Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/10/2019
Bagikan sekarang

Aktivitas yang padat di sekolah, di kampus, atau di kantor, kadang membuat waktu kita untuk berolahraga jadi sedikit. Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari.

Banyak orang menduga, olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. Tapi, bagaimana kalau tidak ada waktu berolahraga di pagi hari, dan waktu yang kita miliki cuma di malam hari?

Manfaat olahraga pagi

Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England, mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan.

Seperti dikutip WomensHealthMag.com, Lara mengatakan olahraga di pagi hari bermanfaat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

“Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah pun bisa jadi lebih stabil dan jam tidur Anda di malam hari bisa lebih nyenyak,” tutur Lara.

Olahraga di pagi hari juga membantu Anda untuk membentuk kebiasaan berolahraga yang lebih konsisten, menurut Cedric Bryant, PhD dari American Council on Exercise. Namun Bryant juga menyarankan sebaiknya Anda melakukan pemanasan yang lebih lama karena suhu tubuh Anda relatif lebih rendah saat di pagi hari.

Manfaat olahraga sore atau olahraga malam hari

Olahraga pada malam hari, menurut Laura, manfaatnya adalah meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Secara teori, menurut ahli kesehatan Dr. Michael Triangto, SpKO, olahraga malam hari lebih efektif untuk pembentukan otot. Michael juga memaparkan, olahraga di malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia. “Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Tubuh akan dehidrasi dan kita jadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan,” tutur Michael.

Mana yang lebih sehat?

Pada akhirnya, semua akan kembali lagi pada manfaat yang ingin Anda dapatkan sendiri. Mau itu malam hari atau pagi hari, tergantung Anda. Menurut American Heart Association, pada akhirnya semua akan bergantung pada empat hal:

  • lokasi
  • waktu
  • tipe olahraga
  • setting sosial, misalnya apakah Anda berolahraga sendirian atau bersama teman

Bila Anda bukan orang yang bisa bangun pagi setiap hari, mungkin olahraga di sore atau malam hari akan lebih baik bagi Anda. Dengan demikian, Anda tidak cuma mematikan alarm setiap pagi dan rencana berolahraga pun hanya wacana. Bila Anda suka berolahraga sendiri, maka pilihlah waktu atau tempat dimana Anda dapat berolahraga sendirian. Begitu pun sebaliknya. Pada dasarnya, olahraga akan bermanfaat bila Anda bisa melakukannya secara konsisten dengan rutin. Maka dari itu, pilihlah waktu dimana Anda dapat melakukannya secara konsisten dengan mudah.

Yang harus diperhatikan kalau Anda lebih suka olahraga malam

Dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan mengatakan kepada Kompas.com, bila tidak sempat melakukan olahraga pagi, sebenarnya olahraga sore sampai malam tidak masalah bagi kesehatan.

“Mereka yang tidak sempat olahraga pagi hari, baru sempatnya malam hari, akan jauh lebih baik daripada yang tidak olahraga sama sekali. Sekarang, kan, banyak yang olahraga lari malam di Senayan. Itu tidak masalah, kok,” ujar Andi.

Meskipun sah-sah saja berolahraga di malam hari, Andi menyarankan agar tidak berolahraga terlalu malam, karena bisa mengganggu jam tidur dan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Ketika selesai berolahraga pun, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri jeda waktu 1-1,5 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur Anda.

Ketika berolahraga malam hari, jangan lupa juga melakukan pemanasan. Ketika selesai, kita tetap perlu melakukan pendinginan dan peregangan, jangan langsung tidur.

Pada prinsipnya, baik pada pagi atau malam hari, ketika berolahraga jangan melampaui batas kemampuan dan kondisi tubuh. Jika tidak terbiasa berolahraga, mulailah olahraga dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Bagaimana Atlet Menjaga Fisik dan Mental Selama Pandemi COVID-19?

    Saat pandemi COVID-19 semua kejuaraan olahraga harus tertunda, ini bisa mempengaruhi performa, kesehatan fisik, dan kesehatan mental para atlet.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 14/04/2020

    4 Jenis Olahraga Saat Menopause untuk Menurunkan Berat Badan

    Saat menopause, tubuh wanita cenderung mengalami berat badan. Lantas, apa jenis olahraga saat menopause yang disarankan untuk menurunkan berat badan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila

    Panduan Olahraga untuk Pasien Kanker Tulang

    Olahraga untuk Anda yang memiliki kondisi kanker tulang mungkin memang sulit, tapi bukan berarti mustahil dilakukan. Inilah panduannya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Tips dan Gerakan Push Up untuk Pemula

    Melakukan push up untuk pemula pasti tidak mudah, apalagi bagi Anda yang baru memulai berolahraga. Simak tipsnya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    tips olahraga

    Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
    Manfaat yoga bridge pose

    Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
    manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

    6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020