Yuk Intip Khasiat Sayur Pakcoy, Si Sawi Berbentuk Sendok yang Kaya Nutrisi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bosan makan bayam, kangkung, atau sayuran hijau yang itu-itu saja? Coba ganti dengan pakcoy atau dikenal juga dengan bok choy. Selain rasanya enak, sayuran yang mirip sawi hijau ini juga kaya nutrisi dan cocok dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Yuk, kenal sayur pakcoy lebih jauh lewat ulasan berikut ini.

Berbagai kandungan gizi pakcoy

Sumber: Verywellfit.com

Pakcoy adalah jenis sayuran yang berasal dari famili cruciferous yang masih satu keluarga dengan brokoli, kubis, dan kembang kol. Karena termasuk sayuran hijau, pakcoy diyakini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Bagi Anda yang sedang diet, pakcoy bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, setiap satu cangkir atau setara dengan 70 gram pakcoy hanya mengandung 9 kalori. Ini artinya, pakcoy mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap stabil.

Dalam takaran yang sama, pakcoy juga mengandung zat gizi penting lainnya, yaitu:

  • 1 gram protein
  • 1,5 gram karbohidrat
  • 0,7 gram serat
  • 5 persen kalium
  • 62 persen vitamin A
  • 52 persen vitamin C
  • 7 persen kalsium
  • 5 persen vitamin B6
  • 3 persen magnesium
  • 3 persen zat besi

Dilihat dari kandungan gizinya, pakcoy mengandung tinggi vitamin A dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh. Fungsi antioksidan itu sendiri adalah untuk melindungi sel-sel tubuh tetap sehat dan mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Karena itulah, pakcoy menempati peringkat keenam pada kategori buah dan sayuran padat yang gizi berdasarkan Aggregate Nutrient Density Index (ANDI), seperti dilansir dari Medical News Today.

Indeks tersebut tidak hanya menilai makanan berdasarkan kandungan vitamin dan mineralnya saja, tetapi juga dari kandungan fitokimia atau sejenis antioksidan. Ini artinya, nutrisi dan antioksidan di dalam pakcoy sudah tidak diragukan lagi.

Bagaimana cara tepat memasak sayur pakcoy agar kandungan nutrisinya tidak hilang?

sayur pakcoy bok choy

Sayur pakcoy dapat disantap mentah-mentah sebagai lalapan atau diproses dengan beragam metode memasak. Namun hati-hati, cara memasak sayuran yang tidak tepat dapat membuat vitamin dan mineralnya jadi cepat hilang.

Nah, berikut ini adalah berbagai cara tepat memasak pakcoy agar kandungan gizinya tetap terjaga, di antaranya:

1. Dikukus

Metode memasak dengan cara dikukus adalah metode memasak yang paling baik untuk sayur pakcoy. Pasalnya, cara ini dapat mempertahankan kandungan menjaga vitamin dan mineral tetap baik, terutama kandungan vitamin yang larut air.

Anda hanya membutuhkan waktu enam menit saja untuk mengukus pakcoy sebelum siap disantap. Agar lebih lezat dan bernutrisi, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun, bawang putih, garam, dan lada ke dalam kukusan pakcoy.

Namun sebelum mengukus pakcoy, pastikan Anda sudah mencucinya hingga benar-benar bersih menggunakan air mengalir. Ini bertujuan untuk mencegah sisa-sisa tanah atau bakteri masuk dan mengontaminasi masakan. Kalau sudah benar-benar bersih, barulah Anda boleh mengukusnya atau melakukan metode memasak lainnya.

2. Ditumis

Banyak orang yang menghindari metode memasak dengan cara ditumis karena takut kandungan gizi sayuran jadi cepat hilang. Padahal, menumis juga dapat mempertahankan kandungan vitamin dan mineral pakcoy, asalkan menggunakan minyak yang sedikit.

Agar menu masakannya jadi lebih sehat, tumis pakcoy dengan minyak zaitun atau minyak kanola. Tambahkan sumber protein lainnya seperti jamur, bakso, daging ayam, atau udang untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

3. Direbus

Ini mungkin menjadi metode yang paling sering Anda pakai dalam memasak sayuran. Pasalnya, cara ini tergolong mudah dan cepat dilakukan. Ya, Anda hanya tinggal menunggu air sampai mendidih baru memasukkan sayuran ke dalamnya.

Tambahkan beberapa potong baby bok choy atau pakcoy yang masih muda ke dalam panci dan masak bersama bahan-bahan lainnya hingga matang. Semangkuk sayur pakcoy dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Anda mungkin takut nutrisi pakcoy akan hilang bersama uap mendidih atau larut bersama air. Eits, tenang dulu. Vitamin dan mineral yang larut air masih bisa Anda dapatkan dengan meminum air rebusan pakcoy dalam semangkuk sup. Dengan demikian, manfaat pakcoy tidak akan terbuang sia-sia.

4. Dipanggang

Tidak hanya jenis daging-dagingan saja yang bisa dipanggang. Sayuran hijau seperti pakcoy juga bisa dimasak dengan cara dipanggang, lho!

Anda bisa memanggang pakcoy dalam oven atau di atas kompor. Agar lebih sehat, tambahkan minyak zaitun atau minyak kanola terlebih dahulu, lalu panggang sampai pakcoy berubah warna dan teksturnya menjadi renyah. Cara ini dijamin akan membuat rasa masakan semakin lezat dan membuat Anda jadi rajin makan sayur.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kaki Kram Terus? Mungkin Anda Kekurangan 6 Nutrisi Ini

Bangun tidur tiba-tiba kaki kram? Duh, pasti mengganggu sekali! Pastikan kram tak kambuh lagi dengan meningkatkan asupan beragam nutrisi penting ini, ya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 9 menit

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

7 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Sebenarnya Mengandung Racun

Tahukah bahwa singkong ternyata mengandung racun sianida yang membahayakan tubuh jika tidak diolah dengan benar? Makanan apa lagi yang ternyata beracun?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
dada ayam

Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yang Lebih Banyak Gizinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit