home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pomade, Wax, dan Gel Rambut untuk Pria, Apa Saja Perbedaannya?

Pomade, Wax, dan Gel Rambut untuk Pria, Apa Saja Perbedaannya?

Sekarang, kaum Adam sepertinya tidak mau ketinggalan dalam merawat diri dan bergaya di tempat umum. Salah satu yang paling terlihat adalah perawatan rambut yang semakin mereka perhatikan. Produk perawatan dan styling untuk rambut pria pun makin banyak beredar di pasaran, contohnya seperti pomade, wax, dan gel rambut (styling gel).

Tren gaya rambut pria pun semakin beragam, mulai dari pompadour, quiff, slick back, spike, atau undercut sudah merajalela sampai sekarang. Akan tetapi, mungkin Anda masih bingung dengan produk perawatan rambut mana yang terbaik dan paling cocok untuk gaya rambut, serta sehat dan aman untuk rambut Anda.

Anda tidak perlu pusing lagi, berikut ulasan lengkap mengenai perbedaan pomade, wax, dan gel rambut, beserta tips agar tetap aman selama penggunaanya.

Perbedaan pomade, wax, dan gel untuk rambut pria

perbedaan pomade dan wax

Jika Anda ingin tampil bersih dan rapi, ketiga produk untuk rambut pria tersebut bisa Anda pakai. Pomade memang cocok untuk gaya rambut ala gentleman. Wax cocok untuk Anda yang sedikit “berantakan”, tapi tetap stylish. Gel rambut cocok untuk Anda yang ingin tampil gaya sepanjang hari, namun tidak ingin ribet membersihkan rambut.

Namun, bagi Anda yang masih ragu ingin memakai yang mana, Amy Komorowski, hair stylist Justin Timberlake, Jonah Hill, dan Andy Samberg dari Pierre Michel Salon seperti dikutip dari WebMD memiliki sejumlah tips yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Berikut adalah perbedaan pomade, wax, dan gel, mulai dari karakteristik, gaya rambut, dan hal-hal yang harus Anda perhatikan dari masing-masing produk perawatan rambut ini.

1. Pomade

Pomade merupakan salah satu produk perawatan rambut pria paling populer bagi kalangan pria. Produk perawatan rambut ini akan membuat rambut Anda berkilau dan kuat, tetapi tetap rapi dan lentur untuk dirapikan kembali sepanjang hari.

Sering orang keliru antara perbedaan pomade dan wax, karena keduanya punya karakteristik hampir mirip. Pomade terbagi dua jenis, yakni berbahan dasar minyak (oil-based) dan berbahan dasar air (water-based) memiliki tekstur lebih creamy dan lebih mudah untuk Anda gunakan.

Selain itu, pomade mampu mengendalikan hampir semua tipe rambut yang sulit untuk diatur, sekaligus meningkatkan kelembutannya. Pomade juga menghasilkan tampilan rambut yang lebih natural dan lebih berkilau daripada wax.

2. Wax

Wax memiliki tekstur yang lebih kental daripada pomade, sehingga cocok apabila Anda ingin mempertajam dan menjaga lebih lama bentuk rambut Anda. Produk ini sempurna untuk menata rambut agak berantakan, terlihat seperti orang baru bangun tidur, namun tetap stylish.

Penggunaan wax juga sama mudahnya seperti pomade, namun menghasilkan tampilan matte tanpa terlihat mengkilap, basah, atau kaku. Walaupun begitu, wax cenderung terlalu berat untuk digunakan pada pria yang memiliki rambut yang halus, lemas, atau terlalu panjang.

Sama halnya dengan pomade, wax yang umumnya berbahan dasar lilin lebah (beeswax) ini agak sulit untuk Anda bersihkan dari rambut, meskipun sudah pakai sampo berulang kali. Jadi, Anda harus lebih cermat dan teliti untuk menghilangkan sisa lilin dari rambut.

3. Gel

Gel atau styling gel bisa membuat tampilan rambut Anda kaku dan tahan lama. Sama dengan wax dan pomade, gel juga memiliki tingkat kekuatan yang bervariasi, mulai dari yang biasa saja sampai yang paling kuat.

Produk perawatan rambut berbahan dasar air (water-based) ini lebih mudah ditemukan dan punya harga yang relatif terjangkau. Gel cocok untuk Anda gunakan pada rambut yang masih basah demi menjaga rambut tetap rapi dan mengkilap sepanjang hari.

Dikarenakan berbahan dasar air dan mudah bersih dengan sekali sampo saja, gel bisa jadi pilihan bagi Anda yang tidak mau repot dalam membersihkan rambut. Hal ini juga membuat gel rambut cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Tips memakai produk rambut yang benar dan aman

tips perawatan rambut pria

Apabila sudah menemukan produk rambut yang cocok, berarti Anda sudah siap untuk tampil lebih maksimal di tempat umum, baik di sekolah, kampus, atau kantor. Mungkin ada baiknya juga bergaya lebih rapi jika Anda pergi dengan pasangan, atau mungkin gebetan.

Sebelum itu ada sedikit tips yang perlu Anda perhatikan sebelum tampil rapi dan trendi dengan berbagai gaya rambut setelah menggunakan produk rambut seperti wax, gel, dan pomade.

  • Gunakanlah secukupnya. Pakai sedikit demi sedikit untuk menakar kebutuhan rambut Anda. Usapkan pomade, wax, atau gel pada telapak tangan terlebih dahulu untuk menghangatkannya, lalu pakai pada keseluruhan bagian rambut Anda.
  • Berhati-hatilah saat mengusap ke seluruh bagian rambut. Periksalah bahwa Anda sudah menyebarkannya ke seluruh rambut. Kebanyakan pria mungkin akan lebih banyak fokus pada satu tempat dan tidak menyebarkannya dengan baik.
  • Jangan takut bereksperimen. Bersenang-senanglah dengan produk perawatan rambut Anda. Gunakan berbagai macam produk bergantian untuk menentukan mana yang lebih sesuai. Asalkan, Anda selalu membersihkannya dengan cermat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan rambut dan kulit kepala.

Jadi, jangan ragu untuk memilih dan menggunakan produk perawatan rambut pria yang Anda sukai. Ketika Anda sudah siap untuk menggunakannya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan menggunakan sampo secara rutin atau bahkan kondisioner.

Namun, apabila pomade, wax, atau gel menimbulkan gangguan, seperti rambut rontok, kulit kepala gatal, dan ketombe, sebaiknya hentikan penggunaannya. Bila perlu, konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk menentukan perawatan rambut yang sesuai kondisi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Griffin, R., & Gardner, S. (2013). Men’s Hair Products: What You Really Need. WebMD. Retrieved 6 January 2017, from https://www.webmd.com/men/features/men-hair-products

Gel Vs Pomade Vs Wax – Which Is Best for Your Hair Style?. Florida Academy. (2020). Retrieved 24 May 2021, from https://florida-academy.edu/gel-vs-pomade-vs-wax-which-is-best-for-your-hair-style/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Perdana Diperbarui 21/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x