5 Manfaat Olahraga Polo Air untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/10/2018
Bagikan sekarang

Olahraga polo air mungkin masih belum dikenal luas di masyarakat. Namun, salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja ya kira-kira manfaatnya? Berikut ulasannya.

Apa itu olahraga polo air?

Sumber: Antara Foto

Olahraga polo air adalah jenis olahraga tim yang dilakukan di kolam renang dimana para perenang berusaha untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Tiap anggota tim bergerak dengan berenang di permukaan dan melempar serta menangkap bola menggunakan satu tangan untuk mengopernya. Tim dengan poin gol terbanyak di akhir pertandingan menjadi pemenang. Olahraga yang satu ini dimainkan dengan enam orang pemain dan satu orang penjaga gawang di setiap tim.

Manfaat olahraga polo air

kesehatan jantung

Sama seperti jenis olahraga lainnya, polo air memiliki berbagai manfaat seperti:

1. Baik bagi jantung

Olahraga yang satu ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, semua gerakannya membuat jantung terus memompa secara maksimal.

Benjamin Soon, Asisten Dosen di program fisioterapi Singapore Institute of Technology menyatakan, membuat jantung memompa lebih tinggi dari laju istirahatnya membantu mencegah penyakit jantung dan memperbaiki serta mengembalikan kerja jantung secara maksimal.

Dengan begitu, polo air menjadi latihan kardio yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Membakar cukup banyak kalori

Saat bermain polo air, Anda akan mengerahkan seluruh tenaga untuk bertanding. Pasalnya, latihan yang satu ini tidak memperbolehkan pemainnya untuk menyentuh dasar kolam. Jadi kaki perlu terus bergerak selama permainan.

Gerakan yang konstan ini dapat membakar kalori secara maksimal hingga membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini bisa membakar sekitar 10 kalori per menit. Namun, setiap orang berbeda-beda, berapa banyak kalori yang dibakar tergantung dengan kondisi fisiknya.

3. Membangun daya tahan tubuh

Polo air membantu meningkatkan stamina dan daya tahan. Dengan begitu, saat melakukan aktivitas berat tertentu, Anda tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga.

Dikutip dari Health Fitness Revolution, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2001 menemukan fakta bahwa melakukan latihan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Dapat disimpulkan bahwa olahraga polo air selain membangun daya tahan tubuh juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Membentuk otot

Saat olahraga polo air, semua bagian tubuh ikut bergerak. Pemain juga perlu menjaga tubuhnya untuk tetap berada di permukaan.

Akibatnya, kelompok otot yang ada di seluruh tubuh yang jarang digerakkan pun menjadi terlatih dengan berbagai gerakan yang Anda lakukan seperti berputar, mengangkat tangan, dan juga menendang.

Jika Anda rutin melakukan latihan yang satu ini maka otot-otot kaki, pantat, pinggul, dan juga bahu akan terbentuk dengan sendirinya seiring dengan latihan rutin yang Anda jalani.

5. Tidak bikin tubuh cepat lelah

Berolahraga di air menjadi pilihan yang tepat karena tidak membuat suhu tubuh naik secara drastis. Pasalnya, air memberikan efek pendinginan yang bisa mencegah Anda agar tidak cepat lelah.

Oleh karena itu, polo air dan olahraga air lainnya membantu melatih tubuh untuk dapat berolahraga lebih panjang tanpa mudah lelah.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Dampak Berenang di Malam Hari Bagi Tubuh?

Berenang termasuk olahraga air yang menyehatkan dan sering dilakukan pada pagi dan siang hari. Namun, apakah boleh berenang di malam hari?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

4 Langkah Jitu Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Demam Berdarah

Menjauhkan diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti saja belum cukup. Anda juga perlu menjada daya tahan tubuh untuk mencegah demam berdarah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Bolehkah Bayar Utang Olahraga Sekaligus Langsung di Hari Libur?

Banyak orang yang malas berolahraga dengan alasan sibuk. Lantas, bolehkah "membayar" utang dengan olahraga setiap hari selama liburan panjang?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

4 Tips Agar Tetap Sehat Setelah Liburan Usai

Banyak orang yang mengalami sakit setelah liburan. Untuk itu, ikuti 4 tips dasar berikut agar tetap sehat selama dan setelah liburan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

meningkatkan sistem imunitas anak dbd

Tips Cepat Meningkatkan Imunitas Anak Saat DBD

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020
olahraga untuk kanker tulang

Panduan Olahraga untuk Pasien Kanker Tulang

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 25/03/2020
persiapan pilates

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Pilates Pemula

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020
push up pemula

Tips dan Gerakan Push Up untuk Pemula

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/02/2020