7 Resep Oatmeal Sehat untuk SarapanIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Oatmeal memang merupakan makanan sehat yang mengenyangkan dan dapat mengurangi kolesterol. Namun, mengonsumsinya tanpa topping apapun akan sangat membosankan. Anda mungkin sedikit kebingungan untuk mencampurkan oat dengan makanan lain, karena takut dengan kadar kalori yang tidak seimbang untuk diet Anda. Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa resep oatmeal sehat dan enak untuk sarapan Anda berikut ini!

Resep oatmeal sehat untuk sarapan

1. Oatmeal pisang dan kacang

Tidak seperti oatmeal manis yang lainnya, versi buatan sendiri ini menggunakan beberapa dosis kayu manis (cinnamon)untuk rasa yang kuat tanpa menambahkan banyak kalori. Pisang merupakan penambah rasa manis dan serat alami yang dapat mempertahankan tingkat elektrolit tubuh Anda dan mencegah kram otot saat berolahraga. Sedangkan, omega-3 dari kacang kenari dapat membantu tubuh Anda membakar lebih banyak lemak dan sekaligus membantu Anda mencegah peradangan serta mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis, penyakit jantung, dan kanker. Bahan yang diperlukan hanyalah oat, air, pisang, kacang kenari cincang, dan kayu manis. Dan total keseluruhan kalori dalam semangkuk oat ini sebanyak 310 kalori.

2. Chai oatmeal

Untuk semangkuk oatmeal sehat lainnya, Anda dapat menambahkan dedak oat. Ini akan membuat makanan terasa lezat sekaligus meambahkan lebih banyak serat untuk makanan Anda. Jika Anda menyukai rasa teh chai, Anda mungkin akan menikmati versi ini dengan menambahkan bumbu ketumbar, kayu manis, dan kunyit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah susu, garam, ketumbar, kapulaga, kayu manis, kunyit, madu, ekstrak vanili, gandum biasa, dan dedak oat. Kalori yang disajikan semangkuk oat ini adalah 248 kalori.

3. Oatmeal panggang

Jika Anda bukan penggemar oat karena bentuknya, cobalah memanggang sebagai gantinya. Ini akan terasa seperti campuran antara camilan kenyal dan semangkuk krim dari gandum. Bahan yang bisa Anda gunakan adalah gandum mentah yang cepat masak, gula merah, kismis, kenari cincang, baking powder, susu, saus apel, mentega, telur, dan cooking spray. Campurkan semua bahan, dan panggang dalam oven. Kalori pada satu mangkuk oatmeal ini adalah sebanyak 281 kalori.

4. Oatmeal baja potong dengan topping karamel asin

Jika Anda memiliki hasrat untuk memakan makanan manis tanpa merasa bersalah, karamel dengan lapisan asin dapat membantu Anda. Resep ini membutuhkan gandum baja potong, yang memiliki indeks glikemik yang sedikit lebih rendah dari rolled oats. Hal itu berarti mereka kurang rentan untuk membuat lonjakan gula darah. Bahan yang diperlukan adalah gandum baja potong mentah, susu, gula, coklat muda, garam, whipped cream, dan buah segar.  Kalori pada semangkuk oat ini adalah sebanyak 242 kalori.

5. Oatmeal dengan kismis dan kolak pisang

Mengisi perut Anda dengan resep ini merupakan cara yang tepat untuk mengawali hari Anda. Menu memiliki 15 gram protein dan 8 gram serat per porsinya, dan ini dapat dibuat di dalam microwave untuk penyajian yang cepat. Bahan yang diperlukan adalah susu, rolled oat, kismis, pisang, dan jahe. Kalori yang dimiliki untuk semangkuk oat ini lebih banyak dari yang lainnya, yaitu sebanyak 420 kalori.

6. Oatmeal maple kurma

Anda bahkan dapat membuat mereka dalam jumlah besar dan membekukan sebagian untuk penggunaan yang akan datang. Bahan yang diperlukan untuk oatmeal sehat ini adalah sirup maple, kenari cincang, kurma, gula merah, gula, telur, mentega, saus apel, vanilla yogurt, tepung, oat cepat masak, baking soda, garam, dan kayu manis.

7.  De-lish Oatmeal

Resep ini dibuat dengan pir, cranberry kering, dan sari apel untuk sentuhan manis buah alami. Bahan yang dibutuhkan adalah air, sari apel, rolled oat organik, garam, pir, cranberry manis kering, kayu manis, ekstrak vanili, kemiri cincang dan susu, jumlah kalori yang disajikan per sajian adalah 256 kalori.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat oatmeal yang membutuhkan air adalah jumlah airnya. Anda harus memperhatikan petunjuk pada sisi wadah oatmeal Anda dan melakukan sesuai instruksi untuk menghindari tekstur yang pucat, lengket, dan pekat. Untuk gandum baja potong, rasio airnya adalah 1 gelas  air per ¼ cangkir oat. Jika Anda menggunakan gandum cepat masak atau rolled oat, rasionya adalah 1 gelas air per ½ cangkir oat.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca