Benarkah Udara Kotor Bisa Bikin Susah Tidur?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dampak buruk yang disebabkan oleh udara kotor pada kesehatan tubuh sudah banyak diketahui. Selain meningkatkan risiko penyakit pernapasan seperti infeksi paru-paru dan asma, katanya udara kotor juga bisa bikin Anda susah tidur. Benarkah demikian? Seperti apa pengaruhnya bagi pola tidur sehari-hari?

Benarkah udara kotor bikin susah tidur?

penataan kamar

Manusia membutuhkan istirahat tidur yang cukup setiap harinya. Tidak hanya bertujuan mengembalikan energi untuk esok hari, tubuh akan mengeluarkan hormon sitokin yang dapat memerangi peradangan dan infeksi ketika tidur sehingga sistem kekebalan tubuh Anda terlindungi.

Kurang tidur tentu akan mengganggu konsentrasi Anda saat menjalani aktivitas. Anda juga akan dihantui dengan meningkatnya risiko terhadap berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan sleep apnea.

Oleh sebab itu, meminimalisasi hal-hal yang dapat membuat tidur Anda terganggu penting dilakukan. Perubahan pola hidup seperti tidur lebih awal juga perlu dibarengi dengan menjaga kebersihan di sekitar Anda. Hal ini penting karena keadaan lingkungan akan berpengaruh terhadap kualitas udara.

Ditambah lagi, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Washington telah menemukan adanya hubungan antara udara yang kotor dengan rentannya gangguan tidur pada banyak orang.

Dr. Martha E. Billings, seorang asisten profesor di fakultas kedokteran yang juga memimpin penelitian tersebut mengatakan, udara yang kotor memang berdampak pada fungsi pernapasan, tetapi informasi mengenai pengaruhnya untuk tidur masih sangat sedikit.

Dalam penelitian yang dilaksanakan dengan 1.863 peserta, peneliti menginvestigasi pengaruh dari dua jenis polutan paling umum yaitu nitrogen dioxide (NO2) dan PM2.5. Kedua partikel ini akan sangat membahayakan tubuh jika terhirup dan terserap dalam paru-paru. Peneliti juga melihat estimasi tingkat polusi udara yang ada pada rumah setiap peserta selama sekitar 5 tahun.

Setiap peserta mendapatkan gelang actigraph yang akan dipakai untuk merekam setiap gerakan sekaligus memberi gambaran pada pola tidur selama lebih dari seminggu.

Hasilnya, peserta yang terpapar partikel NO2 memiliki risiko untuk mengalami kesulitan tidur sebanyak 60% lebih tinggi. Sedangkan, risiko pada peserta yang terpapar udara kotor dengan tingkat PM2.5 tinggi adalah 50% lebih besar.

Walau belum dibuktikan secara jelas akan faktor sebab-akibatnya, penemuan ini tetap menunjukkan bahwa udara yang kotor tidak hanya berpengaruh pada kesehatan paru-paru dan jantung, tapi juga kualitas tidur Anda.

Bagaimana cara agar lingkungan terbebas dari udara kotor?

tanaman untuk kamar

Memperbaiki kualitas udara di dalam rumah Anda harus dilakukan jika tidak ingin terkena polusi yang bisa membuat Anda sulit tidur. Berikut adalah berbagai cara yang dapat Anda coba.

Rutin bersih-bersih rumah

Bersih-bersih rumah tidak cukup hanya dengan merapikan barang-barang atau menyapu dan mengepel lantai. Bersihkan juga debu-debu di sela-sela furnitur Anda, karena menumpuknya debu dapat berakibat pada udara yang kotor. Untuk mempermudah, gunakan bantuan alat vacuum cleaner. Ganti dan cuci benda-benda yang sering terkena alergen seperti karpet, sprei, dan sarung bantal secara berkala.

Memilih produk pembersih rumah yang tepat

Tahukah Anda, ternyata produk pembersih yang Anda gunakan juga dapat membuat udara di dalam rumah jadi kotor. Beberapa produk dengan klorin dan amonia juga mengandung contain volatile compounds (VOC) yang dapat menguap ke udara dan menjadi gas yang berbahaya jika dihirup terlalu sering. Sebaiknya, pilih produk yang tidak memiliki kandungan VOC.

Gunakan air purifier

Air purifier atau pemurni udara berfungsi untuk menangkap virus dan bakteri penyebab penyakit di udara. Selain itu, air purifier juga dapat menghilangkan bau tak sedap dan mengurangi kemunculan jamur di dalam ruangan.

Ventilasi udara yang cukup

Buka jendela pada rumah Anda untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam ruangan. Jika khawatir akan polusi dari luar, gunakan ventilasi untuk menyaring udara dari partikel-partikel berbahaya. Dapur juga terkadang menjadi sumber udara kotor di dalam rumah, Anda dapat memasang exhaust fan untuk mengatasinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bahayakah Tidur dengan Rambut Basah?

Sering tidur dengan kondisi rambut masih basah? Kebiasaan tersebut ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 27 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Sering Susah Tidur? Ini Cara Cepat Tidur Dalam Satu Menit

Sudah lelah dan besok harus bangun pagi, tapi tetap tidak bisa tidur. Tenang, coba dulu cara cepat tidur dengan teknik ini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Sering Mengigau Saat Tidur Bisa Jadi Tanda Penyakit Demensia

Apakah Anda sering mengigau saat tidur? Atau memperagakan mimpi Anda ketika tidur? Hati-hati, bisa saja itu pertanda Anda mengalami gangguan otak ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 20 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengulik Sleep Texting, Gangguan yang Bikin Anda Berkirim Pesan Saat Tidur

Berkirim pesan ternyata bisa dilakukan saat Anda sedang tertidur, lho. Disebut dengan istilah sleep texting, simak penjelasannya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 23 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk yang kurang tidur

Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
tanda kurang tidur

6 Tanda Bahwa Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Penyebab Anda Mengalami Mimpi Buruk

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Polusi dapat Meningkatkan Risiko Gejala Berat COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit