Periksa ke Dokter Jika Anda Sering Sendawa Diikuti Oleh 4 Gejala Ini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/01/2018
Bagikan sekarang

Kebanyakan dari Anda mungkin langsung bisa sendawa setelah makan. Meski dianggap kurang sopan, sendawa merupakan reaksi tubuh yang normal. Dengan bersendawa, kita mengeluarkan gas yang masuk ke lambung ketika kita mengunyah atau berbicara sembari makan. Namun hati-hati jika Anda sering sendawa yang diikuti oleh beberapa gejala tambahan. Sendawa berlebihan mungkin menandakan masalah kesehatan tertentu yang harus Anda cek ke dokter.

Sering sendawa diikuti dengan gejala-gejala ini? 

Jika keluhan sendawa berlebihan Anda disertai dengan satu atau lebih dari gejala-gejala di bawah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

1. Muntah-muntah

Terjadi sendiri, muntah adalah reaksi tubuh yang menandakan adanya masalah. Apalagi jika menyertai keluhan sendawa berlebihan. Dilansir dari WomensHealth, menurut Bhavesh Shah dari Long Beach Medical Center di California, kondisi ini merupakan gejala hernia hiatal atau kenaikan asam lambung (heartburn atau GERD).

Sering sendawa disertai muntah juga bisa menjadi tanda adanya penyumbatan di organ perut. Misalnya karena pertumbuhan bisul di usus kecil. 

2. Berat badan berkurang

Jika Anda menyadari belakangan ini berat badan dan nafsu makan makin berkurang sembari sendawa terus menerus, ini bisa menjadi pertanda perkembangan kanker perut yang menggerogoti tubuh. Sel kanker menyerap energi tubuh Anda untuk terus berkembang biak dan menyebar. Inilah yang membuat berat badan pasien kanker terus menurun.

Selain kanker, kondisi ini bisa menandakan adanya peradangan, infeksi, atau bisul (ulkus) pada sistem pencernaan Anda.

3. Sembelit atau diare

Jika Anda belakangan ini sering sendawa berlebihan yang disertai sembelit, muntah, perut kembung, sakit perut parah, dan/atau penurunan berat badan, ini bisa menjadi tanda obstruksi usus yang mungkin disebabkan oleh pertumbuhan tumor, jaringan parut, atau usus yang terbelit.

Sendawa terus menerus yang diikuti sembelit dan gejala-gejala di atas juga bisa menjadi salah satu gejala peradangan usus, alias IBS. Beberapa orang yang memiliki IBS bisa mengalami diare ketimbang sembelit.

Selain itu, sendawa berlebihan yang disertai diare bisa menjadi salah satu gejala penyakit Crohn atau pancolitis.

4. Sakit perut

Sering sendawa disertai sakit perut dan terasa kembung yang terjjadi cukup lama atau serius bisa menjadi salah satu gejala intoleransi laktosa atau alergi gluten. Kondisi ini sering terjadi karena adanya fermentasi makanan di usus Anda yang menghasilkan gas berlebih.

Sendawa berlebihan yang disertai perut sakit dan perih, sensasi begah, hingga berat badan turun drastis juga bisa menjadi pertanda infeksi bakteri H. pylori dalam usus.

Jika Anda masih sering sendawa terus dan mungkin mengalami gejala lainnya yang tidak disebutkan di atas, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis tepat dan langkah pengobatannya. Deteksi dini juga dapat menghindarkan Anda dari komplikasi berbahaya yang mungkin mengintai.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020