8 Persiapan Fisik Penting Menjelang Pernikahan

Oleh

Pernikahan merupakan acara yang sakral dan mungkin akan disaksikan oleh banyak orang. Pasangan pengantin akan menjadi sorotan utama sepanjang hari pernikahan. Oleh karena itu, tak heran jika calon pengantin, khususnya wanita, menggiatkan diri dalam mempersiapkan fisiknya agar terlihat lebih cantik dan anggun di hari H.

Tampil lebih menarik dari biasanya di hari pernikahan bukan perkara sulit. Terlepas dari ritual adat apapun, mari kita lihat 8 tips persiapan fisik menjelang hari pernikahan di bawah ini.

1. Pilih-pilih makanan Anda

Buatlah pilihan yang baik untuk pernikahan Anda. Makan berbagai buah-buahan dan sayuran setiap hari. Batasi makanan dan minuman tinggi kalori, gula, garam, lemak, dan alkohol, serta pilihlah camilan yang sehat.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, makanlah dengan porsi makan yang lebih sedikit, kurangi makanan berlemak dan bergeraklah lebih aktif untuk menghindari kesalahan pada diet. Pilihlah makanan yang ringan dan sehat untuk tamu pesta pernikahan Anda. Tambahkan buah, manisan, sayuran, makanan rendah lemak serta minuman rendah kalori sebagai hidangan penutup.

2. Rutin berolahraga sejak sebulan sebelum hari H

Jadilah aktif selama minimal 2,5 jam seminggu dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan pernapasan dan jantung, serta yang dapat memperkuat otot-otot tubuh Anda seperti berolahraga. Anda tidak perlu melakukan semuanya sekaligus, bagilah waktu tersebut setiap hari.

Amanda Russell, Bridal Fitness Expert menyatakan bahwa melakukan workout selama satu bulan penuh sebelum pernikahan akan membuat Anda terlihat lebih ramping dan sehat. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu, paling tidak Anda  melakukannya selama 20 menit per hari. 

3. Membebaskan diri dari asap rokok

Jika Anda perokok, persiapkanlah kehidupan baru Anda dengan berhenti merokok, karena merokok dapat memiliki efek negatif bagi kesehatan. Hindari menghirup asap rokok yang dihasilkan orang lain (perokok pasif), karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang mirip dengan perokok. Pilihlah tempat yang bebas dari asap rokok untuk resepsi pernikahan dan kegiatan lainnya.

4. Mengelola stres

Stres dapat menyebabkan sakit kepala, masalah tidur, sulit berkonsentrasi, mudah marah, sakit perut, dll., sehingga Anda harus mengelola stres dengan baik, terutama pada saat merencanakan pernikahan, bekerja, bersekolah, atau kegiatan lainnya.

Tidurlah dengan waktu yang cukup dan lakukan teknik relaksasi, seperti yoga, spa, dll. Jika Anda tidak dapat mengontrol diri Anda, berkonsultasi dengan dokter untuk menghilangkan stres dalam diri Anda.

5. Berhati-hati dengan make-up

Anda pasti ingin mencoba sesuatu yang baru untuk hari pernikahan Anda seperti mewarnai rambut, menggunakan berbagai kosmetik dan juga menggunakan beberapa produk perawatan kulit. Pastikanlah produk yang Anda pakai tidak menyebabkan masalah seperti gatal, kemerahan, ruam, bersin, atau alergi.

Alergi dapat terjadi ketika kita pertama kali menggunakan produk yang berbeda dari produk yang biasa dipakai. Lihatlah pada label produk mulai dari komposisi hingga tata cara penggunaan dan tanda perhatian pemakaian. Berhentilah menggunakan produk tersebut jika masalah semakin parah.

Jangan pernah mewarnai alis dan bulu mata, karena akan menyebabkan cedera mata yang serius, dan jangan lupa untuk menghapus make-up sebelum tidur untuk mencegah kulit dan mata iritasi.

6. Mencegah cedera

Kenakan pakaian yang tidak mengganggu Anda saat berjalan dan berdiri. Pastikan sepatu dan pakaian dikenakan dengan benar untuk mencegah tersandung atau jatuh. Jika Anda menggunakan lilin pada pernikahan Anda, pastikan mereka ditempatkan dengan benar agar tidak membakar apapun. Tempatkanlah dekorasi yang baik dan benar untuk mencegah risiko kecelakaan yang dapat membahayakan diri Anda.

7. Tidur yang cukup

Tidurlah 7-9 jam setiap malam, karena kualitas seluruh aktivitas yang Anda lakukan di siang hari tergantung dari tidur Anda di malam harinya. Jika rasa kantuk selalu mengganggu Anda, perbanyaklah waktu tidur di malam hari untuk meningkatkan kualitas jam bangun Anda.

8. Melakukan perawatan kecantikan

Manfaatkan waktu satu minggu sebelum hari H untuk melakukan perawatan ke salon. Anda direkomendasikan melakukan perawatan dari kepala hingga kaki, karena Anda akan berada dalam sorotan sepanjang hari pernikahan. Perawatan yang dapat Anda lakukan adalah spa, manicure, pedicure, waxing, dan perawatan wajah seperti pengelupasan kulit, steam, penghapusan komedo, serta masker.

Ingat, perawatan ini paling lambat dilakukan 2 hari sebelum pernikahan, karena setelah Anda melakukan waxing dan perawatan wajah, kulit Anda akan kemerahan dan membutuhkan kurang lebih 2 hari bagi kulit Anda untuk kembali ke kondisi semula.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca