Minum Jus vs Smoothies, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi untuk Tubuh?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jus dan smoothie adalah minuman yang bukan hanya menyegarkan, tetapi juga sehat bagi tubuh karena sama-sama terbuat dari buah dan sayuran pilihan. Tidak heran jika banyak orang rutin minum jus atau smoothies sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan gizi harian mereka. Namun di antara keduanya, mana yang lebih baik untuk tubuh, ya? Minum jus atau minum smoothie? Simak ulasannya di bawah ini.

Antara jus dan smoothie, mana yang lebih rendah kalori?

Jus buah pada umumnya lebih rendah kalori daripada smoothies. Pasalnya, jus biasanya hanya dibuat dengan buah atau sayur (atau kombinasi keduanya), dengan tambahan sedikit gula sebagai pemanis.

Sementara itu, tekstur smoothies lebih padat daripada jus karena biasa ditambahkan pengental seperti yogurt, susu, selai kacang, tahu sutera, madu, chia seed, bubuk protein, hingga es krim. Berbagai bahan tambahan ini pada akhirnya ikut mendongkrak nilai kalori dalam satu gelas smoothies itu. Maka, smoothies sebenarnya kurang cocok untuk dijadikan minuman teman makan besar Anda, karena bisa melipatgandakan terlalu banyak asupan kalori dalam tubuh Anda.

Akan tetapi, jika Anda memasukan terlalu banyak gula ke dalam minumn jus Anda, jus Anda juga bisa menyumbangkan kalori dalam jumlah yang berlebihan, bahkan lebih tinggi dari kalori makan utama Anda.

Mana yang lebih tinggi protein?

Karena bahan dasar utama jus hanyalah buah atau sayuran pilihan Anda, kandungan protein dalam satu gelas jus tentu akan lebih sedikit daripada smoothies. Pasalnya, kandungan protein dalam smoothies datang dari bahan pengentalnya, entah itu susu, yogurt, hingga susu protein.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang butuh tambahan protein tinggi, smoothie bisa menjadi pilihan minuman Anda sehari-hari. Namun jika Anda merasa kebutuhan protein Anda sudah tercukupi dengan baik dari makanan, minum jus adalah pilihan yang paling tepat.

Mana yang lebih tinggi serat?

Serat merupakan komponen yang dibutuhkan dalam makanan sehari-hari. Serat berperan untuk memperlancar pencernaan sehingga Anda terhindar dari sembelit, membuat Anda merasa kenyang lebih lama, hingga membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Pada dasarnya, baik jus dan smoothies sama-sama minim kadar seratnya. Ya. Anda tidak akan mendapatkan serat sebanyak yang Anda temui di dalam buah segar jika Anda hanya minum jus atau smoothies saja.

Namun jika harus dibandingkan, smoothie masih memiliki serat yang lebih tinggi serat daripada jus. Campuran smoothie bukan hanya mengandung susu atau yogurt dengan buah, seringnya smoothie juga dicampur dengan oats, atau kacang dan biji-bijian seperti biji chia atau flaxseed (biji rami) sebagai penambah serat.

Mana yang lebih cepat buat kenyang?

Berdasarkan kepadatan isi dan nutrisinya, smoothie lebih bisa membuat Anda cepat kenyang dan tahan lama. Serat dalam smoothie membuat Anda kenyang lebih cepat, dan protein membantu menjaga perut tahan kenyang lebih lama. Sedangkan, efek mengenyangkan dari jus lebih sedikit dibandingkan dengan smoothie.

Kesimpulannya?

Jus dan smoothie dua-duanya baik untuk kesehatan tubuh. Kalau mau pilih yang mana, semua ini tergantung dengan kebutuhan tubuh dan bahan-bahan apa saja yang Anda masukkan ke dalam minuman racikan Anda.

Smoothies bisa menjadi makanan pengganti sarapan Anda yang padat zat gizi dan juga mengenyangkan. Sedangkan, jus bisa menjadi minuman selingan pada waktu makan Anda.

Namun yang perlu dicatat, baik jus dan smoothie sebaiknya tidak lebih diutamakan daripada makan buah/sayuran segar. Ketika Anda minum jus buah atau smoothies, semua zat gizinya akan lebih mudah masuk ke dalam sistem pencernaan sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal ini kemudian tersebut membuat gula darah jadi melonjak naik. Gula darah yang sering naik bisa membuat kadar lemak Anda juga ikut meningkat, yang juga tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Membuat Jus Buah Plus Sayur yang Enak dan Sehat

Selain dimakan langsung atau dimasak, Anda bisa menikmati sayur dan buah dengan dibuat jus. Simak cara membuat jus yang sehat, enak, dan aman berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 7 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Pilihan Jus Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit, salah satunya dengan minum jus. Yuk, intip resep jus untuk sembelit di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gangguan Pencernaan, Sembelit (Konstipasi), Health Centers 30 April 2019 . Waktu baca 3 menit

Inspirasi Resep Aneka Jus dari Buah dan Sayur, yang Praktis dan Mudah Dibuat

Selain rasanya enak, banyak orang yang hobi minum jus berkat manfaat baik di baliknya. Bagi Anda pecinta jus, sudah coba berbagai resep aneka jus ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Resep Sehat, Nutrisi, Hidup Sehat 25 Februari 2019 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Makanan Sehat untuk Anda yang Ngidam Makanan Manis

Tidak semua yang manis-manis berbahaya, loh! Ini dia berbagai minuman dan makanan manis yang sehat untuk Anda konsumsi sebagai camilan harian.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Resep Sehat, Nutrisi, Hidup Sehat 2 Desember 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat lidah buaya

3 Kreasi Hidangan Olahan Lidah Buaya Nan Menyegarkan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
smoothies untuk sahur

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
minuman dihindari saat diet

Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
minuman protein anak

4 Resep Minuman Kaya Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit