7 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ingin berat badan turun? Sudah melakukan berbagai cara tapi tidak bisa? Mungkin yang salah adalah pola makan Anda. Terkadang, terlalu membatasi makanan yang dimakan dapat membuat Anda stres dan akhirnya Anda malah memakan semua makanan yang diinginkan. Tentu, ini dapat mengacaukan diet Anda.

Nah, untuk mengatasi hal ini, mungkin Anda perlu mengubah menu makanan Anda. Mungkin Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan berikut ini. Makanan penurun berat badan ini mungkin bisa membuat Anda kenyang lebih lama, menekan nafsu makan Anda, melancarkan pencernaan, memberi kepuasan setelah makan, dan manfaat lainnya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Makanan penurun berat badan

Makanan berikut ini mempunyai caranya masing-masing dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, hal ini juga tergantung dari bagaimana Anda dapat mengontrol nafsu makan Anda sendiri. Selamat mencoba!

1. Dark chocolate

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa cokelat dapat menyumbang banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Namun, bagaimana dengan dark chocolate? Ternyata dark chocolate justru dapat membantu Anda saat sedang diet. Makanan ini bisa menjadi camilan Anda.

Dark chocolate yang mengandung banyak antioksidan ini dapat membuat Anda puas setelah memakannya. Hal ini karena kandungan serotonin (zat kimia dalam otak yang membuat bahagia), theobromine, dan magnesium yang ada dalam kakao. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya Anda mengonsumsi dark chocolate  yang mengandung kakao lebih dari 70%.

2. Kentang rebus dingin

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa Anda manfaatkan saat diet. Menurut penelitian dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 1995, kentang dinobatkan menjadi peringkat nomor satu dalam satiety index (indeks yang menunjukkan seberapa besar makanan tersebut membuat Anda kenyang).

Sebaiknya, konsumsilah kentang rebus yang sudah dingin karena kentang yang sudah dingin ini lebih banyak mengandung pati resisten (seperti serat). Sehingga, lebih mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

3. Telur saat sarapan

Telur juga bisa Anda manfaatkan saat diet. Telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Sebuah penelitian yang melibatkan 30 wanita gemuk menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat membuat mereka kenyang lebih lama, sehingga mereka akan makan lebih sedikit pada waktu makan selanjutnya.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, sawi, lettuce, brokoli, kembang kol, dan kol brussel mempunyai banyak serat dan rendah kalori, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun berat badan. Serat dalam sayuran dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga asupan makan Anda bisa lebih terjaga. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga terbukti dapat membantu pembakaran lemak, menurut beberapa penelitian.

5. Buah apel dan pir sebelum makan

Apel dan pir mengandung cukup serat yang dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Selain itu, apel atau pir yang langsung dimakan juga dapat menekan nafsu makan Anda. Mengunyah apel atau pir dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu. Sebaiknya konsumsilah buah ini beberapa jam sebelum Anda makan.

6. Alpukat setelah makan siang

Alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi, namun dalam jenis lemak baik yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian dalam Journal Nutrition menunjukkan bahwa penambahan setengah buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan kekenyangan sebesar 26% dan mengurangi keinginan untuk makan sebesar 40% selama 3 jam. Alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak dan juga mengandung serat.

7. Yogurt

Yogurt, terutama greek yoghurt, juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan karena efek kenyang yang diberikannya. Kandungan protein tinggi dalam greek yoghurt dan kandungan asam dalam yogurt dapat membuat Anda lebih kenyang dalam waktu lebih lama. Selain itu, bakteri probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Banyak orang bilang “jangan lupa makan makanan yang berserat” jika mengalami kesulitan buang air besar. Namun, tidak hanya sebatas itu manfaat dari serat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Jangan keburu girang setelah berat badan kembali ideal. Masih ada kemungkinan berat Anda mendadak naik lagi karena tiga penyebab berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 30/05/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Sumber Serat Selain Buah dan Sayur untuk Anak

Pilih makanan berikut ini sebagai makanan alternatif sumber serat ketika anak menolak atau sulit untuk makan buah dan sayur.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
sumber serat
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 29/05/2020 . Waktu baca 4 menit

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Banyak orang mengurangi karbo untuk menurunkan berat badan. Tapi, siapa bilang harus dihindari? Pilih beberapa sumber karbohidrat untuk diet berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan turun bukan berarti lemak berkurang

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
pembagian porsi makan

Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
diet south beach

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit