5 Manfaat Rempah Adas yang Baik untuk Kesehatan

    5 Manfaat Rempah Adas yang Baik untuk Kesehatan

    Adas telah lama dikenal sebagai rempah bumbu dapur sekaligus tanaman obat. Minyak adas juga menjadi salah satu komposisi bahan pembuat minyak telon bayi. Tidak sampai situ saja, karena ternyata ada banyak lagi manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari adas.

    Manfaat tanaman adas untuk kesehatan

    adas adalah

    1. Baik untuk kesehatan jantung

    Adas mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, folat, vitamin C, vitamin B-6, dan fitonutrien dalam adas, yang ditambah sedikit kolesterol baik dilaporkan dapat menjaga kesehatan jantung.

    Terutama serat. Asupan serat yang mencukupi setiap hari membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, sebuah penelitian melaporkan konsumsi rutin dari 4.069 mg kalium per hari menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 49 persen.

    Sementara kandungan vitamin B-6 dan folat mencegah penumpukan senyawa homosistein dalam pembuluh dengan mengubahnya menjadi metionin. Penumpukan homosistein yang berlebihan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan gangguan jantung.

    2. Membantu mencegah kanker

    Tidak banyak yang tahu soal manfaat adas satu ini. Adas diketahui mengandung senyawa anethole yang bersifat antikanker dan membantu melindungi tubuh dari risiko beberapa jenis kanker.

    Menurut penelitian dari Texas, anethole berpotensi membantu menghentikan dan mematikan pertumbuhan sel kanker payudara. Hal senada juga disampaikan oleh sebuah penelitian dari Saudi Arabia.

    Namun meski terlihat menjanjikan, masih diperlukan penelitian lanjutan dari manfaat adas pengobatan alternatif kanker.

    3. Meningkatkan daya ingat

    Kolin adalah senyawa dalam tanaman adas yang punya banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu tidur lebih nyenyak, melancarkan kontraksi dan pergerakan otot, serta mempertajam daya ingat.

    Selain itu, kolin juga berfungsi membantu menjaga struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

    4. Baik untuk metabolisme tubuh

    Selain baik untuk kesehatan jantung, vitamin B6 dalam adas juga memainkan peran penting dalam metabolisme energi.

    Vitamin B6 dapat memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Senyawa-senyawa tersebut jika sudah dipecah bisa digunakan sebagai cadangan energi tubuh saat Anda beraktivitas.

    5. Baik untuk kulit

    Adas kaya akan vitamin C yang manfaatnya bisa anda raup maksimal ketika dikonsumsi mentah.

    Vitamin C adalah antioksidan yang sangat penting untuk menghasilkan kolagen. Kombinasi dari antioksidan dan persediaan kolagen yang cukup dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari serta polusi dan asap.

    Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk mencegah munculnya kerutan dan meningkatkan kekenyalan kulit.

    Hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi adas

    Meskipun berpotensi manfaat buat tubuh, tidak semua orang disarankan untuk mengonsumsi adas.

    Senyawa aktif tertentu dalam adas ditunjukkan bekerja mirip dengan hormon estrogen yang ada dalam tubuh manusia. Ini menjadikannya kurang aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Peningkatan hormon estrogen yang tidak perlu saat hamil dapat berisiko mengganggu proses tubuh kembang janin.

    Adas juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk pil estrogen dan obat kanker tertentu. Jadi selalu konsultasi dulu dengan dokter dahulu sebelum mengonsumsi herbal jenis apa pun.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

     

    Fennel https://www.medicalnewstoday.com/articles/284096.php diakses pada 12 Juni 2019.

    Fennel benefits https://www.healthline.com/nutrition/fennel-and-fennel-seed-benefits#section5  diakses pada 12 Juni 2019.

    Chen, C. and deGraffenried, L. (2012). Anethole suppressed cell survival and induced apoptosis in human breast cancer cells independent of estrogen receptor status. Phytomedicine, 19(8-9), pp.763-767.  Diakses pada 12 Juni 2019.

    Syed, F., Elkady, A., Mohammed, F., Mirza, M., Hakeem, K. and Alkarim, S. (2018). Chloroform fraction of Foeniculum vulgare induced ROS mediated, mitochondria-caspase-dependent apoptotic pathway in MCF-7, human breast cancer cell line. Journal of Ethnopharmacology, 218, pp.16-26. Diakses pada 12 Juni 2019.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui Dec 18, 2020
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri