Berbagai Jenis Vaksin Influenza dan Pilihan Tepatnya untuk Lansia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Cara paling efektif untuk mencegah penularan influenza pada lansia adalah dengan pemberian vaksin. Mengingat virus influenza terdiri dari banyak tipe, maka jenis vaksin influenza untuk lansia juga beragam. Lantas, jenis vaksin manakah yang paling sesuai untuk lansia?

Jenis vaksin influenza yang tersedia di Indonesia

Terdapat dua jenis virus influenza yang dapat menyerang manusia, yakni virus influenza A dan B. Virus influenza A terbagi lagi menjadi belasan subtipe virus yang berbeda. Beberapa contohnya adalah H1N1, H3N1, dan H3N2.

Beberapa subtipe virus dapat menyebabkan penyakit influenza yang parah pada manusia. Maka dari itu, vaksin influenza dibuat untuk mencegah beberapa virus influenza A dan B sekaligus.

Vaksin influenza terbagi menjadi dua, yakni vaksin trivalent dan quadrivalent. Berikut perbedaan keduanya.

1. Vaksin influenza trivalent

Vaksin influenza trivalent adalah jenis vaksin yang mengandung dua tipe virus influenza A (H1N1 dan H3N2) serta satu tipe virus influenza B. Pembuatan vaksin ini dilakukan setiap tahun berdasarkan tipe virus yang diperkirakan akan muncul pada musim selanjutnya.

Pemberian vaksin dilakukan melalui suntikan untuk usia 5 tahun ke atas, serta jet injector untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun. Lansia berusia 65 tahun ke atas umumnya perlu mendapatkan vaksin influenza trivalent dengan dosis tinggi.

2. Vaksin influenza quadrivalent

Vaksin influenza quadrivalent adalah vaksin yang mengandung dua subtipe virus influenza A dan dua subtipe virus influenza B. Vaksin ini dibuat untuk meningkatkan perlindungan terhadap virus influenza B yang tidak tercakup oleh vaksin trivalent.

Jalur dan waktu pemberian vaksin influenza quadrivalent dilakukan berdasarkan jenis vaksin serta usia penerima. Suntikan vaksin dapat diberikan sejak usia 6 bulan atau 3 tahun, sementara jet injector vaksin dapat digunakan pada individu berusia 18-64 tahun.

Vaksin influenza quadrivalent juga tersedia dalam bentuk semprotan hidung dan aman bagi mereka yang berusia 2-49 tahun. Namun, wanita hamil dan orang-orang dengan masalah medis tidak disarankan menggunakannya.

Jenis vaksin influenza yang paling sesuai untuk lansia

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, vaksin influenza yang paling sesuai untuk lansia adalah vaksin trivalent dengan dosis tinggi. Vaksin ini telah memiliki lisensi khusus untuk individu berusia 65 tahun ke atas.

Vaksin dosis tinggi mengandung empat kali lebih banyak antigen dibandingkan vaksin influenza biasa. Antigen adalah komponen vaksin yang membantu tubuh membangun perlindungan terhadap virus influenza.

Jumlah antigen yang lebih tinggi dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh lansia. Dengan begitu, para lansia memiliki pertahanan tubuh yang cukup untuk menangkal infeksi virus influenza.

“Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jenis vaksin influenza dosis tinggi memang terbukti efektif mencegah influenza pada lansia,” tutur Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, dalam wawancara eksklusif bersama tim Hello Sehat di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (05/07).

Meski demikian, kendala yang saat ini dihadapi oleh Indonesia bukanlah seberapa efektif suatu vaksin, melainkan kesadaran untuk melakukan vaksinasi. Dokter Siti turut menambahkan bahwa cakupan vaksinasi di Indonesia bahkan tak sampai satu persen.

Maka dari itu, ia mendorong setiap masyarakat yang tinggal bersama lansia untuk rutin melakukan vaksinasi demi kesehatan bersama. Vaksinasi amat bermanfaat untuk mencegah influenza berikut komplikasinya yang mengancam jiwa.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca