Agender
  • Bigender
  • Genderfluid
  • Off the binary
  • Androgynus
  • Boi
  • Butch
  • Ceterosexual
  • Gender neutral
  • Multigender

Perlu digarisbawahi bahwa kesadaran seseorang mengenai orientasi seksual serta identitas gender yang dimilikinya bisa muncul di usia berapa pun. Ada yang sudah mulai merasakan kalau dirinya berbeda dengan teman seusianya sejak dini, tapi ada juga yang baru memahaminya setelah beranjak dewasa.

Apakah genderqueer sama dengan transgender dan interseks?

Jawabannya tidak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, non-binary atau genderqueer adalah istilah di mana seseorang atau kelompok orang tidak menggambarkan diri mereka secara khusus sebagai pria atau wanita saja.

Sementara transgender, mengacu pada orang-orang yang mengakui jenis kelamin diri mereka berlawanan dari anatomi seksualnya sejak lahir. Dalam artian begini, misalnya ia merasa bahwa identitas gender yang dimilikinya adalah wanita, padahal orang lain memandangnya sebagai pria karena lahir dengan penis dan testis.

Akibatnya, muncul tekanan batin dari dalam dirinya karena merasa berada di tubuh yang salah sehingga tidak nyaman dengan kondisi yang dialaminya. Ini dikenal dengan nama disforia gender.

Seorang disforia gender “secara resmi” dinyatakan sebagai transgender ketika telah melakukan operasi ganti kelamin dan terapi hormon. Tujuannya tentu untuk menyamarkan jati diri aslinya.

Begitu pula dengan interseks, jelas berbeda. Interseks diartikan ketika seseorang lahir dengan dua alat kelamin, yang membuatnya sulit dikategorikan sebagai pria atau wanita. Sedangkan pada kelompok orang dengan genderquuer hanya memiliki satu jenis kelamin, tapi mereka tidak mengakuinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gejala Disforia Gender, Ketika Anak Menolak Jenis Kelamin yang Dimiliki

Seseorang bisa saja terlahir sebagai laki-laki, tapi dalam jiwanya ia yakin dirinya perempuan. Kegalauan dan pergumulan batin ini dinamakan disforia gender.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 11 April 2017 . Waktu baca 4 menit

Apakah Saya Gay? Cari Tahu Dengan 5 Pertanyaan Ini

Bimbang akibat orientasi seksual yang berbeda memang membingungkan, membuat Anda bertanya 'Apakah saya gay?" Sebenarnya, apa ciri gay?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Tips Sehat 2 Maret 2017 . Waktu baca 5 menit

Ingin Menentukan Jenis Kelamin Bayi Anda? Ada Dua Cara Efektif

Apakah Anda ingin punya anak laki-laki atau perempuan? Dua cara medis ini sudah cukup sering digunakan untuk menentukan jenis kelamin bayi.

Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Februari 2017 . Waktu baca 5 menit

Apakah Ciri-ciri Gay Bisa Dilihat dari Penampilan Fisiknya?

Mengaku punya gaydar yang kuat saat melihat cowok six pack di gym? Nanti dulu, mari kita buktikan apakah benar ada ciri-ciri gay dari penampilannya semata.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara, Fakta Unik 6 Februari 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis kelamin genetik ayah

Kondisi Genetik Ayah Turut Menentukan Jenis Kelamin Anak yang Lahir

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25 April 2020 . Waktu baca 3 menit
ciri biseksual

Apakah Saya Seorang Biseksual? Coba Jawab Pertanyaan Anda di Sini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2017 . Waktu baca 5 menit
apa itu biseksual

Apa Itu Biseksual? Mengapa Seseorang Bisa Jadi Biseksual?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2017 . Waktu baca 6 menit
perbedaan jenis kelamin

Kapan Anak Mulai Mengenal Perbedaan Jenis Kelamin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2017 . Waktu baca 5 menit