Penyebab Pasangan Hilang Gairah Seksual dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/01/2020
Bagikan sekarang

Hasrat atau gairah seksual dikontrol oleh otak. Hal inilah yang secara biologis membuat Anda memikirkan atau berperilaku seksual.

Kehilangan gairah seksual sendiri mungkin lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. “Tetapi ketika pria kehilangan gairah seks, mereka lebih ketakutan daripada wanita—kejantanan pria sangat terkait dengan kegitan seksual sehingga mereka merasa sangat terancam,” ujar Esther Perel, terapis pasangan dari New York dan penulis buku Mating in Captivity.

Mengapa hilangnya gairah seksual dapat terjadi?

Penyebab hilangnya gairah seksual pada pria dan wanita memiliki perbedaan. Di antaranya sebagai berikut:

Pria

Hilangnya keinginan untuk berhubungan intim pada pria biasanya dikaitkan dengan libido yang lemah. Sebenarnya merupakan hal yang normal ketika menurunnya ketertarikan terhadap seks dari waktu ke waktu karena tingkat libido pada pria dapat berubah-ubah.

Akan tetapi, lemahnya tingkat libido dalam waktu yang lama memunculkan kekhawatiran. Terkadang, tak hanya menunjukkan gairah seksual saja, tapi juga sebagai indikator kondisi kesehatan. Berikut yang dapat menyebabkan libido melemah pada pria.

Wanita

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, wanita lebih rentan dan umum kehilangan gairah seksual. Penyebab utamanya adalah kombinasi antara faktor fisik dan mental. “Seksualitas pada wanita cenderung beragam dan cukup rumit,” ujar psikolog seks, Sheryl Kingsberg, PhD.

Terdapat penyebab yang umum ditemukan pada wanita dalam hilangnya hasrat atau gairah seks:

  • Masalah hubungan interpersonal
  • Pengaruh sosiokultural
  • Testosteron rendah
  • Kondisi medis
  • Efek samping dari obat
  • Penuaan

Cara mengembalikan hilangnya gairah seksual

Karena beberapa penyebab kehilangan gairah seksual pada pria dan wanita berbeda, cara mengatasinya pun tak sepenuhnya sama.

Mengembalikan gairah seksual pada pria

Anjuran di bawah ini bukan berarti untuk meningkatkan libido Anda, tetapi bagaimana caranya agar Anda bisa mengembalikan tingkat libido menjadi normal kembali.

1. Bergerak

Mulai rutin berolahraga, jalan santai, dengan atau tanpa pasangan. Jika sudah rutin, tambah porsi olahraga sehingga Anda merasakan sebuah pencapaian juga. Tak hanya percaya diri secara fisik, Anda juga akan lebih percaya diri saat melakukan aktivitas seksual, karena berolahraga bisa meningkatkan vitalitas Anda.

2. Jangan berekspektasi berlebihan

Perlu diingat bahwa tidak setiap aktivitas seksual harus selalu sempurna. Dengan tidak berekspektasi seperti ini, Anda akan terlepas dari tekanan dan rasa khawatir jika performa Anda tidak memuaskan.

3. Bicarakan dengan pasangan

Berdiskusi tidak selalu mudah, tapi akan lebih parah jika Anda terus menghindari seks dengan pasangan sehingga suasana menjadi penuh dengan ketegangan. Jika sulit untuk memulai, gunakan buku tentang seks dan pelajari bersama untuk menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk membahas masalah ini.

Mengembalikan gairah seksual pada wanita

Karena hilangnya gairah pada wanita lebih rumit. Pertama Anda harus mengetahui faktor penyebabnya. Lalu lakukan beberapa cara ini untuk mengembalikan hasrat seksual pada wanita.

1. Terapi seks atau konseling hubungan

“Terapi seks sangat efektif untuk individu dan pasangan, dan selalu menjadi priotitas,” ujar Jan Shifren, MD, seorang asisten profesor di Harvard Medical School. Disfungsi seksual mempengaruhi kedua belah pihak dalam hubungan dan harus didiskusikan bersama atau dengan terapis profesional.

2. Ubah obat-obatan atau kurangi dosisnya

Jika disebabkan karena efek samping dari obat, Anda sebaiknya mengubah preskripsi obat atau beralih ke pengobatan alternatif. Namun,sebelumnya pastikan berkonsultasi dengan dokter yang memberikan obat.

3. Terapi kondisi medis yang mendasari dan terapi estrogen vagina

Ada beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi rendahnya libido. Disesuaikan dengan penyebabnya, sebaiknya ditangani terlebih dahulu baik dengan obat-obatan maupun dengan operasi. Pada wanita yang sudah menopause, vagina yang kering dapat menjadi salah satu penyebab keluhan, sehingga mengoleskan krim estrogen vagina dapat membantu mengurangi keluhan.

Hilangnya gairah seksual pada pria ataupun wanita memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Sebagai pasangan, mencari solusi bersama adalah langkah terbaik agar gairah seksual kembali menggebu seperti sebelumnya.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pria Ternyata Juga Bisa Stres Setelah Berhubungan Intim, Ini Sebabnya

Pria sering kali dianggap memiliki gairah seksual yang besar. Padahal, pria sebenarnya juga bisa mengalami stres setelah berhubungan intim. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Benarkah Berpikiran Mesum Bisa Bikin Hidung Mimisan?

Dalam film anime Jepang, tokoh yang sedang terangsang akibat berpikiran mesum bisa tiba-tiba mimisan. Namun, bisakah ini terjadi dalam kehidupan nyata?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Cara Mencegah Tiba-tiba Kentut dari Vagina Saat Berhubungan Seks (Queefing)

Kentut bisa bunyi kapan saja, termasuk saat bercinta. Namun, kentut yang keluar dari tubuh wanita saat seks biasanya dari vagina. Lantas, bisakah dicegah?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Masturbasi Dulu Sebelum Bercinta, Benarkah Bikin Cepat Klimaks?

Masturbasi biasanya identik dilakukan sendirian. Lantas kalau sudah menikah dan aktif secara seksual, adakah manfaat masturbasi jika dilakukan sebelum seks?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

Perubahan gairah seksual pasangan paruh baya

4 Perubahan Gairah Seksual yang Terjadi di Usia Paruh Baya

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
seks rutin mencegah lansia

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020
gairah seksual menurun

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 10/03/2020