8 Aplikasi Ponsel untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Indonesia dilaporkan menempati peringkat ke-79 sebagai negara paling bahagia di dunia, mengalahkan sejumlah negara lain di Asia Tenggara. Prestasi yang lumayan membanggakan, bukan?

Ironisnya, tingkat kebahagiaan negara ini berbanding terbalik dengan kualitas kesejahteraan mental penduduknya. Masalah gangguan kesehatan jiwa yang termasuk gangguan kecemasan dan depresi pada orang dewasa di Indonesia mencapai angka yang tidak main-main, yaitu 11,6 persen.

Namun demikian, fasilitas untuk menunjang kesehatan jiwa masih sedikit. Minimnya penunjang bisa dilihat dari akses dan sumber daya manusia profesional yang kurang memadai, serta dukungan hukum dari pemerintah pusat maupun daerah yang masih setengah hati menanggapi keseriusan masalah kesehatan mental.

Sejumlah aplikasi kesehatan mental pintar di bawah ini dapat membantu orang-orang yang digeluti masalah kesehatan mental yang mungkin tidak bersedia atau tidak mendapatkan akses untuk menghadiri terapi tatap muka langsung.

Aplikasi kesehatan mental untuk mengelola gejala depresi dan kecemasan

1. Riliv

Aplikasi garapan anak bangsa ini memfasilitasi penggunanya untuk berkonsultasi masalah pribadinya secara gratis kepada psikolog profesional atau mahasiswa psikologi. Psikolognya sendiri terdiri dari enam psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikolog (reliever) yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, serta Universitas Negeri Surabaya.

Relawan mahasiswa psikolog yang terdaftar di aplikasi ini lebih berfungsi sebagai teman pendengar curhat, bukannya pemberi solusi masalah. Untuk mendapatkan jawaban dan saran medis, Anda dapat berlangganan fasilitas premium berbayar guna berkonsultasi langsung dengan psikolog atau terapis profesional berlisensi yang terkait di bidangnya.

Riliv baru bisa diunduh gratis di Google Play Store. Belum ada keterangan lebih lanjut soal perilisan aplikasi di iOS.

2. Operation Reach Out

Operation Reach Out pada awalnya dikembangkan oleh badan militer Amerika Serikat sebagai platform untuk menangani kasus depresi dan PTSD di kalangan veteran militer. Aplikasi gratis yang bertindak sebagai alat intervensi ini membantu orang-orang yang memiliki pemikiran bunuh diri atau rentan melakukan percobaan bunuh diri untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin.

Anda bisa menunggah informasi nomor telepon penting dan kontak darurat lainnya di dalam aplikasi ini. Kemudian, di saat-saat Anda sangat merasa kepayahan, Anda dapat dengan mudah menghubungi bantuan. Operation Reach Out juga dilengkapi dengan fitur GPS yang dapat memberi tahu posisi Anda saat ini serta video-video yang bisa membantu Anda tenang dan kembali fokus.

Operation Reach Out dapat Anda unduh di Google Play Store dan iOS.

3. SAM

SAM adalah kependekan dari Self-help Anxiety Management. Pada mulanya, SAM dikembangkan oleh tim psikolog dan pakar komputer dari University of West England untuk menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik dan praktis bagi masyarakat.

SAM adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu orang mengelola kecemasan mereka. Pengguna dapat merekam tingkat kecemasan mereka dan mengidentifikasi pemicu stres dan kecemasan yang berbeda. Aplikasi ini mencakup 25 pilihan swadaya untuk membantu pengguna mengelola gejala fisik dan mental akibat kecemasan, misalnya teknik pernapasan. Aplikasi ini juga memiliki fitur cloud sosial yang memungkinkan pengguna untuk secara anonim berbagi pengalaman mereka dengan pengguna SAM lainnya.

SAM dapat diunduh di Google Play Store dan iOS.

4. What’s Up?

What’s Up? adalah aplikasi gratis yang bertujuan mengelola kesehatan mental penggunanya dengan menggabungkan aspek dari terapi CBT dan terapi komitmen untuk menciptakan strategi mengatasi masalah yang dipersonalisasi terkait depresi, kecemasan, amarah, dan stres.

Poin kuat dari aplikasi ini adalah pelacak kebiasaan baik dan buruk yang Anda lakukan setiap kali mengatasi masalah, yang bisa Anda jadikan panduan, serta 3 teknik pernapasan mudah agar Anda bisa tetap tenang dan santai di kala kewalahan. What’s Up? juga memiliki fitur buku harian, di mana Anda bisa merekam setiap pemikiran dan perasaan yang Anda miliki, termasuk juga kemampuan untuk menilai perasaan Anda dari skala 1-10.

What’s Up? dapat diunduh di Google Play Store dan iOS.

5. Pacifica

Stres, kecemasan, dan depresi bisa menghalangi Anda untuk menjalani hidup yang berkualitas. Pacifica menyediakan Anda alat-alat holistik untuk mengatasi gejala depresi dan kecemasan Anda yang didasarkan pada terapi perilaku kognitif (CBT), kesadaran, relaksasi, dan kesejahteraan fisik secara umum.

Fitur Pacifica antara lain adalah Mood Rate, yang memungkinkan Anda memberi skor suasana hati Anda selama seharian dan termasuk merekam segala perubahan mood yang Anda alami. Pacifica juga menyediakan Anda teknik-teknik relaksasi dan buku harian  yang berguna untuk melepaskan segala pikiran negatif di kala pikiran sedang tak keruan.

Download Pacifica di Google Play Store dan iOS.

6. Depression CBT

Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan salah satu pendekatan efektif untuk mengelola depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Aplikasi ini membantu Anda memantau suasana hati Anda dengan tes penilaian yang melacak tingkat keparahan mood depresif dan memberikan beberapa sumber yang bertujuan untuk mendidik Anda tentang pola pemikiran negatif yang mungkin memperburuk depresi Anda. Ada juga fitur audio untuk relaksasi dan bantuan depresi.

Download Depression CBT di Google Play Store.

7. Mood Tools

Dirancang bekerja sama dengan tenaga profesional di bidang kesehatan mental, Mood Tools adalah aplikasi gratis yang dikembangkan untuk membantu penggunanya mengidentifikasi gejala episode manik atau depresi serta kuesioner untuk melacak tingkat keparahan suasana hati Anda dari waktu ke waktu.

Mood Tools juga dilengkapi oleh fitur diary, aktivitas khusus untuk Anda lakukan yang didasarkan terapi CBT, dan juga perpustakaan video untuk meningkatkan mood dengan meditasi hingga “kuliah” penyemangat batin dari TED Talks.

Dapatkan Mood Tools di Google Play Store dan iOS.

8. Mindshift

Mindshift adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan bimbingan dan evaluasi berdasarkan CBT (terapi perilaku kognitif) untuk membantu orang-orang belajar dan mempraktikkan keterampilan mengatasi kecemasan. Anda dapat menambahkan daftar situasi pemicu kecemasan milik Anda pribadi dan kemudian menggunakan alat yang diberikan untuk membantu mengatasi kecemasan di situasi-situasi tersebut.

Aplikasi ini menyediakan berbagai metode untuk penggunanya dalam menanggapi kecemasan, termasuk mengembangkan pengetahuan mereka tentang kecemasan dan gejalanya, terlibat aktif dalam teknik-teknik relaksasi, mengevaluasi tingkat kecemasan dalam situasi tertentu, mengembangkan pola pikir realistis, dan mengubah perilaku negatif mereka. Pengguna juga dapat mem-bookmark jenis pendekatan favorit mereka untuk akses mudahnya di lain kali.

Download Mindshift di Google Play Store dan iOS.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Perlu Ortu Lakukan Saat Memergoki Anak Masturbasi

Mengetahui anak Anda melakukan masturbasi mungkin akan menimbulkan rasa kaget pada orang tua. Lalu bagaimana sebaiknya orang tua menyikapi hal tersebut?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Parenting, Tips Parenting 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Senam tak hanya untuk tubuh, senam otak yang dapat mengasah pikiran Anda dan membuat Anda lebih fokus. Bagaimana gerakan dasar senam otak dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Keluarga

Asuransi jiwa memiliki banyak manfaat untuk keluarga Anda. Dari menjaga kesehatan mental sampai membantu biaya kesehatan. Simak selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto keluarga bahagia yang sudah dilindungi oleh manfaat asuransi jiwa
Asuransi, Hidup Sehat 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Era Modern: Kasus Depresi pada Anak Remaja Meningkat

Beberapa tahun terakhir terdapat peningkatan signifikan dalam persentase remaja atau orang muda berusia 12-20 tahun yang tercatat mengalami depresi berat.

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Psikologi 5 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
bahaya cyber bullying

Benarkah Bahaya Cyber Bullying Bisa Memicu Bunuh Diri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
beli obat online

Sebenarnya, Bolehkah Beli Obat-obatan dari Aplikasi Online?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit