3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun bekerja dengan melindungi Anda dari kuman penyebab penyakit. Sistem imun dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalani dan salah satunya adalah pola makan seimbang.

Pola makan seimbang terdiri dari karbohidrat, protein, serta buah dan sayur sebagai sumber nutrisi. Salah satu buah yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh adalah jambu biji. Kandungan jambu biji yang dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus mampu memberikan manfaat yang positif pada sistem imun.

Apa saja kandungan jambu biji dan manfaatnya terhadap sistem imun?

Jambu biji merupakan buah tropis yang umum ditemukan di Indonesia. Walaupun sering Anda konsumsi, mungkin Anda tidak mengetahui apa kandungan dan manfaat jambu biji ini.

Padahal, jambu biji ternyata memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh ini dapat menjadi alasan mengapa Anda tidak gampang sakit dengan sering meminum jus jambu biji.

Ini dia kandungan jambu biji yang memberikan manfaat terbahadap daya tahan tubuh Anda.

Vitamin C

Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Salah satu manfaat dari vitamin C adalah membantu meningkatkan imunitas sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan menjaga Anda dari kuman penyebab penyakit.

Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih gampang sakit. Anjuran asupan vitamin C harian sekitar 75-100 mg per hari. Vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C seperti jambu biji. Mengonsumsi 20 gram jambu biji (mentah atau jus) dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa.

Meminum jus jambu biji merupakan salah satu cara mudah untuk mendapat manfaat dari vitamin C sekaligus memenuhi kebutuhan hariannya. Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 228. 3 mg.

Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki peran vital dalam mendukung reaksi biokimia pada sistem imun. Anda akan mendapat tambahan vitamin B6 saat mengonsumsi jambu biji.

Menurut National Institute of Health, rekomendasi harian vitamin B6 adalah sebanyak 2 mg. Vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun dengan menambah produksi antibodi.

Vitamin B6 dalam jambu biji juga memberikan manfaat dengan cara membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah dan sel dari sistem imun.

Apabila seseorang mengalami defisiensi vitamin B6, pembentukan antibodi akan berkurang sehingga lebih rentan mengidap penyakit.

Vitamin A

Jambu biji juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung tumbuh kembang. Selain itu, vitamin A dikenal memiliki sifat antiradang karena peran pentingnya dalam menambah fungsi dan pertumbuhan dari sistem imun.

Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin A sebanyak 624 IU (international unit).

Manfaat jambu biji dalam mencegah berbagai penyakit

Kandungan jambu biji ternyata mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun untuk menjaga tubuh dari penyakit. Kandungan lain dari jambu biji juga memberikan manfaat seperti:

  • Menurunkan risiko kanker, karena kaya antioksidan
  • Baik untuk penderita diabetes, karena indeks glikemik yang rendah
  • Menjaga kulit dari penuaan dini, karena kaya akan vitamin A dan Vitamin C
  • Mengatasi sembelit, karena kaya akan serat
  • Baik untuk ibu hamil, karena kaya akan Vitamin B9 yang membantu pembetukan sistem saraf si kecil

Selain itu, mengingat penyakit COVID-19 yang sedang mewabah dan mudah menular, asupan vitamin C dari jambu biji juga dapat berguna untuk membantu sistem imun melawan coronavirus ini.

Meski efektivitas vitamin C untuk mencegah COVID-19 masih diteliti, tidak ada salahnya untuk selalu memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebagai salah satu langkah melindungi diri dari pandemik ini.

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Anda perlu memanfaatkan hal ini karena jambu biji memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Jenis Sayur dan Buah yang Bisa Jadi Sumber Vitamin C Saat Sahur

Kurangnya asupan makanan saat puasa membuat kebutuhan vitamin Anda tidak terpenuhi. Apa saja makanan atau minuman untuk memenuhi vitamin C saat sahur?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 27/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh Meningkat saat Sakit atau Sama Saja?

Vitamin C pentin agar sistem imun tetap bekerja melawan berbagai virus atau bakteri. Tapi apakah kebutuhan vitamin C dalam tubuh meningkat saat sakit?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
Nutrisi, Hidup Sehat 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13/04/2020 . Waktu baca 8 menit

Pentingnya Asupan Vitamin C untuk Bantu Lawan Demam Berdarah

Tindakan untuk mencegah demam berdarah tak hanya menjaga kebersihan ingkungan saja tetapi Anda juga perlu memenuhi nutrisi seperti asupan vitamin C harian.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
vitamin untuk mencegah demam berdarah
Nutrisi, Hidup Sehat 08/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
jamur cordyceps untuk kesehatan paru

Berkenalan dengan Cordyceps Millitaris, Jamur yang Baik untuk Kesehatan Paru

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
antibodi sars untuk covid-19 herd immunity indonesia

Antibodi dari Pasien SARS Dikabarkan Dapat Melawan COVID-19

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin c dan zinc untuk puasa

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit