home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Menguak 4 Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh

Menguak 4 Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan Tubuh

Minyak tawon tidak kalah populer dengan minyak telon maupun minyak kayu putih. Minyak ini biasanya digunakan untuk memijat tubuh. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat minyak tawon bagi kesehatan? Penasaran dengan jawabannya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu minyak tawon?

Meski namanya adalah minyak tawon, nyatanya minyak ini tidak terbuat dari tawon alias lebah. Nama “minyak tawon” sebenarnya adalah nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih (cajuput oil), minyak serai (citronella), kunyit, dan bawang merah.

Jika Anda hirup baunya, minyak tawon memiliki bau yang khas. Baunya mirip seperti campuran minyak kayu putih dengan jamu. Anda dapat menemukannya dengan mudah di toko obat dan dapat dibeli tanpa resep dokter.

Manfaat minyak tawon untuk kesehatan

Minyak tawon memang lebih populer sebagai pijat ketimbang minyak kayu putih atau minyak telon. Akan tetapi, fungsinya tidak hanya itu saja. Berikut beberapa khasiat dari minyak tawon yang terbuat dari bahan-bahan alami.

1. Bisa dijadikan minyak untuk pijat

pijat kaki

Saat tubuh Anda pegal, biasanya Anda akan melakukan pijatan. Supaya tangan Anda bisa memijat tubuh lebih lincah, Anda butuh pelumas berupa minyak. Jika persediaan minyak esensial Anda habis, minyak tawon bisa jadikan pilihan.

Minyak ini aman bila Anda oleskan ke kulit. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengolesi area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

2. Meredakan nyeri sendi dan otot

mengatasi nyeri lutut

Selain teksturnya yang cocok pijat, kandungan capujut dalam minyak tawon juga memberi manfaat pada tubuh Anda yang pegal. Pasalnya, cajuput oil mengandungan senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri.

Menurut sebuah studi pada jurnal Evidence Based Complement Alternative Medical, senyawa cineole dapat memengaruhi sistem saraf pusat dengan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah hormon yang bisa membuat seseorang jadi lebih tenang dan senang. Efek inilah yang memungkinkan rasa sakit menjadi berkurang.

3. Menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan

Bau minyak tawon sangat khas. Bau khas inilah yang membantu melegakan pernapasan Anda dari hidung tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.

Manfaat minyak tawon tidak hanya itu saja, kandungan cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh.

Kemudian, bawang merah yang memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit, peredaran darah akan lebih lancar sehingga cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin jika digunakan untuk minyak kerokan.

4. Mencegah gigitan nyamuk

akibat gigitan nyamuk digigit nyamuk

Untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa mengoleskan minyak tawon pada tubuh tipis-tipis.

Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Anda tentu bisa kembali beraktivitas tanpa takut digigit nyamuk.

Manfaat minyak tawon tidak sekadar mengusir nyamuk. Minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit.

Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Bila kulit terus Anda garuk, kulit bisa membengkak dan meradang. Bila Anda mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WebMD. Cajeput Oil. Accessed on September 13th, 2019.

Jun YS, Kang P, Min SS, Lee JM, Kim HK, Seol GH. Effect of eucalyptus oil inhalation on pain and inflammatory responses after total knee replacement: a randomized clinical trialEvid Based Complement Alternat Med. 2013;2013:502727. doi:10.1155/2013/502727.

Yoon JK, Kim KC, Cho Y, et al. Comparison of Repellency Effect of Mosquito Repellents for DEET, Citronella, and Fennel OilJ Parasitol Res. 2015;2015:361021. doi:10.1155/2015/361021.

Health Line. 9 Impressive Health Benefits of Onions. Accessed on September 13th, 2019.

Health Line. What You Need to Know About Citronella Essential Oil. Accessed on September 13th, 2019.

Griffiths, G., Trueman, L., Crowther, T., Thomas, B. and Smith, B. (2002). Onions?A global benefit to healthPhytotherapy Research, 16(7), pp.603-615. Accessed on May 24th, 2019.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 22/10/2019
x