Kenapa Saya Terus Kentut Saat Olahraga?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 September 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat perut sedang bermasalah, Anda biasanya akan kentut lebih sering. Namun, pernahkah Anda merasakan kentut terus-terusan saat olahraga. Entah itu yoga, lari, atau latihan angkat beban. Apakah ini normal? Lantas, apa penyebab Anda terus kentut saat olahraga?

Apakah terus kentut saat olahraga itu normal?

Kentut adalah gas yang ada dalam perut Anda. Gas ini dihasilkan sebagian besar ketika tubuh mencerna makanan. Nah, kentut mengandung berbagai gas, seperti hidrogen, karbon dioksida, metana, hidrogen sulfida, dan amonia.

Semua gas yang dipecah oleh usus ini tidak bisa menetap terus di dalam perut. Gas tersebut harus dikeluarkan dari tubuh.

Anda tentu bisa membayangkan tidak enaknya susah buang angin, bukan? Perut jadi kembung dan tidak nyaman. Namun, apa jadinya jika Anda terus kentut saat sedang olahraga?

Jangan cemas, ternyata kentut saat olahraga adalah hal yang normal. Ada beberapa alasan kenapa Anda sering kentut saat melakukan aktivitas fisik ini, yaitu:

1. Gerakan olahraga 

Tahukah Anda bahwa olahraga ternyata bisa memicu buang angin? Peyton Berookim, MD, seorang dosen di Gastroenterology Institute of Southern California menyebutkan pada laman Health, “Setiap gerakan yang memengaruhi postur tubuh, dapat mendorong gas di dalam perut keluar lewat anus.”

Gerakan tersebut meliputi gerakan berayun, mendorong, jongkok, atau membungkuk. Gerakan ini biasanya sering dilakukan saat melakukan latihan pilates, yoga, bersepeda, atau angkat beban.

Selain itu, terus kentut saat olahraga juga bisa terjadi saat melakukan latihan aerobik seperti lompat tali atau lari. Latihan tersebut memungkinkan organ dalam tubuh naik dan turun sehingga mempercepat laju gas di dalam perut keluar melalui anus.

2. Pernapasan saat olahraga

Selain gerakan, ternyata pernapasan saat olahraga juga bisa memicu kentut. Kok, bisa? Olahraga dapat memengaruhi pernapasan Anda jadi lebih cepat, contohnya saat Anda lari. Ini menyebabkan udara yang tertuju ke organ paru, terdorong sebagian ke lambung dan usus dengan cepat.

Selain laju gas yang cepat, pernapasan yang tidak benar saat olahraga juga memungkinkan adanya gas berlebihan di perut. Akibatnya, gas akan menumpuk dan tubuh perlu mengeluarkannya lewat kentut yang mungkin terus-menerus saat Anda olahraga.

3. Jenis makanan sebelum memulai olahraga

Makanan menjadi salah satu penyebab Anda sering kentut. Apalagi, jika jenis makanan tertentu dimakan sebelum Anda olahraga.

Menurut laman Mayo Clinic, kacang-kacangan, kubis, kol, susu, dan makanan yang mengandung fruktosa dan sorbitol menyebabkan gas di perut sehingga rentan membuat seseorang buang air. 

4. Minum air dengan cepat dan banyak

Selain jenis makanan tertentu, minum dengan cepat juga bisa membuat Anda terus kentut saat olahraga. Minum terburu-buru dalam jumlah banyak menyebabkan lebih banyak udara tertelan ke saluran pencernaan.

Akibatnya, gas tersebut terdorong ke usus dan dibuang lewat anus bersama gas lainnya. 

Mencegah agar tak terus kentut saat olahraga

makan sehat banyak aktivitas

Meski menyehatkan, buang angin yang terjadi terus-terusan tentu bisa membuat Anda terganggu bahkan malu. Anda tentu tidak ingin kepergok buang angin oleh banyak orang, bukan? 

Jika tidak ingin kentut mengganggu ritual olahraga, Anda bisa mengakalinya. Ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

  • Makan setidaknya satu jam sebelum Anda memulai olahraga. Deretan makanan pemicu kentut yang telah disebutkan sebelumnya, tidak memberikan efek yang sama pada semua orang. Jadi, Anda perlu mencoba lebih dahulu apakah makanan tersebut memang memicu kentut pada Anda atau tidak.
  • Lakukan latihan pernapasan dengan baik. Caranya dengan meningkatkan konsentrasi pada setiap gerakan, lakukan gerakan dengan perlahan tidak buru-buru.
  • Minum dengan tenang. Agar tak terus kentut saat olahraga Anda bisa minum lebih sering di sesi istirahat. Bukan minum banyak air setelah olahraga selesai dilakukan. Jadi, Anda tidak akan kehausan dan minum buru-buru. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Berapa lama olahraga juga menentukan kesuksesan tujuan Anda. Terlalu sebentar tak akan efektif, tapi terlalu lama juga tak baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kebugaran, Hidup Sehat 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memaksa anak jago olahraga

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
oleharaga untuk anak

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
jenis makanan pemicu sering kentut

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit