Penjelasan Tentang Munculnya Lebam Pada Tubuh Orang yang Meninggal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Lebam adalah respons alamiah yang muncul saat tubuh terbentur. Benturan menyebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler. Darah yang keluar dari pembuluh lalu terjebak di bawah kulit dan menimbulkan warna kehitaman. Meski wajar dialami oleh setiap orang, lebam ternyata juga dapat muncul setelah seseorang meninggal.

Mengingat penyebabnya adalah trauma pada tubuh, lebam pada orang yang meninggal terkadang dikaitkan dengan kasus kematian yang tidak wajar. Lantas, benarkah lebam dapat menandakan penyebab kematian yang tidak seharusnya?

Mengapa lebam muncul setelah seseorang meninggal?

luka memar

Munculnya lebam pada tubuh orang yang sudah meninggal dikenal sebagai livor mortis atau hypostasis. Secara medis, kondisi ini sebenarnya merupakan perubahan warna kulit akibat terhentinya aliran darah setelah seseorang meninggal dunia.

Seumur hidup, jantung terus memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh jaringan tubuh. Darah kemudian dipompa kembali ke jantung dan begitu seterusnya sehingga tidak ada darah yang menumpuk pada bagian tubuh mana pun.

Begitu seseorang meninggal, jantung berhenti berfungsi. Darah akhirnya terbawa gravitasi ke bagian tubuh yang paling bawah. Jika jasad terus berada dalam posisi berbaring, darah akan terkumpul pada punggung, pinggang, bokong, dan kaki.

Darah yang terkumpul setelah seseorang meninggal menimbulkan kesan seperti lebam. Namun, ini tidak sama seperti lebam yang disebabkan oleh benturan. Noda keunguan yang muncul akibat turunnya aliran darah disebut lividitas.

Apakah lebam pada orang yang sudah meninggal selalu wajar?

setelah meninggal

Darah yang tidak lagi dipompa oleh jantung secara alamiah akan mengalir ke bagian tubuh yang terbawah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bagian tubuh yang paling bawah tergantung dari posisi orang yang bersangkutan ketika meninggal dunia.

Jika seseorang meninggal dalam posisi berbaring, lividitas akan terjadi pada sepanjang punggung hingga kaki. Di sisi lain, orang yang meninggal akibat gantung diri misalnya, dapat menunjukkan lividitas pada kaki, ujung jari, dan daun telinga.

Lebam setelah seseorang meninggal bisa disebut normal bila terdapat di bagian tubuh yang wajar. Lebam pada bagian tubuh yang lain bisa saja menandakan bahwa jasad sudah dipindahkan atau ada faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Faktor lain yang menyebabkan munculnya lebam

cara mengatasi luka bakar

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan munculnya lebam pada tubuh orang yang sudah meninggal. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Pathology dan sumber lainnya, faktor-faktornya adalah sebagai berikut:

1.  Usia orang yang meninggal

Lebam lebih mudah muncul bila orang yang meninggal adalah anak-anak atau lansia. Pasalnya, mereka memiliki kulit yang lembut dan tipis. Lansia juga memiliki kulit yang tak lagi kencang serta pembuluh darah yang tidak lagi sehat sehingga lebam lebih lama sembuh.

2. Pukulan benda tumpul

Lebam yang muncul setelah seseorang meninggal dapat berasal dari pukulan benda tumpul. Biasanya, pukulan benda tumpul akan menimbulkan lebam berbentuk silindris panjang. Lebam mungkin juga tampak pada bagian tubuh yang tidak wajar.

3. Penyakit tertentu

Penyakit yang diderita seseorang semasa hidupnya dapat menjadi penyebab lebam saat ia meninggal. Penyakit ini biasanya berkaitan dengan sirkulasi darah dan jaringan ikat, seperti hipertensi, penyakit jantung, gangguan produksi kolagen, dan sebagainya.

4. Racun yang masuk ke tubuh

Warna kulit bisa menjadi petunjuk dari zat asing atau racun yang masuk ke dalam tubuh sebelum seseorang meninggal. Sebagai contoh, karbon monoksida dapat mengubah warna kulit menjadi kemerahan.

Tubuh mengalami banyak perubahan setelah meninggal, termasuk menunjukkan warna yang menyerupai lebam. Hal ini sepenuhnya wajar, selama lebam muncul pada bagian tubuh yang paling sedikit mendapatkan pasokan darah.

Jika lebam muncul pada bagian tubuh yang tidak biasa, penyelidikan lebih lanjut dapat dilakukan untuk menentukan penyebabnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Thrombophob

Thrombophob adalah obat oles untuk memar. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, keamanan, dan interaksi obat Thrombophob di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 06/02/2019 . 8 mins read

5 Gejala Kerusakan Hati yang Seringnya Tak Disadari

Liver yang bermasalah tak langsung menimbulkan gejala yang parah dan terlihat jelas. Ada banyak gejala liver bermasalah yang cukup samar dan perlu disadari.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 13/12/2018 . 3 mins read

Hematoma (Memar)

Hematoma adalah kondisi yang terjadi karena adanya pembuluh darah yang rusak. Kondisi ini bisa menimbulkan memar. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 30/11/2018 . 7 mins read

Merasa Seperti Zombi, Ini yang Terjadi Pada Orang Dengan Sindrom Mayat Berjalan

Pernahkah Anda mendernga tentang sindrom mayat berjalan? Ya, Sindrom ini bukan hal yang mistis, dalma dunia kesehatan memang ada yang mengalami ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 13/09/2018 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

didi kempot meninggal

Didi Kempot Tutup Usia Diduga Kelelahan, Bagaimana Hingga Jadi Fatal?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . 5 mins read
tahap kesedihan

5 Tahap Kesedihan Setelah Menghadapi Peristiwa Buruk

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 01/02/2020 . 5 mins read
dampak kematian teman

Efek Psikologis yang Muncul Akibat Kematian Seorang Teman Dekat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/10/2019 . 5 mins read
membaik sebelum meninggal

Mengapa Ada Pasien yang Justru Terlihat Membaik Sebelum Meninggal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2019 . 4 mins read