9 Trik Turun Berat Badan Buat Anda yang Suka Makan Banyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buat orang yang nafsu makannya besar, usaha menurunkan berat badan tentu terasa sulit. Manusia memang unik, biasanya semakin dibatasi justru jadi tambah ingin. Begitu juga halnya dengan membatasi porsi makan Anda sehari-hari. Akibatnya diet jadi gagal terus. Nah, kalau ingin diet Anda berhasil, coba dulu beragam cara turun berat badan yang kreatif ini. Mengurangi porsi makan jadi kian mudah dan Anda pun semangat menjalani gaya hidup sehat.  

1. Sesuap nasi, seteguk air

Kalau Anda biasanya minum segelas penuh air putih sesudah makan, sekarang Anda harus pakai cara lain. Siapkan segelas air putih di samping Anda saat makan. Setelah menyuap dan menelan satu sendok makanan, selingi dengan seteguk air. Ulangi terus sampai makanan Anda habis. Dengan cara ini, Anda jadi bisa mengukur kapan perut sudah kenyang. Sementara kalau Anda makan banyak baru minum air putih segelas, perut sudah keburu terasa begah dan kembung.

2. Makan pakai piring yang lebih kecil

Sebenarnya Anda tak membutuhkan makanan dengan porsi layaknya anak kuliah, yaitu nasi segunung dan lauk bertumpuk-tumpuk. Supaya tidak kalap dan mengambil porsi makan terlalu banyak, biasakan menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya. Anda pun jadi bisa menakar porsi nasi, sayur, dan lauk-pauk lebih sedikit.

3. Jangan makan sambil main HP atau menonton televisi

Ini dia kesalahan diet yang banyak dilakukan orang-orang. Supaya Anda bisa mengurangi porsi makan saat diet, fokus pada makanan dan sistem pencernaan Anda. Kalau Anda sudah merasa kenyang, berhentilah. Sedangkan kalau Anda makan sambil main HP atau menonton televisi, Anda jadi tak sadar kalau sudah makan kebanyakan.   

4. Sekat isi piring Anda jadi beberapa bagian

Bagaimana cara Anda mengatur piring makan selama ini? Apakah Anda mengambil nasi sebesar piring, kemudian menumpuknya dengan sayur dan lauk-pauk? Sudah saatnya Anda tinggalkan cara ini. Sekat piring jadi tiga bagian, yaitu karbohidrat, protein, dan sayuran. Pastikan bagian sayur dan protein lebih besar daripada karbohidrat. Dengan pembagian ini, Anda jadi lebih mudah mengendalikan dan mengatur porsi makan yang ideal.

5. Makan pakai tangan kiri

Cara turun berat badan yang satu ini memang agak menantang. Jika tangan yang Anda pakai sehari-hari adalah tangan kanan, coba makan pakai tangan kiri. Begitu juga sebaliknya kalau tangan dominan Anda adalah tangan kiri. Trik ini akan membuat Anda makan lebih lambat. Makan pelan-pelan bisa membantu otak menerima sinyal dari perut kalau tubuh sudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.  

6. Makan pakai sumpit atau garpu

Mirip seperti cara turun berat badan dengan makan pakai tangan kiri, makan dengan sumpit atau garpu juga bisa bikin Anda makan lebih lambat. Trik ini juga berguna supaya Anda tidak menyendok terlalu banyak bumbu atau saus yang berlemak, misalnya kuah santan.

7. Makan teratur

Jangan sengaja melewati jam makan karena takut gemuk. Yang ada Anda malah makan dalam porsi yang berlebihan untuk membayar “utang” tidak makan tadi siang atau pagi. Tahukah Anda, salah satu cara turun berat badan yang ampuh justru makan lebih sering? Namun, pastikan Anda makan secara teratur dan porsinya tetap wajar.  

8. Simpan sendok garpu di piring selama Anda mengunyah makanan

Banyak orang terbiasa menyendokkan makanan sembari mengunyah. Kebiasaan ini membuat Anda jadi makan cepat-cepat dan tak sadar kapan perut sudah kenyang. Untuk itu, coba taruh sendok dan garpu setiap satu suapan. Anda bisa menyendokkan makanan lagi setelah makanan sudah ditelan.

9. Jangan makan camilan langsung dari bungkusnya

Ngemil saat diet sebenarnya tidak dilarang, tapi kuncinya yaitu mengendalikan porsinya. Daripada makan keripik kentang atau kacang langsung dari bungkusnya yang besar, pindahkan camilan Anda ke wadah-wadah kecil. Begitu juga dengan yogurt atau puding. Anda pun bisa ngemil tanpa takut diet gagal.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, kondisi ini bisa membuat saraf Anda rusak permanen. Apa saja yang menyebabkan saraf kejepit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit