Berapa Banyak Kalori yang Dibakar Saat Kita Tertawa?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Apapun aktivitas yang kita lakukan sehari-sehari selama itu membuat badan kita bergerak pasti bisa membakar kalori tubuh, termasuk tertawa. Hal ini pun didukung banyak ahli yang telah membuktikan kalau ketawa memang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Hmmm… siapa sangka dari hal sederhana dan sepele seperti ketawa saja bisa memberikan manfaat yang menyehatkan, ya! Nah jika Anda termasuk orang yang tidak suka berolahraga, mungkin dengan Anda sering ketawa bisa membantu membakar kalori tubuh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat ketawa?

Penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical dan diterbitkan dalam International Journal of Obesity telah menemukan jika tertawa benar-benar obat terbaik untuk masalah berat badan. Pasalnya, tertawa bisa membakar kalori dengan meningkatkan detak jantung sebesar 10-20 persen. Nah, ketika detak jantung meningkat, maka metabolisme juga akan mengalami peningkatan yang menyebabkan kalori dalam tubuh ikut terbakar setelah seseorang berhenti tertawa. Selain itu, tertawa juga terbukti bisa meningkatkan pengeluaran energi dan sirkulasi udara dari tubuh.

Penelitian tersebut melibatkan 45 pasangan orang dewasa yang ditempatkan dalam sebuah ruang metabolik. Di dalam ruangan tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan seperti monitor jantung untuk mengukur detak jantung dan jumlah kalori yang terbakar. Selama di dalam ruangan, peneliti memberikan instruksi kepada peserta untuk menonton sebuah film komedi yang ada di layar TV. Hasilnya, saat para peserta ketawa diketahui jika konsumsi oksigen meningkat sehingga tubuh membakar kalori yang membuat berat badan menurun.

Ketika Anda tertawa selama 10-15 menit, nyatanya tubuh mampu membakar kalori sebanyak 10-40 kalori, namun hal ini tentu bergantung  pada berat badan yang Anda miliki dan juga tingkat aktivitas Anda. Ini artinya, jika Anda ketawa selama 10-15 menit per hari, maka Anda bisa menurunkan berat badan sampai dengan 4 kilogram selama setahun. Terlebih jika Anda Anda juga aktif melakukan kegiatan fisik lainnya, maka penurunan berat badan akan lebih efektif dan signifikan.

Apa saja manfaat lain dari tertawa?

Menurut beberapa penelitian, selain membakar kalori, tertawa juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan Anda dalam beberapa cara:

  • Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University menemukan bahwa tertawa meningkatkan kadar imunoglobulin sebesar 14 persen yang berfungsi membantu tubuh dalam melawat penyakit.
  • Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Medical School, tertawa di dalam kelas mampu meningkatkan kapasitas otak ketika belajar sehingga memungkin seseorang mendapatkan nilai bagus saat ujian.
  • Sedangkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California (UCLA) menemukan bahwa tertawa membantu seseorang mengontrol dan meredam rasa sakit.
  • Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa tertawa bisa menular. Hal ini karena otak akan merespons suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut. Sehingga tak heran, jika Anda melihat orang lain tertawa Anda juga secara refleks ikut tertawa karena terbawa oleh kegembiraan yang dirasakan orang lain tersebut.

Anda harus tetap menerapkan hidup sehat untuk menurunkan berat badan

Meskipun ketawa terbukti bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan, Anda tidak bisa menjadikan tertawa sebagai acuan utama untuk menurunkan berat badan. Pasalnya tertawa memang bisa membakar kalori tubuh, namun tidak cukup signifikan untuk menyebabkan penurunan berat badan. Terlebih jika Anda tidak diimbangi dengan rutinitas olahraga harian dan diet seimbang.

Oleh sebabnya Anda harus tetap menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, menjaga asupan makan, berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk tertawa yang menyebarkan hal positif untuk sekitar, agar hidup Anda jadi lebih menyenangkan dan bahagia sehingga Anda pun bisa terhindar dari stres.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Antiseptik mampu memusnahkan atau menghambat perkembangan bakteri pada jaringan hidup. Yuk, baca 5 fungsi antiseptik cair untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro

Kenapa Kita Sering Ngantuk Saat Puasa?

Penelitian menunjukkan bahwa pukul 14.00 sampai 16.00 adalah waktunya kantuk menyerang saat kita berpuasa. Kenapa sering ngantuk saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020

Yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Kita Berpuasa

Saat puasa kita tidak boleh makan dan minum. Penasaran tidak, apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh saat kita berpuasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 28/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020