Mengapa Pil KB Harus Diminum Dengan Jadwal Teratur?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Para wanita yang ingin menunda punya anak, atau tak mau hamil, dianjurkan menggunakan kontrasepsi, salah satunya dengan minum pil KB. Perbedaannya dengan kontrasepsi lain, pil KB ini harus diminum secara teratur tanpa terlewat. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana kalau tidak minum pil KB secara teratur? Baiknya, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana cara kerja pil KB?

Kebanyakan pil KB terdiri dari kandungan hormon estrogen dan progesteron yang dicampur untuk mencegah terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur selama siklus bulanan). Sejatinya, wanita tidak bisa hamil kalau tidak berovulasi.

Pil KB ini juga berfungsi dengan menebalkan lendir dan sekitar serviks, yang semakin mempersulit sperma untuk memasuki uterus dan mencapai sel telur yang sudah dilepas. Hormon di dalam pil ini terkadang juga dapat berdampak pada rahim, mempersulit sel telur untuk menempel pada dinding rahim.

Manfaat minum pil KB

Berikut ini merupakan 5 manfaat yang Anda peroleh jika minum pil KB secara teratur dan sesuai anjuran:

  1. Siklus haid lebih teratur. Pil KB menyebabkan siklus menstruasi terjadi secara lebih teratur. Hal ini sangat membantu untuk wanita yang memiliki siklus haid terlalu cepat atau terlalu jarang. Haid juga cenderung lebih jarang terasa nyeri kram, dan durasinya lebih singkat.
  2. Menurunkan risiko endometriosis, karena fungsi hormon dalam pil KB yang jarang menimbulkan efek samping pada penggunanya.
  3. Bisa cepat hamil lagi setelah berhenti minum pil. Dengan minum pil KB secara teratur, Anda tidak perlu khawatir tidak menjadi subur. Karena biasanya, butuh waktu sekitar 1-3 bulan untuk hamil setelah tidak menggunakan pil KB lagi.
  4. Mencegah mood swing (emosi naik turun) saat PMS. Pil KB yang Anda minum dengan teratur, sangat baik untuk mengatur keseimbangan dan perkembangan hormon yang estrogen dan progestin. Kedua hormon tersebut berperan besar dalam membuat mood Anda menjadi tidak menentu.
  5. Mencegah jerawat, dan mengurangi risiko kanker pada area rahim dan kelamin wanita.

Kenapa harus minum pil KB dengan jadwal teratur?

Pada dasarnya, pil KB terdiri dari paket 21 hari atau 28 hari. Nah, tiap butir pil harusnya dikonsumsi setiap hari, di waktu yang sama sesuai isi paket, per 21 atau 28 hari.

Kalau Anda lupa minum di jam yang berbeda, Anda boleh tetap menyusul minum pil asal tidak lebih dari 12 jam di hari yang sama. Bagi yang lupa minum sampai kurun waktu lebih dari 24 jam (seharian), boleh-boleh saja tetap minum. Tapi sayangnya, akan menurunkan efektivitas pil KB itu sendiri.

Bila tidak minum pil KB secara teratur, baiknya Anda bisa menambahkan alat kontrasepsi lain seperti kondom atau bahkan hindari dulu berhubungan seks di minggu pertama telat minum pil KB.

Biasanya, efektivitas dan hasil dari pemakaian pil KB bergantung pada alasan tertentu. Salah satunya adalah apakah Anda minum pil KB teratur dan apakah seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengkonsumsi suplemen kesehatan lain, yang dapat mengganggu keampuhan efek pil kontrasepsi.

Pertimbangkan juga, apakah metode kontrasepsi yang dipilih sudah cukup nyaman, atau apakah Anda adalah seorang pelupa atau tidak agar Anda tidak kesulitan meminumnya secara teratur. Jika Anda sepertinya tidak bisa mengikuti jadwal minum pil KB yang teratur setiap hari, mungkin Anda perlu mempertimbangkan jenis kontrasepsi lain.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca