home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Begini Cara Menghilangkan Efek Kopi Agar Bisa Tidur Malam Hari

Begini Cara Menghilangkan Efek Kopi Agar Bisa Tidur Malam Hari

Memiliki kualitas tidur yang baik setiap hari sangat penting, namun terkadang Anda tidak menyadari kebiasaan tertentu membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Salah satunya adalah kebiasaan minum kopi pada sore atau malam hari. Secangkir kopi memang terasa nikmat, apalagi saat Anda merasa mengantuk. Akan tetapi, efek minum kopi pada waktu yang tidak tepat bisa mengganggu tidur Anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkap mengenai cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur berikut ini.

Efek yang terjadi pada tubuh setelah minum kopi

anemia minum kopi

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur, Anda perlu mengetahui apa efek yang diberikan kopi pada tubuh. Pada dasarnya, kopi bisa memberikan efek positif maupun negatif terhadap tubuh. Namun, berikut adalah beberapa efek yang memengaruhi tidur Anda jika minum kopi pada sore atau malam hari:

1. Membuat Anda tetap terjaga

Saat Anda harus begadang atau terjaga sepanjang malam, kopi sebenarnya adalah salah satu minuman yang bisa Anda konsumsi. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat Anda. Sayangnya, mengonsumsi kopi pada malam hari sebenarnya kurang baik untuk tubuh.

Ya, kopi memang bisa meningkatkan fungsi kognitif, khususnya saat Anda kelelahan. Namun, minuman ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur yang membuat Anda kehilangan banyak jam tidur. Jika tidak ingin mengalaminya, Anda perlu mencari cara untuk menghilangkan efek kopi agar bisa tidur.

2. Menyebabkan insomnia

Pada tingkatan yang sudah parah, terlalu banyak minum kopi pada sore atau malam hari juga bisa menyebabkan Anda insomnia. Kondisi ini bukan hanya sekedar membuat Anda terjaga pada malam hari saja. Akan tetapi, Anda akan kesulitan tidur walau sudah lelah dan mengantuk. Bahkan, Anda mungkin sering terbangun tengah malam.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi terlalu banyak kafein agar tetap terjaga pada malam hari juga dapat mengurangi jam tidur dan kualitas tidur yang menurun. Anda juga bisa mengalami berbagai gangguan mental yang muncul akibat kurang tidur, misalnya gangguan kecemasan dan stres.

Oleh sebab itu, agar tidak mengalami gangguan tidur, Anda perlu mencari tahu cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur dengan terlelap pada malam hari.

Berapa lama efek kopi bertahan pada tubuh?

minum minuman panas saat sakit gigi

Sebenarnya, tidak ada salahnya minum kopi. Namun, meski kopi terasa nikmat, Anda perlu memerhatikan aturan minum kopi agar tidak mengganggu tidur. Anda perlu mempertimbangkan waktu terbaik untuk minum kopi, karena kadar kafein yang terlalu banyak di dalamnya.

Anda mungkin tidak perlu repot-repot mencari cara untuk menghilangkan efek kopi agar bisa tidur jika mengonsumsinya pada waktu yang tepat. Hal ini dikarenakan efek kafein untuk menghilangkan rasa kantuk hanya bertahan kurang lebih empat jam saja.

Ini artinya, apabila tidur pukul sembilan atau sepuluh malam, Anda masih boleh minum kopi hingga jam lima sore dan tidak akan mengganggu tidur. Meski begitu, ada pula beberapa orang yang merasakan efek kafein lebih lama karena tubuhnya membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk mencerna kafein. Pada situasi ini, orang tersebut perlu menghindari kopi pada sore atau malam hari.

Cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur nyenyak

Agar bisa tidur lebih nyenyak, Anda perlu mengikuti beberapa cara berikut demi menghilangkan efek kopi, yaitu:

1. Minum kopi pada pagi atau siang hari

Jika Anda memang pecinta kopi atau butuh minum kopi untuk menambah energi dan meningkatkan konsentrasi, minumlah kopi pada pagi atau siang hari. Manfaat positif yang Anda dapatkan dari kopi bisa bertahan kurang lebih empat jam. Ini artinya, minum kopi pada waktu tersebut tidak akan mengganggu tidur Anda pada malam hari.

Usahakan untuk minum kopi setidak-tidaknya 8-10 jam sebelum tidur malam. Cara ini tentu tidak perlu membuat Anda repot-repot menghilangkan efek kopi agar bisa tidur. Pasalnya, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Alhasil, meski minum kopi, Anda tetap bisa tidur nyenyak pada malam hari.

2. Memperbanyak minum air

Jika Anda mengonsumsi kopi, cara terbaik untuk menghilangkan efek dari minuman ini agar bisa tidur pada malam hari adalah memperbanyak asupan air mineral. Pasalnya, menurut Sleep Advisor, efek dari kopi akan semakin meningkat jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Oleh sebab itu, Anda perlu minum air demi mencegah dehidrasi dan mengurangi efek dari kopi. Tak hanya itu, minum air dalam jumlah banyak juga mempercepat proses keluarnya cairan ini dari dalam tubuh. Dengan begitu, efek dari minuman ini juga cepat menghilang.

3. Membatasi jumlah kopi yang Anda konsumsi

Memang benar bahwa tidak ada salahnya minum kopi selama waktunya tepat. Namun, ternyata bukan waktu mengonsumsinya saja yang perlu menjadi perhatian Anda. Saat minum minuman berkafein ini, Anda juga perlu tahu kemampuan tubuh terhadap kopi.

Ini artinya, Anda perlu memahami seberapa banyak jumlah kopi yang sebaiknya Anda kopi dalam sehari. Pasalnya, semakin banyak kopi yang dikonsumsi, akan semakin sulit menghilangan efek minuman ini dalam tubuh, sehingga Anda akan semakin sulit tidur.

4. Memperbanyak olahraga

Olahraga memang memberikan banyak dampak kesehatan untuk tubuh. Salah satunya, kegiatan ini bisa menjadi cara untuk menghilangkan efek kopi agar bisa tidur. Bagaimana bisa? Saat tubuh Anda bergerak, proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih cepat.

Hal ini membuat proses metabolisme kopi dalam tubuh semakin cepat. Alhasil, efek dari minuman berkafein ini pun lebih cepat menghilang. Dengan begitu, tubuh menjadi semakin sehat dan Anda tetap bisa tidur pulas pada malam hari meski minum kopi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Caffeine and Sleep. Retrieved 6 April 2021, from https://www.sleepfoundation.org/nutrition/caffeine-and-sleep

Sleep and Caffeine: Can They Co-Exist? Retrieved 6 April 2021, from https://www.sleepadvisor.org/caffeine-and-sleep/

Sleep and Caffeine. Retrieved 6 April 2021, from http://sleepeducation.org/news/2013/08/01/sleep-and-caffeine

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 03/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri