Kenapa Kita Harus Pakai Sumbat Telinga Saat Berenang?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apa yang biasa Anda lakukan saat hari panas? Beberapa orang senang menghabiskan waktunya berenang saat cuaca tengah panas-panasnya. Namun tak semua orang rutin menggunakan sumbat telinga saat berenang. Sebagian berpikir itu hanya sebagai aksesoris, sebagian lainnya merasa itu merepotkan. Seberapa penting sebenarnya menggunakan sumbat telinga saat berenang?

Saat berenang, beberapa hal berbahaya dapat terjadi, kepada telinga Anda salah satunya. Beberapa rentan mengalami infeksi telinga, beberapa yang lainnya rentan kemasukan air. Terutama saat Anda memiliki alergi, batuk, maupun sinus. Tiga kondisi tersebut dapat menghambat air yang masuk dalam telinga seorang perenang, lalu menahan air tersebut tetap di dalam.

Mengapa harus memakai sumbat telinga saat berenang?

Menggunakan sumbat telinga saat berenang dapat mencegah terjadinya infeksi pada telinga Anda karena masuknya air seperti otitis externa. Otitis externa adalah infeksi yang terjadi pada saluran yang menyalurkan suara dari luar menuju gendang telinga (saluran telinga). Infeksi ini bisa disebabkan banyak hal, telinga yang lembap seusai bermain air sehingga kulit saluran telinga rentan mengalami iritasi serta membentuk media yang sesuai untuk bakteri dan jamur hidup, bisa jadi penyebabnya. Anda tentu akan rentan terinfeksi bila Anda sering berenang tanpa menggunakan sumbat telinga (ear plug)Tak mengherankan bila beberapa orang lalu menyebut infeksi ini dengan swimmer’s ear (telinga perenang).

Infeksi ini biasanya ditandai dengan rasa gatal pada saluran telinga yang diikuti oleh adanya rasa nyeri, yang akan bertambah rasa sakitnya saat ditekan atau ditarik. Pada beberapa kasus Anda bahkan akan merasakan nyeri tersebut juga pada saat mengunyah. Gejala lalu diikuti dengan adanya pembengkakan pada saluran telinga yang memerah hingga keluarnya cairan dari dalam telinga dari bening hingga berwarna kekuningan. Kehadiran cairan dan bengkak ini mungkin mampu menghalangi suara dari luar dan menurunkan kualitas pendengaran Anda.

Penanganan medis sesegera mungkin diperlukan untuk mengatasi infeksi ini. Penanganan yang terlambat akan memberi kesempatan untuk infeksi menyebar dan rasa sakit meningkat. Sebaiknya segera periksakan telinga Anda saat Anda merasakan rasa sakit pada telinga maupun penurunan kemampuan mendengar hingga lebih dari tiga hari.

Seperti apa sumbat telinga yang aman?

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan telinga Anda, namun terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar sumbat telinga saat berenang yang Anda pakai tetap aman untuk digunakan, yaitu dengan:

Menekannya tidak terlalu dalam. Menekan sumbat telinga terlalu dalam, bahkan hinga mendekati gendang telinga, dapat meningkatkan tekanan udara dalam telinga Anda. Kondisi ini justru akan menyebabkan ketidaknyamanan hingga timbulnya rasa nyeri.

Tidak memicu alergi. Beberapa orang memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Umumnya, sumbat telinga yang digunakan untuk seorang perenang adalah sumbat telinga berbahan silikon yang mudah dibentuk seperti lilin. Sebaiknya Anda lebih dulu mencari tahu bahan seperti apa yang dapat memicu alergi Anda, bila Anda memilikinya.

Bersih. Meskipun beberapa sumbat telinga didesain untuk penggunaan dalam waktu yang lama, namun memperpanjang penggunaan sumbat telinga tanpa dibersihkan dengan rutin dapat menyebabkan dampak seperti timbulnya dengungan pada telinga (tinnitus).

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
apa itu power nap

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit