Bolehkah Tidur Siang Berkali-kali Dalam Sehari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika weekend atau libur panjang tiba, beberapa orang mengisinya bukan dengan jalan-jalan, melainkan tidur siang seharian. Tak jarang, tidur siang yang dilakukan berkali-kali, bukan hanya dalam satu waktu yang lama. Pertanyaannya, memangnya boleh tidur siang berulang-ulang dalam satu hari?

Bolehkah tidur siang berkali-kali dalam sehari?

aromaterapi untuk tidur nyenyak

Saking tidak tahu ingin melakukan kegiatan apa, Anda bisa saja tidur siang berkali-kali dalam sehari, bahkan sebelum waktu makan siang tiba. Misalnya mulai dari jam 11 sampai 12 siang, kemudian bangun untuk makan siang dan menonton TV.

Setelah makan siang, ditambah lagi tidak ada kesibukan apa pun yang harus dilakukan, membuat Anda mengantuk dan ingin tidur siang kembali. Alhasil, Anda kemudian memejamkan mata dan malah kebablasan sampai sore.

Anda mungkin akan terbangun untuk mandi atau berleyeh-leyeh sejenak, dan tanpa sengaja tidur kembali sampai petang. Nah, pola tidur seperti ini sebenarnya boleh atau tidak untuk dilakukan?

Pada dasarnya, tidur siang dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh. Di samping membuat Anda merasa lebih segar saat bangun nantinya, tidur siang juga membantu meningkatkan kinerja tubuh dan meningkatkan fokus.

Bahkan, suasana hati (mood) bisa membaik, sekaligus mengurangi kelelahan pada tubuh. Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan satu catatan, yakni tidur siang yang Anda jalani berada dalam waktu optimalnya.

Sebaliknya, ketika waktu tidur siang Anda terlalu lama, atau hingga berkali-kali selama seharian, justru bisa mengurangi keefektifan istirahat siang itu sendiri. Agar lebih optimal, Anda perlu tahu berapa lama waktu ideal untuk tidur siang.

Melansir dari National Sleep Foundation, waktu tidur siang yang baik bukan terlalu lama atau bahkan sampai berkali-kali, melainkan cukup selama 20-30 menit saja sehari. Sebenarnya durasi atau lama waktu tidur siang bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Namun, semakin singkat waktu tidur siang yang Anda dapatkan, diyakini bisa membuat tubuh semakin segar setelahnya. Ini dikenal dengan nama power nap.

Apa akibatnya jika tidur siang berkali-kali dalam sehari?

tidur setelah bangun malam

Meski tidur siang terbukti membawa manfaat yang baik, tapi Anda tidak dianjurkan untuk tidur siang terlalu lama atau sampai berkali-kali seharian. Kelamaan tidur siang, atau dalam frekuensi yang banyak selama satu hari, berisiko menimbulkan efek samping yang kurang baik.

Terlebih jika kebiasaan ini sering sekali Anda lakukan. Jika dilakukan terlalu lama, misalnya lebih dari satu jam, dapat membuat Anda mengalami inersia tidur. Inersia tidur adalah perasaan canggung, grogi, dan tidak nyaman setelah terbangun dari tidur nyenyak.

Kondisi ini dapat terjadi usai Anda bangun dari tidur siang yang terlalu lama. Bukan hanya itu, tidur siang berkali-kali juga akan membuat Anda susah tidur di malam hari.

Bagi Anda yang mengalami insomnia, tidur siang yang terlalu lama tentu dapat memperburuk waktu tidur malam Anda. Lebih dari itu, sebuah penelitian dalam Sleep Research Society menemukan bahwa waktu tidur siang yang terlalu ada kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Secara rincinya, penelitian tersebut mendapatkan hasil, tidur siang lebih dari 1 jam dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung. Namun selain kebiasaan tidur, faktor lain seperti usia seseorang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan juga turut andil sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, usahakan untuk tidur siang secukupnya dan tidak berlebih guna mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapankah Anak Akan Berhenti Tidur Siang?

Tidur siang memang penting bagi anak. Namun, seiring waktu anak akan berhenti tidur di siang hari. Namun, kapan perubahan ini terjadi? Berikut jawabannya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 20/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Malam Begadang, Bolehkah ‘Balas Dendam’ Bayar Utang Tidur di Siang Hari?

Begadang di malam hari atau insomnia membuat Anda tidak cukup tidur. Lantas, bolehkah membayar utang tidur karena begadang di malam hari dengan tidur siang?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 12/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Agar Manfaatnya Optimal, Tidur Siang Juga Ada Aturannya, Lho!

Tidur siang memiliki manfaat untuk semua orang, termasuk orang dewasa. Namun, manfaat ini akan bisa didapatkan jika Anda tahu cara tidur siang yang baik.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Fakta Unik 11/11/2018 . Waktu baca 3 menit

4 Trik Jitu Supaya Anak Mau Tidur Siang

Tidur siang membantu proses tumbuh kembang anak berjalan baik. Namun kalau susah sekali membujuk anak tidur siang, apa lagi yang bisa diperbuat orangtua?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Parenting, Tips Parenting 22/08/2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu power nap

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Mengubah pola tidur

Kiat Jitu Menyesuaikan Waktu Tidur Dengan Perubahan Jadwal Kerja yang Baru

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit
ngantuk saat puasa

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020 . Waktu baca 5 menit
tidur siang tekanan darah

Tidur Siang Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/02/2020 . Waktu baca 5 menit