Ukuran Penis Ternyata Bisa Ditebak Lewat Jari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering dengar berbagai mitos soal ukuran penis. Ada yang bilang panjang penis laki-laki bisa dilihat dari ukuran sepatunya. Anda juga mungkin pernah dengar kalau orang yang badannya tinggi punya penis berukuran cukup besar. Akan tetapi, belum ada bukti ilmiah yang sah untuk membuktikan mitos-mitos tersebut. Sementara itu, menurut sejumlah penelitian terbaru ternyata ukuran penis bisa ditebak dari panjang jari seseorang. Benarkah demikian? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana ukuran penis bisa ditebak lewat jari?

Sejak lama, para peneliti telah mempelajari hubungan antara ukuran penis dan panjang jari seseorang. Namun, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang hasilnya sangat meyakinkan. Dalam penelitian yang dimuat dalam Asian Journal of Andrology tersebut, ditemukan bahwa memang ada hubungan antara panjang jari seseorang, dengan panjang penisnya.

Namun, berbeda dengan asumsi kebanyakan orang, bukan panjang jari yang harus diukur, melainkan selisih antara panjang jari telunjuk dengan panjang jari manis. Menurut penelitian ini, semakin besar perbedaan antara panjang telunjuk dan jari manis Anda di tangan kanan, semakin panjang pula ukuran penis Anda.

Penelitian oleh para ahli di Korea Selatan tersebut melibatkan 144 orang peserta. Dari 144 orang tersebut, para peneliti mengukur panjang penis rata-rata, yaitu 7,7 sentimeter. Sementara rata-rata selisih panjang telunjuk dan jari manis para peserta yaitu antara 3-12 milimeter. Memang sulit untuk menentukan seberapa besar selisih panjang telunjuk dan jari manis seseorang dalam sekejap mata. Namun, kalau ternyata telunjuk Anda lebih pendek dari jari manis, atau justru sebaliknya, semakin panjang selisihnya maka semakin besar kemungkinan penis Anda cukup panjang.

Apa hubungannya ukuran penis dengan jari seseorang?

Hingga saat ini, para peneliti masih terus menyelidiki bagaimana panjang penis bisa berkaitan dengan selisih panjang jari seseorang. Dugaan terkuat yang dipercaya para ahli adalah seberapa banyak paparan hormon testosteron yang didapat janin dalam kandungan. Selain menentukan ukuran penis ketika Anda masih berada dalam rahim, hormon testosteron juga diketahui memengaruhi bentuk tubuh pria, mulai dari wajah hingga tangan.

Orang yang memiliki kadar hormon testosteronnya tinggi cenderung memiliki fitur wajah yang maskulin seperti bentuk rahang persegi. Dari situlah para ahli mengambil kesimpulan bahwa hormon testosteron juga memengaruhi panjang jari-jari seseorang sejak dalam kandungan. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat hubungan langsung antara ukuran penis dan selisih panjang jari seseorang.

Panjang jari juga berhubungan dengan risiko penyakit

Bagi Anda yang panjang telunjuk dan jari manisnya sama rata atau hanya beda sedikit saja, jangan berkecil hati dulu. Selain melihat hubungan antara ukuran penis dengan selisih jari, penelitian tersebut juga mempelajari risiko penyakit yang mungkin dialami seseorang.

Jika telunjuk dan jari manis Anda sama rata atau nyaris rata, tubuh Anda akan merespon obat antitumor dengan lebih baik. Hal ini tentu berguna bagi orang yang berisiko atau sudah terserang kanker prostat. Pasalnya, kadar testosteron pada orang yang panjang jari-jarinya hampir sama rata cukup rendah. Sementara itu, kadar testosteron yang terlalu tinggi bisa memicu perkembangan kanker prostat.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Di semua anjuran makanan sehat, selalu saja ada sayur di dalamnya. Bagaimana jika Anda tak suka makan sayur? Berikut ini diet tanpa sayur tapi tetap sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Pernahkan Anda mencicipi teh chamomile? Ternyata salah satu teh herbal ini banyak manfaatnya, lho! Simak manfaat teh chamomile bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Penyebab Tubuh Anda Mengeluarkan Kentut

Kentut adalah hal yang normal terjadi. Tapi apa yang jadi penyebab tubuh mengeluarkan kentut? Lalu, kenapa kentut bau dan berbunyi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat bengkoang

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makan timun saat haid

Apa Benar Wanita Tidak Boleh Makan Timun Saat Sedang Haid?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit