Tips Mengajukan Asuransi Jika Sudah Punya Riwayat Penyakit Tertentu

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26/03/2020
Bagikan sekarang

Mendaftar asuransi kesehatan idealnya dilakukan saat kondisi sehat, bukan ketika sudah terserang penyakit tertentu. Namun, jika Anda baru mengajukan asuransi saat sudah atau pernah memiliki penyakit khusus maka prosedurnya cukup berbeda. Biasanya, kondisi yang disebut dengan pre-existing condition ini bisa memberikan tantangan tambahan dalam pengajuan asuransi. Untuk meminimalkan prosesnya, ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan asuransi dengan pre existing condition.

Apa itu pre-existing condition?

cara mengatasi jantung berdebar

Dalam asuransi kesehatan, dikenal sebuah istilah yang disebut dengan pre-existing condition. Pre-existing condition adalah kondisi dimana Anda sudah terdiagnosis atau memiliki riwayat penyakit tertentu saat mendaftarkan diri ke asuransi. Ada dua kondisi yang dimaksud dengan pre-existing condition yaitu:.

Penyakit yang sudah ada

Kondisi ini menandakan Anda sudah memiliki riwayat penyakit tertentu sebelum menjadi peserta asuransi kesehatan.

Penyebab penyakit yang diketahui atau pernah diketahui

Sementara penyebab penyakit yang dimaksud dalam pre-existing condition adalah faktor yang memengaruhi timbulnya penyakit atau gejala yang memicu penyakit tertentu.

Misalnya, Anda sudah memiliki gangguan kesehatan dengan gejala seperti sesak napas, nyeri dada, dan keringat dingin yang mengacu pada penyakit jantung sebelum menjadi peserta asuransi.

Bagaimana mendaftar asuransi kesehatan jika ada kondisi tertentu?

mitos asuransi kesehatan

Jika seseorang telah memiliki kondisi kesehatan tertentu, biasanya perusahaan asuransi masih bisa menerima Anda sebagai nasabah dengan beberapa syarat.

Umumnya persyaratan ini sedikit berbeda, misalnya penambahan jumlah premi yang dibayar hingga tidak ditanggungnya biaya penyakit pre-existing condition jika sewaktu-waktu muncul kembali.

Perusahaan asuransi akan menetapkan periode waktu tunggu sebelum perlindungan berlaku. Sehingga penggantian klaim hanya akan diberikan setelah periode waktu tunggu berakhir.

Untuk memudahkan proses pengajuan asuransi ketika sudah punya riwayat penyakit tertentu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Mengumpulkan data dari beberapa perusahaan asuransi

Jika Anda sedang atau pernah memiliki penyakit serius tertentu, akan sulit mendaftar asuransi kesehatan. Pasalnya, tak semua asuransi kesehatan bisa menerima kondisi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan berbagai data dari banyak perusahaan asuransi mengenai fasilitas yang bisa Anda dapatkan plus berbagai prosedur terkait.

Carilah perusahaan asuransi yang bisa memberikan Anda manfaat besar dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

Menyampaikan informasi secara jujur

Salah satu syarat utama dalam mendaftar asuransi kesehatan ialah kejujuran data. Pasalnya, apabila Anda menyampaikan dan menuliskan data yang tidak benar maka pihak asuransi berhak membatalkan klaim dari pemegang polis.

Jika sudah begitu, Anda bisa rugi karena asuransi tidak dapat mengembalikan premi yang telah Anda bayarkan pada perusahaan asuransi.

Bersikaplah terbuka saat berbicara dengan agen asuransi. Percaya bahwa ia akan membantu Anda untuk membantu mengajukan asuransi yang dibutuhkan sesuai dengan masalah kesehatan yang Anda miliki.

Jawab setiap pertanyaannya dengan detail. Misalnya, tanggal diagnosis, perawatan yang telah dilakukan, obat, dan hasil lab dari pemeriksaan sebelumnya.

Selain itu, pastikan Anda selalu mengisi Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ) ataupun Surat Permohonan Asuransi Kesehatan (SPAK) dengan jujur. Gunanya, untuk menghindarkan Anda dari masalah penolakan klaim di kemudian hari.

Ikuti prosedur medical check up

Hanya karena Anda khawatir perusahaan asuransi akan menolak pengajuan, jangan sampai Anda melewatkan prosedur medical check up. Dengan tes kesehatan menyeluruh, maka perusahaan bisa mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan Anda.

Jika kondisi kesehatan Anda diketahui dengan pasti dan rinci, maka perusahaan bisa menyesuaikan kebijakan dan rancangan biaya yang perlu Anda bayarkan. Sebaliknya, semakin sedikit informasi tentang kesehatan Anda, maka bisa semakin banyak biaya yang ditagih untuk mengimbangi risiko kesehatan kedepannya.

Bila sudah menemukan perusahaan asuransi yang cocok dan terpercaya, ikuti berbagai syarat dan ketentuan yang diberikan. Pastikan untuk memahaminya dengan baik dan jangan sungkan untuk menanyakannya jika ada hal-hal yang kurang Anda pahami.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman yang akan merugikan Anda di kemudian hari.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Obat, 6 Masalah Kesehatan Ini Juga Bisa Diatasi Dengan Olahraga

Selain obat, pasien dengan jenis penyakit dan kondisi tertentu juga dapat sembuh dengan menjalankan olahraga. Apa sajakah masakah kesehatan itu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Bisakah Penyakit Sindrom Koroner Akut (SKA) Disembuhkan?

Penyakit sindrom koroner akut adalah penyebab kematian tertinggi. Tak heran jika banyak orang bertanya-tanya tentang peluang kesembuhan penyakit ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Jangan Anggap Sepele! Ini 4 Gejala yang Menandakan Masalah Kesehatan Serius

Tubuh akan memberikan sinyal saat ada masalah di dalamnya. Untuk itu, jangan sepelekan berbagai gejala ini karena tandanya ada masalah kesehatan serius.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Anda Ditolak Perusahaan

Pengajuan klaim asuransi tidak selalu berjalan dengan lancar. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan klaim asuransi kesehatan ditolak. Kenapa, ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Asuransi, Hidup Sehat 06/09/2018

Direkomendasikan untuk Anda

asuransi penyakit kritis

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020
resolusi di tahun baru

Mulai Resolusi Keuangan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020
persiapan sebelum travelling

Takut Terpapar Penyakit Saat Liburan? Yuk, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Berwisata

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26/09/2019
melahirkan di luar negeri

5 Hal yang Perlu Calon Ibu Persiapkan Jika Ingin Melahirkan di Luar Negeri

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 04/09/2019