Selain Mineral, Apakah Air Putih Juga Mengandung Vitamin? Ini Faktanya!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh kandungan mineral tertentu seperti fluoride, besi, kalium, dan natrium di beberapa jenis air putih. Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah juga ada vitamin di dalam kandungan air putih? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Apakah ada vitamin dalam kandungan air putih?

kandungan air putih

Ada banyak manfaat yang bisa Anda raih jika rajin minum air putih. Bukan cuma mencegah dehidrasi, manfaat air putih juga dapat membantu melancarkan aliran nutrisi di dalam tubuh sekaligus menurunkan berat badan.

Hal ini tentu berasal dari kandungan air putih itu sendiri. Dilansir dari Very Well Fit, air putih tidak mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, serat, dan gula. Namun, ada kandungan natrium dan kalium dalam air putih meski jumlahnya sangat sedikit, yaitu 7 miligram (mg) natrium dan 2,37 mg kalium.

Natrium dan kalium termasuk ke dalam jenis mineral. Lantas, bila ada mineral dalam kandungan air putih, apakah air putih juga mengandung vitamin?

Sayangnya tidak, di dalam segelas air putih yang sehari-hari Anda minum ternyata tidak memiliki vitamin sama sekali. Entah itu vitamin A maupun vitamin C.

Namun jangan cemas dulu, air putih ini dapat membantu penyerapan vitamin lebih maksimal di dalam tubuh, lho! Khususnya vitamin B dan vitamin C yang termasuk vitamin larut air.

Jadi, ini bukan berarti minum air putih menjadi hal yang sia-sia bagi kesehatan Anda. Walaupun tidak mengandung vitamin, air putih tetap dapat membantu menyerap dan mengedarkan vitamin dalam tubuh secara lebih maksimal.

Bagaimana dengan air putih bervitamin?

menghilangkan stres minum air putih

Memang, air putih yang masih murni tidak mengandung vitamin jenis apa pun. Meski begitu, sekarang ini sudah banyak air minum dalam kemasan yang diklaim mengandung vitamin di dalamnya.

Ini artinya, air putih yang masih murni tadi sudah ditambahkan dengan beberapa vitamin maupun mineral untuk menambah nilai gizinya. Biasanya, proses ini menyebabkan air putih yang semula bening berubah menjadi warna-warni, meskipun ada pula yang warnanya tetap jernih.

Walaupun kandungan vitaminnya lebih tinggi, air putih bervitamin ternyata tidak selalu baik untuk kesehatan. Pasalnya, air putih bervitamin umumnya mengandung tinggi gula dan lemak yang dapat memicu obesitas.

Itulah kenapa, air putih tetaplah menjadi minuman terbaik untuk kesehatan. Maka itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 8 gelas air putih setiap hari, ya!

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca