home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tanpa Harus Penetrasi, 5 Tips Ini Bisa Bikin Seks Tetap Nikmat dan Intim

Tanpa Harus Penetrasi, 5 Tips Ini Bisa Bikin Seks Tetap Nikmat dan Intim

Pasangan yang saling mencintai tetap butuh cara untuk menambah keintiman satu sama lain. Keintiman ini diperlukan agar Anda dan pasangan semakin dekat, semakin jatuh cinta, dan semakin bahagia. Namun, keintiman bukan semata-mata harus selalu dilakukan dengan penetrasi, lho! Masih banyak cara untuk mendapatkan sex (seks) yang nikmat tanpa melibatkan penetrasi penis dan vagina. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan? Simak caranya di bawah ini, yuk!

Cara sex tetap nikmat tanpa perlu penetrasi

Hubungan intim adalah salah satu kunci keharmonisan Anda dan pasangan. Namun terkadang, tak semua orang bisa melakukannya karena satu dan lain hal.

Ada yang tidak dapat berhubungan seks karena sedang mengalami masa menstruasi, ada pula yang memiliki kondisi kesehatan atau penyakit tertentu sehingga merasakan nyeri saat berhubungan intim.

Meski begitu, kondisi-kondisi tersebut sebenarnya bukan penghalang untuk melakukan sex (seks) yang nikmat, bahkan tanpa perlu penetrasi.

Sejatinya, hubungan intim adalah sesuatu yang lebih dari sekadar penetrasi penis ke dalam vagina.

Keintiman dalam sebuah hubungan mengedepankan kedekatan, kebersamaan, serta menjaga hubungan Anda dan pasangan.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba alternatif atau cara lain berikut agar hubungan sex (seks) di ranjang tetap terasa intim tanpa harus melakukan penetrasi:

1. Cuddling

proses kehamilan

Cuddling atau biasa dikenal dengan “kelonan”, dilakukan pasangan dengan cara berbaring bersama atau saling menyamping satu arah dan memeluk.

Anda dan pasangan bisa melakukan ini dengan atau tanpa sehelai benang di tubuh sekalipun.

Menurut laman Intermountain Healthcare, sentuhan secara fisik termasuk dalam cara-cara mengekspresikan rasa cinta yang ingin kita dapatkan dan berikan ke pasangan.

Para wanita dan pria merasakan bahwa berpelukan dapat menjadi cara romantis untuk menghasilkan energi positif satu sama lain.

Atas dasar itulah cuddling bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan rasa nikmat tanpa berhubungan sex (seks) atau melibatkan penetrasi.

2. Make-out

efek samping ciuman bibir

Make-out juga bisa menjadi pilihan untuk memaksimalkan rasa nikmat saat sex (seks) tanpa perlu penetrasi.

Anda dan pasangan cukup melakukan make-out dengan cara berciuman secara intens selama beberapa menit.

Menurut sebuah artikel dari Archives of Sexual Behavior, ciuman dapat menjadi aktivitas yang mempererat suatu hubungan romantis.

Ciuman juga bisa meningkatkan kepuasan pria dan wanita selama meski tanpa hubungan seks penetrasi.

Jadi, jangan anggap remeh untuk mencium pasangan Anda. Mulailah malam ini dengan memberikannya ciuman yang panas.

Psst, Anda juga bisa mengombinasikan make-out dengan cuddling, lho!

3. Frottage

seks anal

Frottage atau disebut juga petting adalah salah satu cara untuk menambah sensasi nikmat berhubungan sex tanpa penetrasi vaginal dan melepas pakaian.

Petting dilakukan dengan cara saling memeluk, kemudian pria menggesek-gesekan penisnya ke vagina wanita.

Saat melakukan frottage, Anda juga bisa sambil saling berciuman, memegang organ intim, meremas payudara, bahkan sambil memandang hangat mata satu sama lain.

Biasanya, cara untuk menambah keintiman ini dilakukan pria dengan cara menggendong pasangan wanitanya.

Jadi, saat pria menggendong wanita, alat kelamin Anda berdua bertemu tanpa perlu penetrasi.

Biarkan perasaan sayang dan cinta menyatu lewat sentuhan intim yang akan menghasilkan rasa terikat satu sama lain.

4. Stimulasi rangsangan di tiap bagian tubuh

Cara sex (seks) yang nikmat lainnya tanpa perlu penetrasi bisa Anda lakukan dengan bercanda dan tertawa satu sama lain.

Anda dan pasangan bisa memilih ingin tetap menggunakan pakaian atau melepas pakaian perlahan sembari merangsang satu per satu bagian tubuh sasaran.

Pertama-tama, mulailah dengan berpelukan atau berciuman. Jangan lupa pilih tempat nyaman dan waktu tepat agar suasana semakin intim.

Biarkan salah satu orang yang dominan memulai dengan menyentuh bagian tubuh pasangannya.

Ingat, sebaiknya hindari terlalu terburu-buru. Sebaliknya, coba lakukan dengan penuh kemesraan.

Nah, untuk menambah sentuhan yang lebih mantap, Anda bisa pakai losion atau baby oil sambil memijat satu sama lain.

Pijat dan sentuh bagian-bagian tubuh yang disukai pasangan Anda sambil mengatakan ucapan romantis penuh kasih.

Penting untuk menatap mata pasangan satu sama lain karena mata Anda akan mewakilkan hampir keseluruhan rasa yang Anda rasakan.

Dengan begitu, rasa percaya, nyaman, dan saling terikat satu sama lain niscaya akan saling terpancar.

5. Oral seks atau masturbasi bersama

seks setelah melahirkan

Oral seks adalah salah satu cara alternatif yang banyak dilakukan pasangan masa kini untuk mendapatkan sex (seks) nikmat tanpa penetrasi.

Selain oral seks, masturbasi juga dapat membantu Anda dan pasangan mencapai orgasme tanpa harus melakukan penetrasi satu sama lain.

Bantu pasangan untuk menemukan titik-titik rangsangan dengan cara mengarahkan atau menuntun tangannya ke bagian tubuh yang Anda inginkan.

Demikian berbagai cara yang bisa Anda tempuh untuk mencapai sensasi nikmat berhubungan sex (seks) tanpa harus melakukan penetrasi kelamin.

Meski tanpa penetrasi, tak perlu khawatir akan mengurangi sensasi bercinta Anda dan pasangan. Selamat mencoba malam ini!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Perry, SK. (2016). 10 Proven Ways You Can Increase Intimacy – Psychology Today. Retrieved January 29, 2021, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/creating-in-flow/201602/10-proven-ways-you-can-increase-intimacy 

Intimacy Without Intercourse – Healthy Women. (2011). Retrieved January 29, 2021, from https://www.healthywomen.org/your-health/intimacy-without-intercourse 

Cuddle and Hug Your Way to Better Health – Intermountain Healthcare. (2020). Retrieved January 29, 2021, from https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2015/02/cuddle-and-hug-your-way-to-better-health/ 

Frottage – Psychology Dictionary. (2018). Retrieved January 29, 2021, from https://psychologydictionary.org/frottage/ 

4 Ways to Feel More Intimate with Your Partner – IFAS Extension, University of Florida. (n.d.). Retrieved January 29, 2021, from https://smartcouples.ifas.ufl.edu/engaged/sex-and-intimacy/4-ways-to-feel-more-intimate-with-your-partner/ 

Heiman, J., Long, J., Smith, S., Fisher, W., Sand, M., & Rosen, R. (2011). Sexual Satisfaction and Relationship Happiness in Midlife and Older Couples in Five Countries. Archives Of Sexual Behavior, 40(4), 741-753. https://doi.org/10.1007/s10508-010-9703-3 

Chopik, WJ., Edelstein, RS., Van Anders, SM., Wardecker, B., Shipman, E., Samples-Steele, C. (2014). Too close for comfort? Adult attachment and cuddling in romantic and parent-child relationships. Personality and Individual Differences, 212-216

Muise, A., Giang, E., & Impett, E. A. (2014). Post sex affectionate exchanges promote sexual and relationship satisfaction. Archives of sexual behavior, 43(7), 1391–1402. https://doi.org/10.1007/s10508-014-0305-3 

van Anders, S. M., Edelstein, R. S., Wade, R. M., & Samples-Steele, C. R. (2013). Descriptive experiences and sexual vs. nurturant aspects of cuddling between adult romantic partners. Archives of sexual behavior, 42(4), 553–560. https://doi.org/10.1007/s10508-012-0014-8 

Wlodarski, R., & Dunbar, R. I. (2013). Examining the possible functions of kissing in romantic relationships. Archives of sexual behavior, 42(8), 1415–1423. https://doi.org/10.1007/s10508-013-0190-1

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 13/03/2021
x