Tanda dan Gejala Sinus Preauricular, Infeksi Sakit Telinga yang Diidap Anak Anji Manji

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Infeksi telinga adalah satu dari sekian banyak masalah kesehatan yang menyerang anak-anak. Namun infeksi telinga bisa lebih sering lagi terjadi khususnya pada beberapa anak yang memiliki preauricular pits. Preauricular pits adalah lubang kecil yang ada di depan cuping telinga. Saga Omar Nagata, anak dari Anji Manji, musisi eks-vokalis ‘Drive’, diketahui mengalami sinus preauricular karena lubang tersebut di telinganya telah terinfeksi. Apa saja tanda dan gejala sinus preauricular pada anak?

Kenapa bisa muncul lubang preauricular pada telinga anak?

Sumber: Healthline

Preauricular pits atau lubang preauricular adalah lubang super kecil yang ada di depan telinga, lokasinya mendekati ke arah wajah seperti gambar di atas. Tidak semua orang terlahir memiliki lubang ini pada telinganya.

Lubang preauricular muncul sejak saat lahir, dan dapat mulai terbentuk dalam rahim semenjak dua bulan pertama kehamilan. Ketika anak terlahir memiliki lubang ini, pada awalnya lubang akan berbentuk lekukan kulit dangkal di bagian luar telinga dekat wajah. Seiring tumbuh kembangnya, ceruk preauricular pit akan bertambah dalam sehingga membentuk lubang.

Lubang ini biasanya hanya timbul di salah satu sisi telinga saja. Pada telinga tersebut, mungkin hanya akan ada satu lubang atau justru beberapa lubang kecil di dekat telinga.

Apa tanda dan gejala sinus preauricular pada anak?

Pada kebanyakan kasus, preaucricular pit tidak menyebabkan masalah berarti. Namun sebetulnya, lubang ini terhubung ke sebuah saluran sinus yang abnormal di bawah kulit. Sinus adalah rongga kecil berisi udara di bawah kulit, yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Rongga sempit ini umumnya berpotensi tersumbat sehingga dapat terinfeksi.

Apabila saluran sinus abnormal itu telanjur terinfeksi, kemudian akan muncul tanda dan gejala tertentu pada area preaucricularnya seperti:

  • Bengkak di dalam dan di sekitar lubang telinga.
  • Lubang kecil tersebut mengeluarkan nanah atau cairan aneh.
  • Telinga kemerahan.
  • Demam.
  • Telinga terasa sakit.

Bagaimana mengobatinya?

obat infeksi telinga

Apabila lubang preauricular anak tidak menunjukkan tanda dan gejala apa pun, maka tidak perlu diobati. Namun sebaiknya orangtua tetap waspada, karena lubang preaucricular rentan terinfeksi.

Jika sudah telanjur terinfeksi, bawa anak ke dokter umum atau spesialis THT. Dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik untuk infeksi telinga anak. Pada beberapa kasus, dokter juga yang mungkin akan menguras nanah yang mengumpul di lubang tersebut dengan prosedur bedah kecil. Benjolan infeksi juga mungkin diangkat agar tidak terus-terusan kambuh di kemudian hari.

Terkadang dokter membutuhkan CT scan atau MRI untuk memeriksa kondisi telinga lebih mendalam. Dengan tes ini, dokter juga dapat mengetahui potensi komplikasi yang mungkin terjadi akibat sinus preaucricular lebih cepat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 17, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 9, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca