Berbagai Macam Sayur yang Biasa Digunakan untuk Salad dan Kandungan Nutrisinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Sayur perlu dikonsumsi setiap hari karena penting untuk menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya, terkadang menu makan hanya dilengkapi dengan makanan sumber protein dan karbohidrat saja. Agar Anda dapat mengonsumsi sayur lebih mudah, cobalah untuk membuat dan mengonsumsi salad. Salad sayur baik untuk menjaga keseimbangan pola makan sehari-hari. Sayur-sayuran yang terdapat dalam salad berbagai macam. Berikut beberapa jenis sayur dalam salad yang biasa ditemukan dan kandungan nutrisinya.

Mengenal jenis sayur untuk salad dan manfaatnya bagi kesehatan

Memilih salad sebagai cara untuk mendapatkan vitamin dan mineral penting merupakan salah satu cara terbaik. Anda juga akan mendapat asupan serat yang cukup. Namun, tidak semua jenis salad dapat memberikan manfaat seperti yang diharapkan. 

Pilih dan tambahkan dressing untuk salad secukupnya agar tidak membuat semua manfaat dari sayur jadi berkurang atau bahkan hilang. Selain itu, sayuran pun memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Dari berbagai sayur yang sering menjadi bagian dari salad, berikut beberapa di antaranya:

1. Daun selada

Selada mungkin merupakan jenis sayuran yang hampir selalu ada pada berbagai jenis salad. Entah itu selada yang berwarna hijau, merah atau berbagai jenis lainnya, selada memiliki rasa ringan sehingga sangat cocok digunakan untuk salad dan jenis sayur yang mudah diberikan pada anak juga.

Menurut U.S. Department of Agriculture, dengan mengonsumsi sebanyak 300 gram selada, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian hingga 80 persen. Namun seperti halnya kebanyakan sayuran hijau, selada termasuk sayur yang tidak terlalu banyak mengandung serat. Untuk itu, Anda dapat menambahkan jenis sayur lain yang tinggi serat seperti brokoli dan wortel.

2. Bayam

Semakin gelap warnanya, semakin tinggi kandungan nutrisi pada sayuran tersebut dan bayam adalah contohnya. Mengonsumsi bayam sebanyak 150 gram dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A sebanyak 16 persen dan kebutuhan harian vitamin K.

Selain cukup sering menjadi pilihan sayur untuk salad, bayam juga terkadang menjadi pendamping makanan pokok. Ketika di masak, bayam menjadi sumber zat besi yang baik dan vitamin C yang baik karena dapat memenuhi anjuran asupan harian hingga 20 persen. Lalu, bayam juga tinggi akan serat yang penting bagi saluran pencernaan.

3. Tomat ceri

Jenis tomat satu ini memiliki ukuran yang sesuai dengan namanya, yaitu kurang lebih sama dengan buah ceri. Tomat ceri cukup sering digunakan menjadi salad karena ukurannya tersebut karena dapat dilahap dengan satu suapan.

Satu buah tomat ceri (17 gram) hanya mengandung 3 kalori saja tapi mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. 

4. Bawang 

Beberapa jenis bawang mungkin akan Anda temukan di tengah berbagai jenis sayur lain pada salad. Mungkin bagi Anda yang ingin membuat salad sendiri, bawang dapat menjadi salah satu pilihan. Tak berpaku pada satu jenis saja, beberapa jenis yang dapat digunakan menjadi salad seperti bawang bombay (putih atau merah), daun bawang, dan bawang merah.

Anda mungkin akan lebih sering menemukan bawang bombay pada salad. Salah satu jenis salad, yaitu French salad, menggunakan bawang bombay merah sebagai salah satu bahan utamanya.

Bawang bombay menyediakan beberapa jenis nutrisi seperti vitamin C, B6, serta, protein, dan juga serat. 

5. Jagung

Jagung biasanya terdapat pada salad dan bukan tanpa alasan, nutrisi yang terdapat pada jagung tergolong banyak. Beberapa kandungan nutrisi pada jagung di antaranya seperti serat, vitamin, dan mineral, serta rendah protein dan lemak.

Jagung juga mengandung karbohidrat yang berasal dari pati yang terdapat di dalamnya. Meski pati dikenal dapat meningkatkan gula darah, hal ini sangat bergantung pada jumlah yang dikonsumsi.

Penggunaan atau jumlah jagung pada salad biasanya relatif sedikit jika dibandingkan dengan sayur lain. Dengan demikian, jagung masih bermanfaat dan aman dikonsumsi dengan salad, bahkan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Beberapa jenis sayur yang telah disebutkan mungkin sering Anda temukan pada salad. Selain tahu apa saja kandungan nutrisinya, Anda dapat menjadikan sayuran di atas sebagai pilihan jika ingin mulai membuat salad sendiri di rumah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Sedang diet keto, tapi bingung mau sahur pakai apa? Tenang, berbagai resep menu sahur untuk diet keto berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda esok hari. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 16/05/2020 . 4 menit baca

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15/05/2020 . 5 menit baca

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 10/05/2020 . 4 menit baca

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 03/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

resep dessert vegan

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . 5 menit baca
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 5 menit baca
makan nasi merah setiap hari

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 4 menit baca
makanan lebaran sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020 . 5 menit baca