Hati-hati, Ini yang Terjadi Jika Pakai Lensa Kontak Kedaluwarsa

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan lensa kontak? Lensa kontak bisa menunjang penampilan Anda sekaligus bisa membantu penglihatan Anda (bagi yang punya masalah mata). Namun, sudahkah Anda menggunakan lensa kontak dengan benar? Hati-hati, perhatikan tanggal kedaluwarsa lensa kontak sebelum Anda memakainya. Menggunakan lensa kontak kedaluwarsa mungkin bisa membahayakan mata Anda.

Masa kedaluwarsa pada lensa kontak

Lensa kontak harus digunakan dengan hati-hati, ini bukan perangkat kosmetik biasa. Mengapa? Karena lensa kontak bersentuhan langsung dengan mata Anda. Penggunaan dan penyimpanannya harus diperhatikan dengan baik.

Lensa kontak harus diletakkan dalam wadah kedap udara dan di dalam larutan garam steril. Wadah kedap udara menjaga agar lensa kontak tidak terkontaminasi dengan udara yang mengandung debu, kuman, atau partikel kecil lainnya. Sedangkan, larutan garam steril dapat menjaga agar lensa kontak selalu terhidrasi sehingga tidak kering. Lensa kontak yang sudah agak kering mungkin dapat membuat mata Anda sakit atau iritasi saat menggunakannya.

Untuk menjaga keamanan pemakaian lensa kontak biasanya juga tercantum tanggal kedaluwarsa di setiap kemasan lensa kontak. Tanggal kedaluwarsa merupakan batas aman sampai kapan lensa kontak tersebut dapat dipakai tanpa membahayakan mata Anda. Jika lensa kontak yang Anda miliki sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, sebaiknya dibuang dan jangan dipakai lagi.

Mengapa ada tanggal kedaluwarsa? Walaupun lensa kontak sudah disimpan dalam keadaan baik, namun penyimpanan yang lama mungkin dapat membuat larutan garam steril terkontaminasi dan merusak lensa kontak. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka setiap lensa kontak pasti memiliki tanggal kedaluwarsa.

Biasanya masa kedaluwarsa lensa kontak sejak diproduksi dan dikemas adalah selama 1 tahun dan paling lama bisa mencapai 4 tahun. Tanggal kedaluwarsa pada lensa kontak biasanya tercantum dalam format bulan dan tahun.

Apa yang terjadi jika menggunakan lensa kontak kedaluwarsa?

Lensa kontak yang sudah kedaluwarsa memungkinkan kontaminasi bakteri dan jamur di dalam larutan garam steril. Hal ini membuat lensa kontak yang akan Anda pakai di mata Anda dilapisi dengan berbagai debu atau partikel kecil lainnya. Akibatnya, lensa kontak menjadi tidak nyaman dipakai dan parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Penelitian yang diterbitkan oleh The South African Optometrist tahun 2008 menemukan bahwa lensa kontak kedaluwarsa mengalami kontaminasi. Penelitian ini diperkuat oleh penelitian dari American Academy of Ophthalmology dan American Optometric Association. Penelitian ini menyebutkan bahwa lensa kontak kedaluwarsa dapat menjadi lebih asam atau lebih basa. Ini terjadi karena adanya perubahan ph pada larutan garam steril. Akibatnya, lensa kontak tidak nyaman saat dipakai, dapat menyebabkan iritasi mata, bahkan menyebabkan kerusakan mata.

Tips tetap aman memakai lensa kontak

  • Baca aturan pakai dan informasi penting pada kemasan lensa kontak
  • Jangan berbagi lensa kontak dengan orang lain
  • Gunakan obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter mata Anda
  • Jika mata Anda merah, sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak pada waktu tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan kacamata.
  • Jangan pernah menggosok mata Anda saat Anda menggunakan lensa kontak
  • Lepaskan lensa kontak dari mata Anda sebelum berenang atau sebelum mandi air panas.
  • Jangan menggunakan lensa kontak di mata yang salah karena kekuatan lensa antar lensa kontak mungkin berbeda pada setiap mata.
  • Pakai lensa kontak sebelum menggunakan makeup. Dan, lepaskan lensa kontak dengan perlahan sebelum Anda menghapus makeup.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan keringkan sebelum Anda menggunakan atau melepaskan lensa kontak dari mata Anda.
  • Jika lensa kontak rusak atau robek, sebaiknya buang dan tidak memakainya.
  • Jangan pernah mengeringkan lensa kontak Anda. Jika lensa kontak Anda mengering, sebaiknya buang dan jangan menggunakannya.
  • Jangan menggunakan lensa kontak kedaluwarsa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mata Merah dan Berair: Gejala Coronavirus COVID-19 yang Jarang Diketahui

Baru-baru ini terdengar kabar bahwa mata merah merupakan indikasi dari gejala coronavirus COVID-19. Benarkah demikian? Simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 12/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Bolehkah Kita Menggunakan Cairan Softlens Sebagai Tetes Mata?

Pemakaian softlens alias harus diringi tetes mata secara rutin. Namun, saat Anda lupa membawa tetes mata, bisakah cairan softlens menjadi penggantinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 02/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Mungkinkah Lensa Kontak (Softlens) Bergerak ke Belakang Bola Mata?

Softlens normalnya terpasang di bagian depan bola mata, tepatnya di lingkaran hitam. Adakah kemungkinan softlens bisa masuk ke belakang mata saat dipakai?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 20/02/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Ada banyak faktor penyebab bengkak pada kelopak mata. Oleh sebab itu, cara mengatasi kelopak mata yang bengkak perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . Waktu baca 4 menit
pusing pakai kacamata baru

Merasa Pusing Saat Pakai Kacamata Baru, Normal atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . Waktu baca 4 menit