home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cengkeh

Manfaat|Dosis|Efek Samping|Keamanan|Interaksi
Cengkeh

Manfaat

Apa manfaat cengkeh?

Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasa dari keluarga pohon Myrtaceae. Sejak dulu, cengkeh dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal.

Cengkeh digunakan untuk meredakan sakit perut dan meredakan batuk berdahak. Selain itu, ekstrak cengkeh yang dijadikan minyak juga digunakan untuk mengatasi diare, perut kembung, mual dan muntah, hernia, dan bau mulut.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dentistry diketahui bahwa cengkeh dapat menjadi pengganti obat penahan rasa sakit seperti benzocaine untuk mengatasi sakit gigi dan gusi serta luka pada mulut. Selain itu, Journal of Medical Microbiology menyatakan bahwa cengkeh dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahkan, beberapa penelitian lain menyebutkan cengkeh dapat mencegah ejakulasi dini pada pria.

Banyak yang menyebutkan bahwa manfaat cengkeh untuk kesehatan sudah tak diragukan lagi. Sayangnya penelitian tentang manfaat cengkeh bagi kesehatan masih sedikit.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cengkeh menghambat sintesis prostaglandin, cydooxygenase, dan lipoxygenase. Eugenol, salah satu komponen bahan kimia pada cengkeh, bertanggung jawab terhadap sebagai pereda nyeri dan antimikroba.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk orang dewasa?

Dosis dari obat herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Obat herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja cengkeh tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai beriku:

  • Komponen pada rokok dan obat kumur
  • Minyak esensial
  • Larutan
  • Produk kosmetik

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh cengkeh?

Di samping segudang manfaat cengkeh yang ditawarkan, namun herbal satu ini juga dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping paling umum dari penggunaan cengkeh termasuk:

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi cengkeh?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi cengkeh adalah:

  • Simpan cengkeh pada tempat sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas dan lembap.
  • Anda harus mencairkan minyak esensial dalam minyak perantara.

Regulasi yang mengatur penggunaan tanaman herbal tidak seketat peraturan obat‐obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan tanaman herbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah cengkeh?

Jangan gunakan cengkeh secara medis pada anak‐anak atau wanita hamil serta menyusui hingga penelitian lebih lanjut tersedia.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi cengkeh?

Tanaman herbal ini mungkin dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Skidmore-Roth, Linda. Mosby’s Handbook Of Herbs & Natural Supplements. St. Louis, MO: Mosby, 2001. Print version. page 186

Clove. http://Clove.drugs.com/npp/clove.html. Assessed date 01/12/2015

Clove. http://Clove.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-251-clove.aspx?activeingredientid=251&activeingredientname=clove. Assessed date 01/12/2015

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 12/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x