Tips Tidur Nyenyak untuk Melawan Cuaca yang Terlalu Dingin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15/03/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mendapatkan tidur yang berkualitas sangat penting bagi semua orang. Namun, cuaca yang tak menentu dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas waktu istirahat Anda. Tak hanya saat suhu naik atau panas, tidur juga dapat terganggu saat cuaca terlalu dingin. Lalu bagaimana cara agar tidur nyenyak saat kedinginan?

Berapa temperatur ruangan yang baik untuk tidur?

Ketika cuaca panas, tidur menjadi sangat menantang karena suhu tubuh sebenarnya perlu menurun agar Anda bisa tertidur. Namun di sisi lain, Anda juga akan sulit tidur nyenyak saat kedinginan.

“Jadi apakah cuaca dingin membuat kita lebih mudah mengantuk? Belum tentu – berada dalam situasi yang tidak nyaman karena dingin dapat menjadi hambatan juga,” ujar ahli tidur Dr. Sophie Bostock.

“Suhu optimal untuk tidur adalah sekitar 18 derajat celcius, lebih dingin dari suhu kamar pada umumnya. Ini berarti seringkali lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang baik di musim dingin daripada musim panas yang lembap.”

Craig Heller, PhD, profesor biologi di Stanford University dan Ralph Downey III, PhD, Chief of Sleep Medicine di Loma Linda University mengatakan, “merekomendasikan berapa temperatur secara spesifik itu sulit karena suhu ruangan yang nyaman untuk setiap orang berbeda-beda.”

Sementara, pada umumnya rekomendasi suhu ruangan berada diantara 18 hingga 22 derajat celcius, Heller menyarankan untuk mengatur temperatur pada tingkat yang nyaman, artinya berapa pun asalkan nyaman untuk Anda.

Cara tidur nyenyak saat kedinginan

Agar kualitas tidur Anda tetap terjaga meski cuaca atau suhu terlalu dingin, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Buat tempat tidur jadi lebih hangat dan mengundang

Tambah selimut di tempat tidur Anda karena beberapa lapis selimut lebih baik daripada hanya satu selimut tebal. Dengan cara ini, Anda dapat tidur nyenyak saat kedinginan namun bisa menyingkirkan satu atau dua lapis ketika kepanasan sesuai kenyamanan.

2. Hangatkan tubuh sebelum tidur

Jika mudah merasa kedinginan, menghangatkan tubuh sebelum pergi tidur dapat membantu Anda tidur nyenyak di cuaca dingin. Kenakan busana tidur seperti piama dan gunakan secara berlapis. Memakai pakaian yang berlapis tidak hanya menyimpan suhu tubuh, tapi sama halnya seperti selimut, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan suhu ketika merasa telalu hangat.

Untuk meningkatkan suhu di pusat tubuh, minumlah air atau teh hangat yang ditambahkan lemon atau madu sebelum tidur. Pastikan minuman ini bebas dari kafein atau Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur. Lalu, mandi atau berendam air hangat dan olahraga ringan, seperti peregangan juga merupakan cara dan dapat membantu tidur nyenyak di cuaca dingin.

3. Melembapkan udara kering

Udara kering saat cuaca dingin dapat berdampak negatif pada tidur yang menyebabkan ngorok, batuk atau membuat Anda terbangun disebabkan gatal tenggorokan, mimisan atau keram pada otot.

Terdapat beberapa cara untuk melembapkan udara dalam ruangan. Cara paling mudah yaitu dengan menggunakan humidifier atau steamer (alat pelembap udara atau pembuat uap).

4. Periksa kondisi kasur

Kasur memiliki masa penggunaan sekitar 8-10 tahun, dan apabila sudah lebih dari umunya akan menjadi kurang nyaman digunakan. Periksa kasur Anda untuk melihat apakah sudah kendur, padat, berbunyi, atau sudah tidak empuk lagi. Tanda-tanda ini menunjukan bahwa sudah waktunya Anda mengganti kasur agar tidur nyenyak saat kedinginan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Atasi Susah Tidur Akibat Stres Selama Pandemi COVID-19 dengan 4 Cara Ini

Banyak orang yang mulai mengeluhkan susah tidur, terutama selama pandemi COVID-19 terjadi. Apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020 . Waktu baca 7 menit

Jangan Asal Pilih, Begini Cara Menentukan Terapis Seks yang Cocok untuk Anda

Terapis seks hadir untuk Anda yang membutuhkan saran tentang persoalan hubungan intim yang mungkin sulit dikomunikasikan. Bagaimana memilih terapis seks?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/04/2020 . Waktu baca 6 menit

3 Cara Jitu Mencegah Mimpi Basah Saat Puasa

Baik laki-laki remaja maupun pria dewasa sama-sama bisa mengalami mimpi basah. Lantas, adakah cara untuk mencegah mimpi basah saat puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 24/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Seseorang yang intoleransi laktosa umumnya akan mengalami gangguan pencernaan sesudah mengonsumsi produk susu. Berikut cara aman menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 24/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mencium bau hujan

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan poliamori

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Tidur nyenyak perjalanan jauh

Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan Jarak Jauh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit
pengaruh tbc pada ibu hamil

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit