3 Alasan Kenapa Jeruk Nipis Bermanfaat untuk Diet

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sudah tahu bahwa buah-buahan sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat diet adalah jeruk nipis. Meningkatkan konsumsi jeruk nipis dalam program diet Anda mampu mempercepat proses penurunan berat badan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera simak beragam khasiat jeruk nipis untuk diet berikut ini.

Manfaat jeruk nipis untuk diet

1. Memaksimalkan pembakaran lemak

Makan jeruk nipis tak bisa semerta-merta membakar lemak Anda. Tak ada satu pun makanan yang punya kemampuan tersebut. Namun, jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 pada Journal of the American College of Nutrition, zat-zat tersebut bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika Anda beraktivitas dan berolahraga.

Ini karena kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika Anda beraktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh Anda akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

2. Menunda rasa lapar

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Begitu juga dengan mengonsumsi jeruk nipis untuk diet. Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Dengan begitu, Anda pun bisa menahan godaan untuk menyantap camilan atau makan lagi sebelum waktunya.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Berbagai masalah pencernaan bisa membuat Anda lebih susah diet. Sementara itu, jeruk nipis bisa melancarkan pencernaan Anda secara alami berkat kandungan senyawa flavonoid. Senyawa ini bisa meningkatkan produksi enzim dalam tubuh yang diperlukan untuk mengurai makanan. Tubuh pun jadi tak perlu menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya, timbunan zat-zat sisa tersebut bisa membuat perut dan pinggang tambah lebar.  

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk diet

Tak ada satu pun jenis buah atau makanan yang bisa bikin Anda kurus dalam sekejap. Menurunkan berat badan perlu usaha yang seimbang, mulai dari pola makan, aktivitas fisik, hingga gaya hidup. Maka, jangan tertipu dengan janji khasiat mujarab jeruk nipis untuk diet. Anda tetap harus rutin berolahraga untuk membakar lemak dan menjaga pola makan sehat.

Supaya program diet Anda semakin maksimal, tambahkan perasan jeruk nipis pada makanan atau minuman Anda setiap hari. Anda juga bisa memakan langsung buahnya. Jika rasa jeruk nipis terlalu kuat di mulut, campurkan dalam salad atau sambal kesukaan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Semua orang punya nafsu seks yang berbeda. Namun apakah benar nafsu seks pria lebih besar dari wanita? Simak apa kata hasil penelitian.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
kesehatan kandung kemih

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit