Kenapa Wanita Lansia Makin Enggan Berhubungan Intim?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Gairah seksual manusia cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Namun, wanitalah yang paling terpengaruh oleh efek penuaan ini. Gairah seks wanita lansia bisa menurun 2-3 kali lebih drastis ketimbang pria, dan umum mulai dirasakan sedini usia 40 tahun. Lantas, apakah faktor ini saja yang membuat wanita lansia semakin enggan berhubungan seks di usia senja atau adakah faktor lainnya?

Banyak alasan kenapa wanita lansia makin enggan berhubungan seks

Kaitan antara faktor usia wanita dan penurunan gairah seksual pernah diteliti oleh studi terbitan jurnal North American Menopause Society (NAMS). Studi ini membahas faktor selain biologis yang memengaruhi ppenurunan gairah seksual wanita lansia.

Studi ini mengamati sekitar 4500 wanita di Inggris dan Amerika Serikat yang berusia 35-64 tahun, sedang menjalani hubungan serius dengan pasangannya, dan mengalami depresi. Wanita-wanita ini juga diketahui telah mengalami menopause dan terdaftar dalam uji coba skrining kanker ovarium.

Sebelum skrining kanker dimulai, wanita yang menjadi subyek penelitian masih aktif berhubungan seksual, tapi mengakui gairahnya menurun. Penurunan gairah ditandai dengan frekuensi berhubungan seks yang makin berkurang, merasa seks tidak lagi enak dan menyenangkan, atau bahkan mengeluhkan rasa tidak nyaman saat seks.

Dari penelitian ini diketahui bahwa faktor psikologis juga berperan besar menurunkan gairah seks wanita lansia menjadi berkurang. Di antaranya adalah citra diri negatif, kurang percaya diri, stres, perubahan mood khas gejala menopause, dan masalah rumah tangga dengan pasangan.

Alasan lainnya berkaitan dengan pasangan, seperti disfungsi erksi dan masalah kesehatan lainnya.

Menopause bisa menurunkan gairah seks wanita lansia

Salah satu faktor utama menurunnya gairah seksual wanita adalah menopause. Pada fase ini, tubuh wanita akan kehilangan estrogen dan testosteron sehingga berpengaruh pada dorongan seksualnya.

Wanita menopause mungkin menjadi kurang sensitif dan sulit mencapai orgasme saat bercinta. Belum lagi perubahan suasana hati saat menopause yang dapat menurunkan gairal seksual.

Rendahnya tingkat estrogen juga menurunkan suplai darah ke vagina. Hal ini memengaruhi pelumasan vagina dan membuatnya menjadi kering, sehingga terasa sakit saat berhubungan intim.

Faktor lain yang menurunkan minat seksual wanita lansia saat menopause adalah, gangguan tidur, depresi, kecemasan, stres, efek samping konsumsi obat, dan gangguan tidur.

Cara meningkatkan gairah seks wanita lansia

Kabar baiknya, wanita lansia tidak selalu pasti akan mengalami penurunan gairah seks.

Pada beberapa wanita menopause, gairah seksualnya justru meningkat. Dikutip dari WebMD, peningkatan hasrat seksual pada wanita menopause disebabkan karena kurangnya rasa cemas yang berkaitan dengan peluang kehamilan.

Faktor lainnya berkaitan dengan berkurangnya tanggung jawab wanita lansia dalam membesarkan anak, sehingga menjadi lebih rileks dan menikmati keintingan dengan pasangan.

Ingat, ada banyak faktor yang memengaruhi gairah seks wanita lansia. Jika hubungan Anda dan pasangan menjadi renggang karena rendahnya hasrat dan kepuasan seksual, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca