Kenapa Makan Serat Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jika ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat, konsumsi sayur dan buah yang banyak dapat membantu. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi dalam kedua jenis makanan tersebut. Ya, konsumsi serat dipercaya dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian pun telah membuktikan hal ini. Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Annals of Internal Medicine membuktikan bahwa konsumsi serat sebanyak 30 gram per hari dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki respon tubuh terhadap insulin.

Serat penting untuk kesehatan pencernaan

Serat bisa Anda dapatkan dari konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Dalam tubuh, serat tidak dicerna seperti karbohidrat, lemak, atau protein yang masuk ke tubuh. Serat lewat begitu saja dalam tubuh Anda tanpa menyebabkan kenaikan gula darah.

Namun begitu, serat membawa banyak manfaat dalam sistem pencernaan Anda. Serat dapat membantu memberi makan bakteri baik dalam usus sehingga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, bentuk serat yang cenderung utuh setelah sampai di usus dapat membantu pergerakan usus –sehingga memudahkan Anda dalam buang air besar.

Bagaimana konsumsi serat dapat membantu menurunkan berat badan?

Serat secara alami dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Konsumsi banyak serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh Anda.

Hal ini dilakukan serat dengan cara mengisi ruang di lambung Anda, sehingga merangsang reseptor dalam tubuh yang membuat otak berpikir bahwa Anda sudah kenyang dan harus berhenti makan. Selain itu, serat dapat memperlambat pengosongan isi lambung dan kerja pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Selanjutnya, hal ini membuat Anda tidak cepat merasa lapar lagi dan menurunkan nafsu makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Dengan cara ini, maka secara perlahan serat bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

Pilihlah jenis serat larut air. Serat larut air akan menyerap air dan membentuk semacam gel dalam usus. Gel inilah yang kemudian memperlambat pengosongan lambung, sehingga Anda kenyang lebih lama dan nafsu makan berkurang.

Gel ini juga yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Sehingga kadar gula darah akan rendah yang diikuti dengan kadar insulin yang rendah juga. Artinya, tubuh cenderung tidak akan menyimpan lemak.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa efek penurunan berat badan dari serat menargetkan lemak perut secara khusus. Lemak perut ini berbahaya dan berhubungan dengan penyakit metabolik.

Bagaimana dengan konsumsi suplemen serat?

Suplemen serat biasanya dibuat dengan mengisolasi serat dari tumbuhan. Menurut beberapa penelitian, tidak semua jenis suplemen serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Suplemen serat dari glukomanan (serat yang diekstraksi dari akar konjak) terbukti dapat menghasilkan penurunan berat badan. Sedangkan, serat jenis psyllium dan guar gum tidak mampu membantu menurunkan berat badan.

Namun begitu, sebaiknya Anda tetap berusaha untuk mendapatkan serat dari makanan bukan dari suplemen. Anda tentu tidak bisa mendapatkan manfaat atau efek yang sama dari konsumsi serat alami yang berasal dari makanan dengan yang didapatkan dari suplemen. Saat Anda mengonsumsi sayuran dan buah, Anda tidak hanya mendapatkan serat tapi juga nutrisi lainnya yang dapat memberi manfaat kesehatan lain.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca