Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan kulit Anda. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda memaksimalkan manfaat tersebut dengan tetap merawat kulit sebelum dan sesudah berolahraga. Apa saja perawatan kulit yang perlu diketahui para penggemar olahraga?

Perawatan kulit yang dianjurkan ketika olahraga

fisik mental atlet COVID-19

Tidak dapat dipungkiri, dengan berolahraga tubuh menjadi lebih sehat dan sering kali memberi efek baik bagi kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan di jurnal Aging Cell

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa gerakan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Bahkan, semakin rutin berolahraga, semakin cerah kulit Anda, terutama pada bagian wajah. 

Walaupun demikian, hasil yang memuaskan tersebut tentu tidak dapat dicapai jika perawatan kulit saat olahraga tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa tips merawat kulit yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah beraktivitas fisik.

1. Memakai sunscreen sebelum berolahraga

sunscreen untuk kulit berjerawat

Salah satu tahapan perawatan kulit ketika olahraga yang tidak boleh terlupakan adalah memakai sunscreen. Penggunaan sunscreen wajib dilakukan baik ketika berolahraga di gym maupun luar ruangan. 

Hal ini dikarenakan ketika Anda berolahraga di gym kemungkinan cahaya masuk lewat jendela cukup besar. Kemudian, kulit akan terpapar sinar UV dan berisiko mempercepat penuaan dan kerusakan kulit. 

Terlebih lagi, sinar matahari juga bisa menimbulkan jerawat karena kulit menjadi lebih kering. Pasalnya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori hingga menyebabkan jerawat. 

Usahakan menggunakan sunscreen dengan SPF anti-keringat saat berolahraga. Umumnya, tabir surya khusus untuk olahraga sudah tersedia di pasaran dan pilihlah kandungan bebas minyak atau non-komedogenik. Jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen ke wajah, leher bagian depan dan belakang, serta dada. 

2. Tidak perlu mencuci muka

tisu pembersih make up

Tahukah Anda bahwaAnda tidak perlu mencuci muka sebelum berolahraga asalkan kulit wajah sudah bersih? Perawatan kulit saat olahraga yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui orang. Kebanyakan orang mungkin merasa lebih nyaman berolahraga setelah mencuci muka. 

Menurut American Academy of Dermatology, menghapus riasan di wajah dengan cairan pembersih makeup sebenarnya sudah cukup tanpa perlu mencuci muka. Bagi Anda yang menggunakan pelembap dengan kandungan yang cukup berat mungkin dapat mempertimbangkan untuk meninggalkannya.

Beberapa pelembap memberikan penghalang pada kulit yang dapat mencegah penguapan air. Akibatnya, penyumbatan pori dan penguapan keringat akan terjadi dan justru memberikan masalah bagi kulit ketika olahraga. 

3. Menyeka keringat dengan handuk bersih

menyeka keringan handukan perawatan kulit olahraga

Selain menggunakan sunscreen, perawatan kulit lainnya yang perlu dilakukan ketika olahraga adalah jangan lupa menyeka keringat dengan handuk bersih.

Pada saat tubuh mengeluarkan keringat dari kulit, tepuk handuk dengan lembut. Apabila Anda menyeka keringat terlalu kencang, itu justru akan membuat kulit semakin kasar.

Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan pakaian olahraga yang bersih. Pemakaian pakaian yang kotor dapat menyumbat pori-pori yang berasal dari sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Akibatnya, jerawat di kulit pun tidak dapat terhindarkan. 

4. Mandi setelah berolahraga

Mandi setelah olahraga adalah tahapan perawatan kulit yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membilas minyak dan bakteri yang menumpuk dan bisa menyebabkan jerawat. 

Bagi Anda dengan kulit rentan terhadap jerawat, sebaiknya gunakan pembersih wajah dengan kandungan ringan dan bebas minyak. Pembersih wajah seperti ini dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mencegah pori-pori tersumbat tanpa membuat kulit iritasi.

Pada saat mandi, tidak perlu terlalu kencang ketika menggosok kulit. Apabila Anda tidak dapat mandi, cobalah mengganti baju dengan pakaian yang bersih dan menyeka kulit dengan handuk bersih.

Setelah itu, jangan lupa pakai kembali sunscreen selepas mandi. Keringat yang dihasilkan ketika berolahraga tentu dapat menghilangkan olesan sunscreen yang sempat digunakan.

Tidak perlu mengoleskan tabir surya terlalu tebal. Anda hanya perlu sunscreen untuk melindungi sinar UV yang masuk ke dalam ruangan dan untuk meratakan warna kulit.

Apabila beberapa metode perawatan kulit saat olahraga di atas tidak berhasil dan memperparah kondisi kulit Anda, segera konsultasikan dengan dermatolog. Dengan demikian, Anda mengetahui adakah produk atau cara yang salah dan bagaimana mengatasinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Olahraga Menggunakan Masker Saat Pandemi, Begini Menurut Pakar

Penggunaan masker memang diperlukan saat bepergian ke luar di tengah pandemi COVID. Namun, amankah menggunakan masker saat olahraga?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 09/06/2020 . 7 menit baca

Suka Batuk-batuk Setelah Berolahraga? Ini Alasannya

Pernahkah Anda mengalami batuk setelah berolahraga, padahal tidak sedang terkena flu atau pilek? Ini beberapa kondisi yang mungkin jadi penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 29/05/2020 . 5 menit baca

Mager Olahraga Saat Karantina? Ini 7 Tips Agar Anda Tetap Semangat

Masa karantina membuat badan jadi malas gerak. Padahal, olahraga penting agar tubuh tetap fit. Ini tips agar Anda tetap semangat olahraga saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . 5 menit baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 27/04/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
manfaat surfing kesehatan mental

Berselancar di Laut Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23/06/2020 . 5 menit baca
pemanasan sebelum olahraga

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . 5 menit baca
cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . 8 menit baca