9 Fakta Penting Seputar Bulu Hidung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/10/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bulu hidung merupakan bagian terpenting dari hidung Anda, karena mereka adalah penyaring udara alami yang selalu melekat pada tubuh. Namun, sering kali orang-orang merasa bahwa bulu hidung merupakan hal yang mengganggu dan memalukan. Oleh karena itu, mencabut bulu hidung merupakan satu-satunya cara untuk mengatasinya. Perasaan nikmat yang dihasilkan oleh mencabut bulu hidung terkadang membuat orang senang melakukannya. Tetapi apakah mencabut bulu hidung itu aman? Apa saja fakta yang ada di balik bulu hidung? Mari kita lihat serba-serbi bulu hidung di bawah ini.

1. Bulu hidung berperan sebagai perisai

Bulu hidung dan serat-serat rambut lainnya yang ada di tubuh Anda membuat penghalang yang sulit untuk ditembus, namun fleksibel. Bulu hidung dapat melindungi lapisan epidermis kulit Anda dari lecet dan juga dari sinar matahari. Selain itu, bulu hidung juga memiliki fungsi yang lebih khusus. Ketika Anda menarik napas, Anda berpotensi mengambil partikel-partikel kecil bersama oksigen, namun bulu hidung dapat menyaring sebagian kotoran yang Anda hirup.

2. Bulu hidung dapat menyaring mikroba udara

Bulu hidung dapat berkontribusi terhadap kesehatan Anda melalui beberapa cara, salah satunya adalah dengan menangkal patogen udara, seperti kuman, jamur, dan spora. Patogen udara tidak pernah mencapai saluran pernapasan karena mereka terhalang oleh bulu hidung. Bulu hidung juga dibantu oleh lendir untuk memerangkap partikel dan kuman. Jika para iritan tersebut berhasil masuk ke dalam saluran pernapasan, Anda akan bersin untuk mengeluarkan mereka.

3. Bulu hidung mempermudah penguapan keringat

Serat bulu hidung memiliki tujuan tambahan, yaitu dapat menambahkan luas permukaan kulit yang dapat membantu keringat untuk menguap. Jaringan saraf yang mengelilingi folikel bulu hidung dapat memberikan informasi kepada tubuh Anda mengenai keadaan lingkungan Anda.

4.  Bahan kimia dan kosmetik dapat merusak bulu hidung

Faktor luar dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu hidung, sehingga bulu hidung dapat meningkat atau mengalami penurunan. Contoh dari faktor luar tersebut adalah bahan kimia dan kosmetik, karena mereka dapat merusak folikel bulu. Selain itu, kesehatan dan faktor genetik memungkinkan untuk mengubah pola pertumbuhan bulu hidung.

5. Menggunting bulu hidung boleh, tapi jangan mencabut

Jika Anda menarik bulu hidung ke luar, dalam hidung Anda akan terdapat sedikit darah. Darah sekecil apapun akan memungkinkan bakteri untuk tumbuh di sana. Karena pembuluh darah di wajah hanya memiliki sedikit katup pelindung, maka bakteri dapat memasuki aliran darah Anda dan menyebabkan infeksi pada bagian tubuh yang lain. Anda dapat menggunting bulu hidung dengan gunting khusus, namun tidak boleh mencabutnya.

6. Menggunting bulu hidung yang panjang diharuskan

Bulu hidung memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, namun beda halnya dengan bulu hidung yang panjang. Oleh karena itu, Anda dapat dengan aman memangkas bulu hidung tanpa mempengaruhi kemampuan menyaring.

7. Bulu hidung semakin lebat seiring bertambahnya usia

Menurut Dr. Chris Smith, semakin bertambah tua seseorang, mereka akan memiliki bulu atau rambut yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena bulu pada tubuh Anda sensitif terhadap androgen (zat kimia seperti testosteron). Dan selama Anda menjalani hidup Anda, testosteron dalam tubuh akan terpapar pada folikel bulu, sehingga pertumbuhannya meningkat.

8. Bulu hidung memberikan kelembapan pada udara yang dihirup

Fungsi lain bulu hidung adalah untuk memberikan kelembapan tambahan pada udara yang dihirup. Ketika udara masuk melalui hidung, lendir dan bulu hidung menyediakan panas dan kelembapan. Kelembapan itu sendiri sangat penting untuk sistem pernapasan lainnya, seperti laring dan paru-paru.

9. Bulu hidung dapat memisahkan udara dan kotoran

Bulu hidung yang berbentuk silia kecil juga dapat menarik partikel padat menuju antarmuka antara hidung dan tenggorokan. Kotoran yang berbahaya pada umumnya akan diarahkan ke arah belakang tenggorokan dan kerongkongan untuk menelan, sementara itu udara yang telah disaring akan dilanjutkan menuju laring dan paru-paru.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

    Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

    Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

    Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya)

    Masalah bau kaki tak sedap tentu sangat mengganggu. Untuk mengusir masalah ini, ikuti tips-tips dari para ahli dan bebaskan diri Anda dari bau kaki.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    penyebab cantengan; kuku cantengan

    Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    menjaga kebersihan diri

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    mual karena gugup

    Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit
    mata plus pada anak

    Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit