Efek Samping Obat Batuk Berdahak, dari yang Ringan Hingga Parah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mengalami batuk berdahak memang sangat mengganggu. Pasalnya, dahak yang mengganjal di tenggorokan membuat Anda perlu sering-sering mengeluarkannya. Salah satu cara untuk menghilangkan batuk berdahak ialah dengan meminum obat. Obat batuk berdahak terdiri dari berbagai macam seperti dekongestan (untuk mengurangi lendir di dalam hidung), ekspektoran (mengencerkan dahak), dan juga obat oles (meredakan batuk dan mengencerkan lendir).

Namun, tahukah Anda bahwa obat batuk berdahak juga memiliki berbagai efek samping yang tidak bisa disepelekan? Kira-kira, apa saja efek samping dari obat batuk berdahak? Berikut ulasannya.

Efek samping obat batuk berdahak

Mengonsumsi obat batuk berdahak membantu mengencerkan dahak atau lendir di paru-paru dan juga tenggorokan. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mudah mengeluarkan dahak saat batuk. Namun, selain menguntungkan Anda juga berkemungkinan mengalami berbagai efek samping jika mengonsumsi obat yang satu ini seperti:

1. Pusing

penyebab kepala pusing

Rasa pusing yang muncul setelah meminum obat tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Pasalnya, efek samping yang satu ini cukup umum terjadi pada sebagian orang.

Namun, Anda perlu mewaspadai jika rasa pusing menetap selama berhari-hari dan justru bertambah parah. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

2. Muncul ruam pada kulit

ruam pada perut

Ruam atau kemerahan pada kulit termasuk efek samping yang bisa terjadi meskipun terbilang jarang. Biasanya, efek ini terjadi pada Anda yang mengonsumsi obat batuk berdahak jenis guaifenesin (Mucinex). Tak hanya ruam, iritasi kulit seperti gatal-gatal juga bisa terjadi pada sebagian orang.

3. Sakit perut

Membedakan Jenis Sakit Perut Berdasarkan Penyebabnya

Efek samping lainnya yang bisa terjadi setelah meminum obat batuk berdahak ialah sakit perut. Tak hanya sakit perut, Anda juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sampai diare. Namun, kondisi ini biasanya terjadi dalam intensitas yang ringan dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

4. Alergi

pH tubuh asam sesak napas dada sakit

Pada sebagian orang, obat batuk berdahak bisa bereaksi berlebihan hingga mengakibatkan alergi. Alergi akibat obat ini umumnya ditandai dengan gatal-gatal, sesak napas, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti bibir, lidah, wajah, dan tenggorokan serta ruam kemerahan. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda melihat gejala ini setelah mengonsumsi obat yang satu ini.

Dalam beberapa kasus, obat yang dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Untuk itu, selalu konsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca