8 Trik Membuat Diri Sendiri Tampak Lebih Pintar dari yang Dikira (Terbukti Secara Ilmiah!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Ada yang super cerdas, ada yang mungkin biasa-biasa saja. Lantas, adakah cara tertentu agar kita bisa terlihat lebih pintar di depan orang banyak?

Tips mudah agar terlihat lebih pintar

Menunjukkan kesan bahwa kita orang pintar tentu memberi banyak keuntungan, khususnya saat harus bertemu dengan orang baru atau ketika wawancara kerja. Kesan pertama yang baik akan membantu Anda memperoleh simpati dari orang lain.

Tanpa perlu repot, berikut adalah cara untuk tampil lebih pintar yang sudah terbukti secara ilmiah:

1. Asah kosa kata Anda

tips belajar bahasa

Bukan rahasia lagi bahwa memperdalam bahasa ibu dapat meningkatkan kecerdasan. Kegiatan ini tidak hanya melatih otak untuk memperluas perbendaharaan kata, tapi juga membuat Anda semakin mahir dalam berkomunikasi.

Agar terlihat pintar, coba perkaya kosakata Anda dan berlatihlah dengan berbincang bersama orang lain. Namun, hindari menggunakan istilah atau jargon-jargon yang terlalu berat. Perilaku ini justru menimbulkan kesan bahwa Anda adalah orang yang sok pintar dan arogan.

Tips lainnya: sempatkan waktu untuk mempelajari bahasa baru.

2. Mengenakan kacamata

Sumber: Topology

Kacamata memberikan kesan pintar yang sangat kuat. Pada sebuah survei yang dilakukan di Inggris, sebanyak 43 persen orang beranggapan bahwa pengguna kacamata lebih pintar dibanding yang tidak mengenakannya.

Alasannya adalah karena kacamata identik dengan profesor, hakim, dan sosok orang yang bijaksana. Orang-orang juga cenderung berasumsi bahwa pengguna kacamata pasti rajin membaca buku dan memiliki wawasan yang luas.

3. Suka bercanda

cowok humoris

Bercanda adalah cara yang tepat agar Anda terlihat lebih pintar. Bahkan, orang-orang dengan kecerdasan tinggi biasanya memang memiliki selera humor yang bagus. Hal ini disebabkan karena lelucon membentuk pola komunikasi yang unik pada otak.

Berbeda dari obrolan biasa, otak Anda tidak bisa memprediksi akhir suatu lelucon. Hasil akhir lelucon yang lucu adalah stimulus kuat bagi otak. Saat Anda terhibur oleh lelucon, beberapa bagian otak aktif secara bersamaan dan membuat Anda mempelajari suatu hal yang baru.

4. Banyak tersenyum

fakta tentang tertawa

Susanne Quadflieg, dosen psikologi eksperimental di University of Bristol, menyatakan bahwa orang sering mengaitkan kesan yang baik dengan keunggulan seseorang.

Sederhananya, saat penampilan atau pembawaan diri Anda tampak menarik di mata orang lain, mereka akan membentuk asumsi yang baik tentang diri Anda.

Jika Anda mencari cara agar terlihat pintar, cobalah untuk banyak tersenyum. Senyum membuat Anda tampak menarik. Begitu seseorang tertarik kepada Anda, ia akan menganggap Anda pintar, baik hati, dan memiliki karakteristik positif lainnya.

5. Berjalan dengan kecepatan normal

berjalan kaki

Studi yang dipimpin oleh Boston University menemukan bahwa tempo berjalan yang terlalu cepat atau terlalu lambat menimbulkan kesan tidak pintar. Alasannya adalah karena manusia cenderung menentukan kepintaran suatu objek berdasarkan sifat-sifat manusiawi yang ada di dalamnya.

Pada penelitian tersebut, sifat-sifat manusiawi yang dimaksud terdiri dari bentuk tubuh, sikap, dan tempo berjalan. Semakin tidak mirip suatu objek dengan manusia, semakin sulit pula menilai kepintarannya dengan standar seorang manusia.

6. Membuat kontak mata

Mengenali selera humor pasangan

Kontak mata adalah tanda bahwa orang-orang yang terlibat dalam suatu pembicaraan saling memahami perkataan masing-masing. Agar Anda terlihat lebih pintar, coba terapkan cara ini dan pertahankan kontak mata selama pembicaraan berlangsung.

Bagi banyak orang, tidak adanya kontak mata menandakan bahwa Anda tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Mereka mungkin akan menganggap Anda tidak fokus, atau lebih buruk lagi, tidak cukup pintar untuk memahami topik pembicaraan tersebut.

7. Tampil kepedean

Mengacu sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Social Psychology, sikap percaya diri sering dikaitkan dengan kecerdasan. Malah, Anda akan dipandang lebih pintar jika menunjukkan sikap percaya diri yang agak berlebihan alias kepedean (overconfidence).

Menjadi percaya diri memerlukan usaha yang keras. Saat orang-orang melihat sikap percaya diri yang Anda tunjukkan, mereka percaya bahwa Anda cukup pintar untuk menghadapi rintangan hidup sehingga mampu bersikap demikian.

8. Intonasi suara lebih lantang, jelas, dan ekspresif

perbedaan jenis suara manusia

Pernahkah Anda menemukan orang yang berusaha agar terlihat pintar dengan banyak bicara? Ternyata, cara ini cukup berhasil. Kuncinya adalah membuat volume suara dan energi Anda lebih bervariasi. Usahakan pula agar tidak ada banyak jeda dalam kalimat Anda.

Ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini. Ketika dua orang menceritakan hal yang sama, orang yang lebih ekspresif saat berbicara dinilai lebih berwawasan, pintar, dan energik. Mereka juga dianggap lebih memahami apa yang sedang dibicarakannya.

Menjadi lebih pintar di hadapan orang lain memang tidak mudah, terutama jika Anda bukanlah orang yang gemar tampil di depan umum. Namun, Anda dapat melatihnya dengan banyak berbincang bersama orang lain.

Teruslah berusaha, dan Anda akan memperoleh manfaatnya untuk berbagai macam situasi dalam hidup Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Metode Belajar Apa yang Terbaik Buat Anak Anda: Visual, Auditori, atau Kinestetik?

Mengetahui metode pembelajaran yang disukai anak itu penting karena dapat membantu mereka belajar lebih efektif sekaligus mengoptimalkan kecerdasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Parenting, Tips Parenting 7 Januari 2019 . Waktu baca 6 menit

Istirahat Sebentar Saat Otak Bekerja Keras Bisa Mempertajam Ingatan

Daripada memforsir otak terus-terusan, luangkan waktu sekejap untuk istirahat. Istirahat di sela-sela pekerjaan berat bisa mempertajam ingatan Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 27 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Penderita Autisme Biasanya Genius?

Anda mungkin pernah dengar bahwa orang pengidap autisme biasanya cerdas, sebut saja Einstein atau Mozart. Nah, ini dia alasan ilmiahnya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gangguan Saraf, Health Centers 12 April 2018 . Waktu baca 5 menit

Minum Air Lemon Tidak Bikin Kurus, Plus Mitos Air Lemon Lainnya yang Ternyata Salah

Air lemon diklaim memiliki berbagai macam manfaat menakjubkan untuk tubuh. Namun ternyata tidak semuanya benar lho! Mana yang Anda percaya selama ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Nutrisi, Hidup Sehat 27 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara meningkatkan daya ingat anak

Tahap Perkembangan Kognitif Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2019 . Waktu baca 12 menit
potret bayi sehat karena sering mengonsumsi makanan omega 3 dan omega 6

Perkembangan Kognitif Bayi Baru Lahir Sampai 11 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2019 . Waktu baca 9 menit
tanda orang cerdas

10 Tanda Orang Cerdas yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2019 . Waktu baca 7 menit
perkembangan kognitif anak adalah

Memahami Tahap Demi Tahap Perkembangan Kognitif Anak Usia 6-9 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 31 Maret 2019 . Waktu baca 10 menit