Bahaya Kutu Kasur di Tempat Tidur Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Gatal digigit nyamuk adalah cerita bangun tidur yang menyebalkan untuk setiap orang. Tapi bagaimana jika rasa gatal tersebut nyatanya masih ada setelah seseorang menggunakan losion antinyamuk? Atau bentol pada kulit ternyata berisi cairan? Bisa saja itu adalah ulah kutu kasur; kutu berbadan pipih yang suka menghuni barang berbahan katun dan kayu!

Mengenal kutu kasur lebih dekat

Cimex lectularius adalah kutu yang biasanya menghuni kasur atau sofa manusia. Kutu ini meminum darah dari hewan berdarah panas (seperti manusia) sebagai sumber energi. Untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, kutu ini hidup pada habitat dengan suhu 21-26oC. Kutu kasur adalah serangga yang cukup “bandel, karena masih tetap bertahan hidup jika tidak ada darah, atau jika berada pada suhu di bawah 12oC dengan cara menjadi lebih pasif dalam pergerakannya.

Kutu dewasa dapat mencapai ukuran 0,5 cm dan berwarna coklat tua. Pada betina, mereka dapat mengeluarkan sebanyak 300 telur seumur hidupnya. Telur kutu yang berwarna putih ini akan menempel pada permukaan tempat tidur dan sulit dideteksi jika permukaan kasur berwarna terang juga.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Anda Memiliki Kutu Kemaluan

Bagaimana kutu kasur dapat hinggap di kasur Anda

Lingkungan yang kotor tak selalu jadi pertanda keberadaan kutu kasur. Mereka dapat tinggal di kondisi tempat tidur yang kotor maupun bersih. Kutu juga cenderung berada di tempat tidur yang biasanya dihuni secara bergantian, seperti tempat tidur di hotel.

Dengan badannya yang pipih dan kecil, mereka dapat berpindah secara cepat dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya saja, mereka mampu berpindah dengan cara menumpang pada pakaian yang dibawa oleh pendatang yang menginap di hotel. Kutu yang menumpang pada pakaian yang dibawa manusia selama liburan akan berpindah dari tempat tidur hotel ke tempat tidur rumah setelah manusia tersebut pulang kembali ke rumahnya.

Selain itu, ketika kutu kasur hidup pada suatu kamar yang tidak dihuni manusia, kutu kasur mampu berpindah ke kamar lain melalui celah bangunan. Walaupun begitu, tidak seperti kutu rambut yang menjadi parasit pada tubuh manusia, kutu kasur tidak akan menetap di bagian tubuh manusia yang berambut.

BACA JUGA: 3 Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut

Apa tandanya jika tempat tidur atau sofa Anda ada kutunya?

Pipih dan kecil bukan menjadi alasan bagi kutu kasur untuk sulit dideteksi. Pada tempat tidur yang dihuni oleh serangga ini, biasanya ada bercak-bercak hitam pada permukaan tempat tidur. Bercak-bercak hitam ini adalah kotoran kutu yang sudah mengering dan menempel pada tempat tidur. Kulit kering berwarna kecoklatan yang menumpuk pada suatu bagian dari tempat tidur menjadi ciri lain pada kasur yang dihuni oleh serangga kecil ini.

Kutu ini juga akan menggigit bagian kulit yang terekspos pada manusia, bisa jadi di wajah, tangan, kaki, punggung, dan bagian lainnya. Perbedaan mendasar antara gigitan dari kutu dan nyamuk adalah kutu kasur cenderung menggigit dengan suatu pola garis lurus, sedangkan nyamuk cenderung acak dalam menghisap darah manusia.

Bercak darah pada permukaan tempat tidur juga dapat mengindikasikan adanya kutu kasur yang hidup. Darah ini ada karena kutu terhimpit badan manusia sehingga tubuhnya remuk hancur.

Bau yang menyengat dari tempat tidur adalah salah satu ciri juga, namun dirasa kurang membantu dalam pelacakan. Kutu kasur dewasa akan mengeluarkan bebauan dari tubuhnya. Namun, bebauan itu hanya dapat tercium oleh manusia dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika tempat tidur Anda sudah mulai berbau, bukan hanya dihuni oleh satu koloni kecil kutu kasur, mungkin sekarang kutu kasur dalam tempat tidur Anda sedang membuat kerajaan.

BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Anda Sering Digigit Nyamuk

Efek yang ditimbulkan ketiga digigit kutu kasur

Walaupun tidak menimbulkan masalah yang serius, dan meski kutu kasur bukan inang dari penyakit lain, reaksi yang ditimbulkan tubuh ketika digigit biasanya adalah bentol. Bentol yang sangat gatal ini juga akan cepat sembuh dalam waktu satu minggu setelah pengolesan krim antihistamin sebagai obat antialergi. Pada beberapa kasus, ada orang yang sampai mengalami bercak kemerahan pada kulit, bahkan bentol berair. Kasus lainnya adalah munculnya infeksi ketika bentol digaruk. Kasus yang lebih akut ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik dari tenaga medis yang bersangkutan. Kebanyakan dari mereka yang pernah digigit kutu kasur tidak menimbulkan reaksi alergi apa-apa.

Namun, ternyata kutu kasur dapat perlahan-lahan menurunkan kualitas hidup dari seseorang. Seseorang yang digigit oleh kutu ini akan mengalami ketidaknyamanan saat tidur, kurang tidur, kecemasan, dan rasa malu. Selain itu juga, menurut ahli kesehatan, stres yang ditimbulkan ketika digigit kutu kasur ternyata dapat berefek pada kesehatan seseorang dalam mengontrol emosinya, dan menurunkan kesejahteraan hidup seseorang.

BACA JUGA: 6 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Cara membasmi kutu kasur

Mematikan lampu kamar di pagi hari dan menyalakan lampu kamar di malam hari ternyata tidak dapat mengecoh kutu kasur. Kutu akan menyesuaikan jatah makan malamnya dengan waktu tidur manusia. Jadi walaupun Anda pikir serangga ini nocturnal atau hanya hidup di malam hari, nyatanya Anda salah besar. Penggunaan losion antinyamuk juga dirasa tidak efektif dalam mengatasi gigitan kutu.

Penggunaan vacuum cleaner untuk menyedot habis kutu dan telurnya dapat dilakukan. Namun, dibutuhkan usaha yang tidak instan. Penggunaan insektisida khusus kutu kasur lebih dapat membasmi kutu kasur secara efektif. Tapi hati-hati, insektisida yang digunakan secara berlebih dapat membuat kutu kasur menjadi lebih kebal, sehingga lebih sulit untuk membasmi mereka di kemudian hari. Penguapan dan pembekuan dapat menjadi alternatif efektif lain untuk membasmi kutu ini. Namun, kedua hal tersebut memerlukan alat yang biasanya dimiliki oleh para pembasmi serangga yang jasanya perlu Anda sewa.

Serangga kecil ternyata dapat memberikan efek pada makhluk lebih besarnya. Setelah berpergian, lebih baik untuk mencuci kering atau mencuci pakaian pada air dengan suhu 60oC untuk mematikan kutu atau serangga lain. Tidak membeli kasur bekas juga menjadi salah satu cara untuk mencegah pembentukan koloni dari kutu kasur ini, loh! Tetap peka terhadap lingkungan Anda untuk hidup lebih bersih dan sehat.

BACA JUGA: Mengatasi Berbagai Jenis Gigitan Serangga

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit